JHON JALASENA TONJONG. MB KINGDOM GASAK KELAS UTAMA

DANDIM CUP 1 BREBES, #1

Dihadiri Langsung Dandim 0713 Brebes, MB Kingdom Sikat Kelas Utama

Dandim Cup 1 Brebes yang digelar pada Minggu, 19 Maret 2023 berlangsung sukses dan meriah. Event ini dihadiri langsung oleh Letkol Infanteri Tentrem Basuki selaku Dandim 0713 Brebes.

Ndan Tentrem Basuki yang hadir diarena lomba, berkenan langsung membuka lomba dengan kata sambutan. Setelah itu, dilanjutkan dengan simbolis penyerahan cinderamata dari jajaran panitia.

Dalam sambutannya, Tentrem Basuki mengungkapkan bahwa lomba burung berkicau pada dasarnya turut menciptakan roda perekonomian didalamnya dan juga mendukung gerakan pelestarian burung, tentu patut kita dukung bersama.

 

LETKOL INFANTERI TENTREM BASUKI DANDIM 0713 BREBES

 

“Kami percayakan sepenuhnya kepada rekan-rekan juri BnR, Bung Levi dan rekan-rekan. Kami berharap dari lomba ini betul-betul fairplay tanpa ada embel-embel dibelakangnya. Baik peserta dan juri juga kami berharap tetap menjaga sportifitas,” sambutnya.

Lebih lanjut, momen semacam ini juga menjadi jembatan tali silaturahmi bagi jajaran kami kepada masyarakat khususnya pecinta burung berkicau. “Ya ini momen bagus bagi instansi kami agar lebih dekat dengan masyarakat. Mudah-mudahan bisa terus bersinergi dalam membangun Negara tercinta ini,” imbuhnya.

 

BPK WIJANARKO PERWAKILAN DINAS KEBUDAYAAN & PARIWISATA KAB.BREBES

 

Kata sambutan juga diberikan oleh Bpk. Wijanarko selaku perwakilan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Brebes. “Kami sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan semacam ini. Dirunut kebelakang, hobi memelihara burung juga sudah menjadi bagian bagi kalangan masyarakat. Bagi masyarakat Jawa terdahulu misalnya,  memelihara burung Perkutut menjadi simbol kemapanan,”.

Memelihara burung menjadi bagian pelengkap bagi masyarakat Jawa yang melambangkan kemapanan lelaki budaya jawa. Bagi masyarakat Jawa pangkat dan derajat laki-laki belumlah dianggap sukses jika hanya memiliki istri (wanita), rumah (wisma), keris (curiga), dan kendaraan (turangga). Juga harus melengkapi dirinya dengan memelihara burung (kukila).

 

BUNG LEVI, KETUA PANITIA

 

Seiring berjalannya waktu bukan hanya burung Perkutut saja yang dipelihara. “Berubahnya zaman hingga saat ini, memelihara burung selain perkutut juga sangat menggeliat di kalangan masyarakat. Yang kita tahu ada murai batu, cucak hijau dan lain-lainnya yang dinikmati akan suara merdunya,” terang Pak Wijanarko yang juga salah satu tokoh budaya yang dimiliki kota Brebes.

Bung Levi selaku ketua panitia juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah mendukung penuh gelaran. “Terima kasih kami ucapkan kepada Dandim 0713 Brebes, H Amrulloh Agus Sutomo (Pimpinan PT. Cakra Mandiri Nusantara), H At (Aan) owner gantangan Segara Madu, Kapolsek Bulakamba, Danramil 07 Brebes, Sekdes Grinting dan tokoh-tokoh perburungan yang hadir. Semoga ini menjadi jembatan tali silaturahmi dan memperkenalkan kegiatan lomba burung berkicau yang Insaalloh kegiatan ini sangat positif didalamnya,” ucapnya.

 

BARU... TOPSONG PREMIUM, mengandung enzim alami serangga, burung lebih gacor, daya tahan lebih tinggi. Tersedia TOPSONG PREMIUM ANIS MERAHMURAI BATUHWAMEY (PREMIUM GOLD), LARK / BRANJANGANMINI PELETBEO.

Segera dapatkan di kios langganan Anda, buktikan perbedaannya.

 

Hadirnya kicaumania dari berbagai daerah dan gaco-gaco papan atas yang turun pada gelaran kali ini semakin menambah ketatnya peta persaingan pada masing-masing kelasnya.

Misalnya pada kelas murai batu, tampil mengejutkan Kingdom milik Jhon dari Jalasena SF Tonjong keluar sebagai bintang lapangan pasca menggasak juara 1 pada kelas utamanya.

Tampil spartan, Kingdom yang tampil power ful, mulai dari materi lagu, durasi kerja dan volume berhasil dibawakan dengan rapih. Banding-banding juri, nomor gantangan Kingdom berhasil dihujani bendera koncer A pada kelas Dandim 24G yang menjadi partai utamanya.

 

CRISTAL WJ SF PEMALANG. MB GALAXI COME BACK

 

Keberhasilan Kingdom sempat terjegal lewat Mataram milik Adib Arka SF Pekalongan dan Galaxy milik H Wahyu Cristal WJ SF Pemalang. Hanya selisih poin tipis, keduanya harus puas menduduki juara 2 dan 3.

Pada kelas Kasdim 36G, Kingdom juga berhasil menduduki podium ke-3. Finish meraih juara 1 dan 3 juga menjadi kenangan tersendiri bagi pemiliknya. “Bangga sekali dengan hasil kali ini, terlebih disini kan dikenal burung-burung murai batu jawaranya,” singkat Jhon dengan wajah sumringah.

H Elviano salah satu tokoh perburungan dari kota Cirebon juga tampak hadir ditengah-tengah gelaran. Datang bersama rombongan, H  Elviano juga berhasil melambung lewat salah satu murai batu andalannya bernama Covid.

 

 

Kendati belum menjadi yang terbaik dan hanya menempati urutan ke-4 kelas Cakra 36G, H Elviano tetap bersyukur dengan hasilnya. “Kebetulan pas senggang dan sudah kangen juga dengan rekan-rekan Brebes. Yang utama silaturahmi dan mencari hiburan,” ungkap H Elviano.

Beralih pada kelas murai batu muda, Anak Sulung milik Anto Restu Bundo SF Brebes berhasil menyita perhatian. Burung yang masih baru seumur jagung ini berhasil menjadi tontonan, lagunya yang bervariatif, volume tandes dan durasi kerja awal akhir menjadi senjata ampuh Anak Sulung dalam meraih juara 1 pada kelas murai batu muda losgan Joko Poleng.

Andry Trelep bersama anak tercintanya dari Cobra Pantura juga turut hadir dan meramaikan gelaran. Assasin burung murai batu andalannya sedikit mengalami kendala, namun tak menyurutkan langkah seorang Andry. “Sebenarnya burung belum pada kondisi terbaiknya, sebab dari kemaren digeber terus. Yang utama sudah turut meramaikan gelaran di wilayah sendiri,” ucapnya. [anton kendor]

 

H ELVIANO (KAOS BIRU) CIREBON. MB COVID UNJUG GIGI

 

ANDRY TRELEP COBRA PANTURA. SILATURAHMI DAN GALI PRESTASI

 

ANTO RESTU BUNDO SF BREBES. MB ANAK SULUNG CURI PERHATIAN

 

ARKA SF PEKALONGAN. MB MATARAM MAKIN BERTAJI

 

 

JAJARAN JURI & PANITIA

 

PENYERAHAN CINDERAMATA KEPADA H AMRULLOH AGUS SUTOMO (PT. CAKRA MANDIRI NUSANTARA)

 

PENYERAHAN CINDERAMATA KEPADA PAK DANDIM 0713

 

 

BROSUR WONOGIRI FAIR BATTLE:

 

 

 

 

KATA KUNCI: dandim cup brebes

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp