JUARA DI KELAS KACER A

DENANYAR BC JOMBANG

Kacer Salju, dari Raja Mbagong Jadi Raja Gantangan

Salju, kacer milik Faisol dari Perak-Jombang tergolong gaco yang punya banyak kelebihan. Namun gaco ini selalu mbagong saat digantang. Selama dua tahunan, Salju selalu jadi bahan tertawaan karena hanya bertahan beberapa detik sebelum mbagong.

Tanpa penanganan yang tepat, gaco hebat gak bakal bisa tampil maksi saat digantang di lapang. Seperti Salju, kacer andalan Faisol dari Perak yang kali pertama meraih juara I di gelaran Denanyar BC Jombang yang ada di Lapangan Pasar Desa Denanyar Jombang pada Rabu 4 Oktober 2023.

 

 

Saat melihat aksi Salju di rumah, siapapun akan kepincut untuk memboyong. Gaco berpostur bongsor ini memiliki volume grade A+ dan pandai berolah vokal. Setiap kali bunyi, suara gereja tarung, sogon, dan love bird tidak pernah ditinggal. Namun saat tampil di lapangan, Salju justru jadi bahan tertawaan, karena hanya tahan beberapa detik untuk tidak mbagong.

Banyak pemain yang penasaran dan mencoba merawatnya, hingga berakhir kecewa saat mencoba menggantang. Sampai akhirnya, gaco ini dibawa pulang oleh Gento, salah satu perawat burung tipe fighter dari Jombang.

 

JUARA DI KELAS CENDET A

 

Kurang dari satu bulan, Salju tidak pernah lagi mbagong saat digantang. Meski belum mengantongi prestasi karena dalam tahap uji coba perawatan dan pengamatan karakter. Sampai pada hari Rabu, 4 Oktober 2023, Salju diturunkan Faisol di kelas Kacer A dan menyabet juara I.

Kepada Burungnews Gento membeber pola perawatan Salju, meski tidak semuanya dibuka secara gamblang. Beberapa perawatan yang ditekuni Gento antara lain, setiap jam 02.00 dini hari, Salju dikeluarkan dari rumah, dan digantang di tiang perkutut.

 

JUARA DI KELAS CENDET B

 

Untuk harian, Salju tidak pernah dijemur. Pakanpun sangat dibatasi. Untuk harian Salju diberi pakan Topsong plus jangkrik tiga ekor pada pagi dan sore. "Tanpa ulat kandang, hongkong, dan kroto. Hanya jangkrik tiga ekor pada pagi dan sore. Setiap pagi, Salju saya kasih vitamin Lemans yang saya oleskan di jangkrik," beber Gento.

Soal detail perawatan lainnya, Gento masih belum mau membongkar kepada Burungnews. "Nanti kalau prestasinya benar-benar stabil, saya akan kupas tuntas. Serius mas," bilang Gento.

 

 

Di laga kacer A, Salju bertemu dengan sejumlah gaco pilih tanding, salah satunya Bedjo milik H. Awim dari Jangkar Merah Team. Salju berada di nomor 31 dan Bedjo di nomor 33. Selain tampil nagen, Salju juga rajin membongkar vokal indahnya. Hanya saja, suara burung gereja yang kerap jadi andalannya, belum mampu dibongkar.

Sementara itu, hasil pertarungan di kelas Cendet tak kalah sengit dari kelas Kacer. JP andalan H Antok dari Britama SF, bertarung sengit melawan Angker yang diusung H. Sulkan dari Upas Legi. Sama-sama piawai mengocok vokal berkarakter kasar, JP lebih mampu menarik simpati para juri. Hingga di akhir laga, JP berhasil meraih koncer A, dan Angker meraih koncer B. (RAFFAEL)

BROSUR & AGENDA LOMBA, KLIK DI SINI

 

JUARA DI KELAS MURAI BATU A

 

JUARA DI KELAS CUCAK HIJAU B

 

Apapun problem "bunyi" pada burung Anda, dari mulai MACET sampai hanya mau tampil angot-angotan, berikan MONCER-1, tunggu beberapa hari, langsung JOSS.

 

 

 

 

KATA KUNCI: denanyar bc jombang kacer salju

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp