FLANKER RUTIN MAKAN ULAT KANDANG

CIMANTUL BC JEMBER

Fakta MB Flanker Harian Pakai Ulat Kandang, Tak Takut Serak ?

Murai batu Flanker milik Tommy, yang jadi burung terbaik di kontes Cimantul BC, ternyata hariannya pakai ulat kandang dan jangkrik saja tanpa vour. Semua murai batu di rumahnya juga sama, harian makan ulat kandang. Apa tanggapan Tommy tentang isu ulat kandang bisa membuat pita suara burung jadi rusak ?

Para pemain burung kicauan seperti murai batu, cendet, dan kacer, tentunya sudah mendengar tentang efek negatif pemberian ulat kandang pada gacoannya. Padahal, extra fooding ini menjadi makanan favorit bagi burung pemakan serangga.

 

 

MURAI BATU MPX DOBEL WINNER

 

Banyak yang menghawatirkan, jika diberi ulat kandang secara terus menerus, pita suara pada burung akan mengalami gangguan yang mengakibatkan burung menjadi serak sehingga volume berkurang. Ada juga yang beranggapan kalau diberi ulat kandang lama-lama birahi pada burung sulit terkontrol.

Oleh sebab itu sebagian besar kicaumania, berupaya menghindari pemberian ulat kandang pada gacoannya. Tapi tidak sedikit juga yang terpaksa memberikan ulat kandang agar gacoannya bisa tampil apik saat dilombakan.

 

BOMBER MENANGI SESI MURAI BATU A

 

Tommy kicaumania asal Paleran, Jember, ternyata tidak percaya dengan efek negatif dari ulat kandang. Malah semua murai batu yang ada di rumahnya dari trotolan dan gacoannya, semua diberi makan ulat kandang untuk harian dan lomba.

“Selama ini saya merawat dan main murai batu, semuanya pakai ulat kandang dan jangkrik saja. Sampai saat ini, saya belum merasakan efek negatif yang banyak dibicarakan orang-orang. Jadi, saya tidak percaya kalau ulat kandang membuat burung serak dan sulit tampil,” kata Tommy usai menerima penghargaan burung terbaik di kontes Cimantul BC pada Jum’at, 18 Desember 2020 kemarin.

 

VitaMix METABOLIS, atau lebih dikenal sebagai Metabolis Putih, cara baru, mudah, dan cespleng menggacorkan burung. Mudah didapat di kios-kios burung. Buktikan.

 

Di kesempatan ini, Tommy membawa Flanker yang baru saja beres mabung. Dipenampilannya yang ke dua pasca mabung, Flanker tampil ganas dengan memuntahkan beberapa isiannya sambil bergaya sujud. Volume lantangnya, mampu membuat juri terpukau.

Meski di sesi A dan B menjadi runner up, dan sesi C gagal koncer karena ngelantai, tapi Flanker membuat ratusan pasang mata memperhatikannya. Banyak yang berkomentar, Flanker shownya cantik, isianya lengkap, dan volumenya tembus.

 

IWAN KEBO BAWA TROPI TERBAIK LEWAT CH RINDU

 

Untuk rawatan Flanker yang kini makin mapan seiring bertambahnya usia, Tommy selalu memberikan ulat kandang satu cepuk setiap harinya. Jangkrik pagi 7 sore 6. Flanker setiap hari berada di kandang umbaran. Jemur hanya 15 menitan, dan mandi sesukanya di kandang umbaran.

Untuk persiapan lomba, Flanker H-1 diangkat dari kandang umbaran untuk menempati sangkar lomba. Pemberian jangkrik ditambahkan pagi 10 dan sore 10. Untuk penambahan jangkrik ini, Tommy menghentikan pemberian ulat kandang agar Flanker fokus mengkonsumsi jangkrik terlebih dahulu. Setelah jangkrik habis, ulat kadang kembali diberikan.

 

ADEK BANGGAKAN KIPLI DI KELAS FIGHTER

 

Saat di gantangan, Flanker masih diberi ulat kandang plus ulat hongkong untuk mendongkrak emosinya. Jika kondisi burung di dalam krodong bongkar isian, Tommy membasahi krodong dengan cara disemprot embun.

Tommy juga memberi perlakuan khusus untuk ulat kandang yang baru dibelinya dari kios pakan. 2 hari sebelum diberikan kepada murai batunya, ulat kandang diberi pakan kunyit dan vour. Tujuannya agar ulat kandang tersebut bersih dari kotoran-kotoran yang ada di dalam tubuhnya.

 

Yang di desa, di kota. Yang ikut lomba atau sekadar didengar suaranya di rumah. Dari generasi ke generasi sudah memakai TOPSONG.

 

Sebelum pemberian, ulat kandang terlebih dahulu disaring agar kotoran terpisah dan tidak terkonsumsi oleh murai batu. “Sejak dulu saya memberi perlakuan itu sebelum diberikan kepada murai batu. Alhamdulillah gaco-gaco yang saya orbitkan hingga kini tidak ada yang serak atau birahinya sulit terkontrol. Semua stabil di gantangan,” kata Tommy yang pernah mengorbitkan murai batu AK hingga tawaran 45 juta.

BERIKUT PARA JAWARA DI KONTES CIMANTUL BC JUM’AT, 18 DESEMBER 2020. [VILMANZ]

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

DINDA MASIH BUKTIKAN KEGARANGANNYA

 

GOKU PENERUS BEJITA ANDALAN TRABAS SF

 

 

 

 

 

 

KATA KUNCI: efek ulat kandang ulat hongkong setingan murai batu

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp