BORNEO SIAP GANTANG (BOSGAN), KOMPAK & MEMIKAT

KOMUNITAS MURAI BORNEO

Penggemar Terus Bertambah, Makin Banyak EO Tertarik

 

 

 

Murai Borneo sesungguhnya memiliki sejumlah kelebihan. Dulu secara umum kurang mendapatkan tempat yang baik, dianggap burung kelas dua. Setelah ada komunitas, penggemar bertambah. Ada daya tawar dan bisa meyakinkan EO membuka kelas khusus.

Bila ikut kelas murai batu umum, jarang murai borneo bisa menang. Berangkat dari keprihatian itulah, para pemilik dan pecinta murai borneo akhirnya membentuk kelompok atau komunitas, salah satunya adalah Bosgan, singkatan dari Borneo Siap Gantang. 

 

ANJAR, KETUA BOSGAN SALATIGA.

 

“Dulu di mana-mana hampir di semua EO tidak ada kelas khusus murai borneo. Sekarang keberadaan kami sudah lumayan diperhatikan, paling tidak di Salatiga, Ungaran, dan sekitarnya, hampir semua EO sudah mau membuka kelas khusus murai borneo,” ujar Anjar, ketua Bosgan Salatiga, saat dijumpai burungnews di even Festival Rawapening Ambaraawa, Sabtu 29 Oktober 2016.

Kini, setelah sejumlah EO menerima usulan membuka kelas murai borneo, Bosgan pun berjuang untuk terus mengisi dan meramaikan kelas tersebut. Di Salatiga, semua EO baik itu latber, latpres, apalagi sampai lomba reguler, selalu membuka kelas murai borneo. Termasuk di antaranya even Aditya Cup 4 Desember, dengan dua kelas murai Borneo.

 

 

Bosgan Salatiga sendiri punya anggota aktif sekitar 30an orang, namun juga banyak pemilik murai borneo lainnya yang belum bergabung dalam komunitas, tapi mulai aktif ikut lomba. Dengan jumlah peserta yang terus meningkat, EO pun diyakini melihat ini sebagai potensi, harapannya memancing EO lainnya untuk ikut membuka kelas ini.

Bagi Anjar sendiri, berdirinya Bosgan bukan berdasarkan pada kelebihan atau keunggulan murai borneo dibanding yang lain. “Lebih pada tujuan untuk mengeksiskan murai borneo biar tidak kalah peminatnya.”

 

BOSGAN DI FESTIVAL RAWAPENING. JUARA MILIK BERSAMA

 

Sosialisasi dilakukan dengan cara yang halus, misalnya menunjukkan kekompakkan saat menghadiri even. Memakai seragam dan atribut yang sama. Mulai kaos, sampai kerodong. Dengan kombinasi warna yang memikat dan cukup mencolok, keberadaan Bosgan memang menjadi menonjol dan menarik untuk dilihat kicaumania lainnya.

Berita baiknya, hampir di setiap even yang ada kelas murai borneonya, Bosgan selalu aktif berpartisipasi. Sejumlah jago milik anggota Bosgan juga sering menorehkan prestasi. Bagi komunitas ini, kemenangan milik salah satu anggota, dianggap kemenangan bersama. Jadi tidak saling bersaing di antara para anggota komunitas.

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

 

 

KATA KUNCI: bosgan borneo siap gantang anjar bosgan

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp