LOVE BIRD BABY JUGA BISA GESPANG.

GARDA BC JOMBANG

Gaco Love Bird Baby Bisa Gestang, Alamaak

Lovebird Gestang, biasanya terjadi pada love bird jantan dewasa. Tapi, di Kontes Garda BC, 10 Februari, gaco yang turun di kelas baby bisa gestang. Ternyata ini lumrah kok. Simak penjelasannya.

Love bird Gestang atau kadang ada yang menyebut gespang atau gesek tangkringan/pangkringan, atau bahasa kerennya love bird suka onani karena over birahi (OB), memang kerap terjadi pada love bird jantan dewasa. Tapi saat ini kamus itu sudah tidak berlaku lagi. Di kelas Paud, kerap ditemui love bird mbebek atau OB juga gespang.

 

 

JAWARA KELAS LOVE BIRD BABY A.

 

Ternyata, perilaku ini juga mulai mewabah di kelas baby atau kelas ipik-ipik yang umurnya di bawah 3 bulan dan durasinya dibatasi medium. Hal ini terjadi di Kontes Garda BC di Desa Nglele, Sumobito, Jombang pada Sabtu Sore, 10 Februari. Gaco milik Sholeh dari Jombang yang menempati nomor 17, dari awal digantang sampai akhir penilaian, terlihat beberapa kali gestang.

Meskipun gaco ini rajin ngekek, karena beberapa kali terpantau gestang, maka gaco ini kena disfikualifikasi. "Gestang itu kan karena over birahi, jadi meskipun gaco itu durasinya pendek-pendek, gak lebih dari medium, tetap saja dianggap habis," ujar Midin, Korlap Garda BC.

 

JAWARA LOVE BIRD KELAS PAUD A.

 

Usai laga di kelas Baby, Sholeh pemilik gaco tersebut terlihat berdiskusi dengan Fauzan, Ketua Garda BC. Dari pembicaraan tersebut, Burungnews menyerap informasi menarik.

Ternyata, gaco ini umurnya belum genap tiga bulan. Gaco ini adalah hasil breeding Sholeh sendiri, jadi ia paham benar berapa umurnya. Ketika dilihat, gaconya secara fisik memang masih menunjukkan usia paud.

Sulkan, breeder sekaligus pemain love bird yang hadir di even ini menjelaskan, perilaku gespang atau gestang ini sekarang tidak hanya terjadi di usia dewasa. "Gaco paud pun sudah bisa OB, mbebek ataupun gestang karena pengaruh asupan pakan lolohan yang diberikan sejak bayi," ungkapnya.

 

JAWARA KELAS LOVE BIRD DEWASA A.

 

Hal ini juga dibenarkan oleh Danny Gundul, pengorbit love bird baby yang bisa tembus durasi lanjut meski umur gacoannya masih dua bulan. "Sekarang ini asupan untuk lolohan bayi love bird banyak ragamnya. Rata-rata kadar protein dan vitaminnya tinggi untuk merangsang love bird baby cepat ngekek. Hasilnya, meski masih paud sudah punya durasi panjang, namun imbasnya, banyak gaco paud yang sudah OB," katanya.

Gestang sebenarnya tidak hanya terjadi pada gaco jantan. Menurut Dr. drh Edi Budi Santoso, Guru Besar di Universitas Gajahmada Jogjakarta yang mempelajari unggas, gestang bisa terjadi pada love bird jantan maupun betina. Umur pun gak perlu dewasa. Karena, gestang ini bisa karena faktor birahi dan karena bakteri yang  ada di dubur burung.

 

Ngomong-ngomong soal OB, sekarang mah tak perlu kawatir. Ada Ebod Drop yang semakin mudah didapatkan, jelas khasiatnya.

 

"Love bird balita juga bisa gestang bila duburnya gatal karena bakteri atau jamur. Jadi gestang bukan selalu karena over birahi yang tidak tersalurkan," jelasnya.

Kejadian ini tidak sampai menghentikan jalannya lomba, karena Sholeh tidak protes karena gaconya didisfikualifikasi. Ia hanya klarifikasi ke panitia. Pertarungan di kelas Baby cukup sengit. Banyak gaco lecek/rajin yang ditampilkan.

 

KELAS LOVE BIRD SELALU FULL.

 

Di kelas A, Koko debutan Choirul dari Helos mencatat poin tertinggi diikuti Mumun orbitan Andi Wek dan Sumartini milik D At dari Mesem SF. Sumartini berhasil memperbaiki penampilannya dan meraih podium puncak saat turun di leg keuda, mengalahkan Cucun dari Segodorojo dan Naelah milik Hipik dari Gebagsari.

Di kelas Paud A, Nazril andalan Hudibia dari Sabar Subur yang dikawal Wawan Gatyen dari Mancar BC berhasil mendominasi perolehan poin. Gaco ini mengungguli performa Poker andalan Fathan dari Nuu Manie serta Achi andalan Ivan 23 dari Kakal SF yang Jumat kemarin moncerdi kontes Mancar BC.

 

PANITIA DAN TIM JURI GARDA BC.

 

Kucrit andalan Agasi dari Jelakombo Jombang berhasil menempati podium puncak di kelas Dewasa. Meskipun durasi maksimalnya Lanjut 3, Kucrit juga rajin mencatat poin Lanjut 1 dan Masih sampai beberapa kali. Amira andalan Danu dari Wing SF meraih podium dua mengungguli Berkah andalan Joni dari Kayangan yang dijoki Sinyo Habibi.

Pertarungan Janoko, Sangkuriang dan Bima menjadi tontonan menarik di kelas Cucak hijau A. Ketiga gacoan ini memiliki vokal lantang dan lagu isian mewah. Love bird, tengek buto, kapas tembak jadi lagu wajib ketiga gaco ini. Penentuan juara hanya dari durasi kerja.

 

PERTARUNGAN JAWARA DI KELAS MURAY BATU A.

 

Janoko andalan Wahyu dari Arjog mampu mengungguli Sangkuriang yang diusung Dedy dari Begejek Team dan Bima milik Suyet dari Sucen. "Rata-rata gaco yang diturunkan kerja dan punya lagu roll tembak. Senang sekali tugas di Garda BC, karena bisa menikmati pertunjukan seru," kata Agus Santoso, juri dari Gurah Kediri.

Kelas Muray Batu, kenari dan kacer tak kalah seru. Gaco-gaco yang diturunkan punya materi dahsyat. Menurut Agus, kalaupun duterjunkan di even akbar seperti Panji 14 pada Minggu, 12 Februari di arena Gerdupapak Jombang, banyak gaco yang mumpuni.

 

"Terimakasih atas partisipasi rekan-rekan kicaumania. Alhamdulillah cuaca hari ini sangat cerah sehinga lomba berlangsung meriah dan kondusif. Jangan lupa, Sabtu depan, 17 Februari, Garda BC menggelar Latpres. Tiket bisa dipesan sekarang juga," kata Fauzan Ketua Garda BC.

 

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

 

JAWARA KELAS CUCAK HIJAU A.

 

JAWARA KELAS KACER A.

 

JAWARA KELAS KENARI A.

 

 

KATA KUNCI: garda bc jombang

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp