GANESHA MERAJAI KELAS CUCAK HIJAU.

GARDA BC JOMBANG

Hujan, Cucak Hijau Tetap Maksi, Caranya?

Musim hujan jadi tantangan tersendiri bagi kicaumania. Khususnya cucak hijau yang suka ogah-ogahan bila suhu udara lagi dingin. Tapi ini bisa disiasati. Contohnya Ganesha, meski hujan, performanya tetap maksi.

Sabtu sore, 19 November, lomba belum dimulai, tapi hujan cukup deras mengguyur arena Garda BC di Desa Nglele, Sumobito, Jombang. Anehnya, kondisi ini tak menyurutkan nyali Kicaumania untuk tetap menggantangkan gacoannya. Malah, di kelas Love Bird tetap full gantangan.

"Meskipun hujan, ternyata tidak menyurutkan antusiasme para pemain. Terimakasih atas partisipasinya. Senin depan jangan lupa merapat kembali ke Garda BC," kata M Fauzan, Ketua Garda BC.

 

 

PANITIA DAN TIM JURI GARDA BC.

 

Sebenarnya, cuaca seperti ini menjadi momok bagi para pemain. Kerap ditemui, gaco tidak bisa tampil maksi atau bahkan ogah tampil. Namun, hal ini tidak menjadi halangan berarti bagi sebagian pemain yang paham karakter gacoannya.

Contohnya Rofiq, perawat sekaligus joki cucak hijau Ganesha andalan Mr Sis dari Pasar Pon Team Jombang. Turun di kelas A dan B, aksi Ganesha masih tetap maski seperti biasanya. Sayap ngentrok, kepala jegrik dan mampu membongkar lagu andalannya. Suara tengkek buto disambung cililin dan gereja tarung dilantunkan nyaris tanpa jeda.

 

MESEM MENDOMINASI KELAS LOVE BIRD DEWASA.

 

Bagaimana cara membuat gaco cucak hijau tetap maksi saat hujan? Tentu ini menjadi pertanyaan kebanyakan pemain cucak hijau. "Ekstrafoodingnya harus ditambah," ungkap Rofiq.

Untuk perawatan di lapangan, ekstrafooding buat Ganesha di saat cuaca sedang normal, antara lain jangkrik lima ekor dan ulat hongkong lima ekor. Tapi bila cuaca sedang mendung atau hujan, jangkrik ditambah lagi lima ekor. "Jadi saya beri jangkrik sampai sepuluh ekor. Ulat hongkong jangan ditambah, bisa didis saat bertarung," sambung Rofiq.

 

 

Setelah turun dari gantangan, dan ada rencana turun di kelas B, Ganesha kembali diloloh lima ekor jangkrik lagi. Tips ini ternyata manjur buat Ganesha. Turun di kelas B, aksinya tetap stabil seperti saat tampil di kelas A. Prestasinya pun tetap emas. "Tapi cara ini mungkin tidak bisa diterapkan untuk gaco lain. Setingan ini kebetulan pas buat Ganesha," imbuhnya.

Untuk Love Bird, Burungnews berhasil mendapatkan tips dari pengawal Mesem, love bird andalan Hery dri Sumbersari yang berhasil nyeri juara I di kelas A dan B. Gaco ini terpantau ngekek berdurasi P3 atau setara 1 menit up.

 

ONENG KALAHKAN BAJAK LAUT DI KELAS PAUD A.

 

Untuk rawatan harian, Mesem hanya diberi pakan milet putih. Namun saat akan turun lomba, ransumnya ditambah jagung muda. "Untuk menyiasati musim hujan, Mesem harus ditenggar setiap hari. Tujuannya agar kondisi fisiknya tetap fit. Setiap hari pakan yang diberikan hanya milet putih. Tapi kalau mau lomba diberi jagung muda," bebernya.

Di kelas A, Mesem berhasil mengungguli Senopati andalan Andrias Kaka yang juga memiliki durasi panjang, tapi kali ini hanya terpantau paling panjang L3. Srempet andalan Joko U'uk dari Wali SF yang biasanya bertenger di atas, kali ini menempati peringkat III.

 

MESSI ANDALAN NIZAR RAIH EMAS DI KELAS KENARI.

 

Di kelas Love BIrd Paud A, Oneng orbitan Aan dari Karobelah berhasil mengalahkan Bajak Laut milik Edo dari Rakeri SF. Bajak Laut kali ini cukup rajin mengelontorkan kekekan berdurasi M3, Tapi Oneng terpantau dua kali ngekek berdurasi L1 dan beberapa kali durasi M1.

Hujan juga jadi musuh kenari. Namun di even Garda kali ini, semua gaco bisa gacor ngedur. Untuk kelas kenari bebas A, Messi andalan Nizar Sumber Indah yang mengandung isian blacktroath, sukses meretas prestasi emas. Gaco ini mengalahkan Biola andalan Adi Santoso yang punya cengkok mewah dan durasi kerja relatif panjang.

 

BOROBUDUR TAMPIL MAKSI DI KELAS MURAY BATU A.

 

Adi Santoso dan Dana Well Well yang dipercaya Erick Langgeng Mulya mengawal muray batu Borobudur, di kelas A berhasil meraih podium puncak.  "Lumayan, bisa buat ngopi bareng. Sayang bos Alfen gak ikut. Kalau tadi ikut dan melihat aksi Borobudur, pasti seneng banget," kata Dana Well Well.

 

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

 

MESKI HUJAN, KELAS LOVE BIRD TETAP PENUH.

 

 

KATA KUNCI: garda bc jombang

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp