LINE UP JURI HITAM PUTIH CUP 4

HITAM PUTIH CUP 4 SOLO

Pertama, Foto Line Up Juri Dipublish Panitia + Jadwal yang Berlaku

Panitia Hitam Putih Cup 4 memutuskan untuk merilis foto-foto 20 orang juri yang akan bertugas. Tentu saja, semua sudah dipertimbangkan dengan matang. Sepertinya, ini yang pertama dalam sejarah lomba burung berkicau.

Rencana ini sudah muncul sejak lama, dan sudah meminta pertimbangan banyak pihak. “Sekarang kan lagi banyak dibicarakan soal isu keterbukaan terkait penjurian. Kita ingin menawarkan keterbukaan yang lebih, bukan hanya semacam pakem, konsep, atau sistem, atau teknis pelaksanaan penjuriannya saja,” terang Mbah Chengoh, punggawa Hitam Putih Cup 4.

Beberapa event yang digelar rutin dengan juri tetap, mungkin orang sudah tahu, jurinya bisa dihitung dengan jari dan itu-itu saja. Tapi untuk event tidak tetap, tidak rutin, apalagi dari EO independent yang jurinya comotan dan jumlahnya cukup banyak, tentu sebagian peserta pengin tahu yang bakal jadi juri siapa-siapa saja.

“Kita tahu, orang pengin tahun jurinya siapa itu ya macam-macam kepentingannya. Dari pada saya sibuk hanya melayani pertanyaan seperti itu, sekalian dipublish saja,” imbuhnya.

 

TWISTER GOLD, salah satu pakan burung yang disebut paling cocok untuk murai batu, hwamey, anis merah, kacer oleh para kicaumania yang sudah mencoba dan kemudian terus memakainya, termasuk untuk jenis burung pemakan serangga lainnya. Tersedia juga TWISTER SEAWEED, ANTI STRES, MASTER, serta TWISTER TROTOLAN untuk meloloh pemakan serangga dan TWISTER BUBUR untuk meloloh pemakan bijian.

 

Ketika rencana ini dimintakan pendapat ke sejumlah pihak, tentu saja banyak yang pro dan kontra. Sebelum jadi keputusan fix, Mbah Chengoh dan kawan-kawan tentu saja sudah meminta pendapat dan masukan dari beberapa tokoh, peserta, juga dari para juri baik yang bertugas maupun yang tidak.

Ada yang kasih masukan, sebagian peserta mungkin saja kurang suka dengan beberapa juri yang akan bertugas, mungkin saja memilih membatalkan pesanannya, kuatir ini itu. Masukan lain menyebut peserta akan semakin inten dalam mencoba menghubungi si juri. Sebagian para juri yang dipilih itu sudah punya jam terbang lama, banyak peserta yang sudah mengenalnya, atau bahkan sangat mengenal dekat hingga tahu nonor kontaknya.

 

 

“Jujur saja, kalau kita pengin cari aman-aman saja, adem-adem saja, ya di-silent saja seperti lomba-lomba lainnya. Tapi kita pengin seterbuka-terbukanya. Bukan hanya sistem dan teknis penjuriannya yang terbuka, atau data nama-nama calon peserta yang sudah kita publish, kita juga mau terbuka siapa juri yang mau tugas. Semua terang benderang dari awal,” tegasnya.

Semu risiko sebagaimana yang sebagian sudah disampaikan oleh yang memberikan masukan, tentu saja sudah diserap dan dipertimbangkan masak-masak. “Jadi begini, para peserta mau coba hubungi masing-masing juri, ya silakan saja. Mau minta tolong ini itu, ya silakan saja.”

 

 

Menurut Mbah Chengoh, sistem di Hitam Putih Cup 4 akan mengawasi seluruh gerak gerik juri sebelum dan terutama selama bertugas besuk. Selain menerapkan teknis penjurian yang terbuka, tiap juri harus punya ajuan sendiri yang ditulis di papan, tidak koordinasi, tidak ada semacam korlap, setiap lapang juga akan ada dua orang yang mengawasi jalannya penilaian.

Tanpa ada koordinasi, pengawas akan ikut mencermati cara juri bertugas, seperti bagaimana gerak hangkah, apakah ada upaya komunikasi dan koordinasi dengan memberi tanda atau kode pada juri yang lain. Pengawas juga ikut memantau dan menilai burung,  mencatat burung-burung yang layak diajukan.

 

BARU... TOPSONG PREMIUM, mengandung enzim alami serangga, burung lebih gacor, daya tahan lebih tinggi. Tersedia TOPSONG PREMIUM ANIS MERAHMURAI BATUHWAMEY (PREMIUM GOLD), LARK / BRANJANGANMINI PELETBEO.

Segera dapatkan di kios langganan Anda, buktikan perbedaannya.

 

Bila ada ajuan dari juri yang dianggap menga-ada atau memaksakan, tentu akan jadi catatan. “Sanksi bukan sebatas teguran, tapi pada titik tertentu juga langsung kita istirahatkan. Kita menyiapkan tim juri yang cukup termasuk untuk cadangan bila mana ada kasus semacam itu,” tandas Mbah Chengoh.

Sebagai penguat pengawasan, panitia juga akan memberikan akses yang luas bagi media yang mau meliput. “Di tempat lain media ada pembatasan entah jumlah atau area yang boleh diliput. Di sini syaratnya tertib dan tidak mengganggu jalannya lomba, tidak mengganggu pantauan peserta, tentu juga jangan sanpai mengganggu atau membuat takut burung yang sedang dilombakan. Silakan mau shoot gerak-gerik juri, silakan langsung tayang bila menemukan tanda-tanda kecurangan, dan seterusnya.”

 

 

Alasan terakhir kenapa panitia terap berani meskipun bagi sebagian pihak ini adalah sesuatu yang terlalu berani bahkan nekad, karena dari pihak panitia benar-benar sudah nothing to lose. “Kami pada prinsipnya tidak punya kepentingan soal siapa yang juara, yang terbaiklah yang seharusnya bisa juara. Ini sudah kita obrolkan dari a-z dan sudah ada semacam kontrak dengan tiap juri yang sudah bersedia bertugas.”

Mbah Chengoh menegaskan, tidak mau kerja keras panitia selama beberapa bulan menyiapkan lomba, rusak hanya dalam sehari saat pelaksanaan karena sebagian panitia dan juri yang kurang baik. “Panitia dan juri punya tanggung jawab sendiri-sendiri, tapi efeknya meluas dan dirasakan bersama. Benar-benar harus dijaga sepenuh hati. Maka keputusan akhir dan kesimpulannya, mempublish foto juri bukan hal yang tabu. Ini justru jadi tantangan baru kalau kita benar-benar mau serba terbuka.”  

 

Burung yang sebelumnya bunyi tiba-tiba MACET dan memBISU? Berikan MONCER-1 selama beberapa hari, lihat perbedaannya dalam 5-7 hari, dijamin langsung JOSS kembali.

 

Mengingatkan kembali, pesanan tiket bisa diurus hari Sabtu 4 Juni mulai jam 14.00 di lokasi lomba, Taman Balekambang. Pembelian langsung dilayani selama tiket tersedia (ada pesanan yang cancel atau dibatalkan sepihak oleh panitia karena sampai batas akhir belum menyelesaikan administrasi).

Rencana juga akan ada semacam sarasehan tentang pakem penilaian kacer, malam harinya. Waktu dan tempat bisa update di lokasi pengambilan tiket. [maltimbus]

 

FOTO 20 JURI YANG AKAN BERTUGAS DI HITAM PUTIH CUP 4:

 

BROSUR DAN JADWAL LOMBA YANG BERLAKU (preview):

 

KATA KUNCI: hitam putih cup 4

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp