ASEP PRABUSILIWANGI, BERBAGI TIPS MERAWAT KENARI JUARA

ASEP PRABU SILIWANGI LEMBANG

Begini Caranya Agar Jago Kenari Selalu Tampil & Juara

 

 

 

 

Prabu Siliwangi, nama kenari milik Asep, begitu populer di kota Lembang, Jawa Barat. Tiap dilombakan nyaris selalu juara 1. Begitu terkenalnya, hingga pemiliknya pun dijuluki sebagai Asep Prabu Siliwangi.

Asep yang bergabung dengan Buni Asih BC benar-benar sangat disegani. Laju Prabu Siliwangi saat penampilan terbaiknya benar-benar sulit dibendung.

Beberapa  prestasi yang diperoleh di antaranya, juara 1 kontes Cipa BC, juara 1 kontes SKM SF, juara 2 kontes CCL SF, juara 1 kontes CBR SF, dan lainnya. Begitu banyaknya, sampai Asep pun mengaku tak lagi hapal. “Tuh piala dan piagamnya juga sudah numpuk.”

Yang jelas, juara demi juara yang diraih oleh Prabu Siliwangi tidak datang begitu saja dengan sendirian. “Burung yang bagus, tidak berarti akan bagus terus menerus tanpa perawatan yang baik dan ajeg,” ujarnya mengawali perbincangan dengan burungnews.com

Meskipun pada dasarnya merawat kenari itu sederhana, namun tetap saja hal itu perlu dilakukan dengan konsisten dan sepenuh hati. “Kalau hanya sekadarnya saja, dikasih makan minum tanpa rasa sayang, asal hidup, ya jangan harap burung mau tampil bagus saat digantang. Mau bunyi saja sudah untung.”

Dalam hal merawat Prabu Siliwangi misalnya, Asep harus memandikannya dua kali sehari tiap pagi dan sore. Habis dimandikan, burung juga perlu dijemur sekitar 1 jam sampai bulunya kering. Selain itu, tiap hari juga harus dimasukkan kandang umbaran selama kurang lebih 3 jam.

Makanan khususnya EF juga mudah, apalagi di daerah pegunungan seperti Lembang. Cukup diberikan sayuran seperti daun sawi dan buah-buahan seperti apel. Menurut Asep, buah Apel sangat baik bagi kenari, karena bisa menambah stamina.

Tambahan makanan lainnya, seperti telur puyuh, juga diberikan terutama menjelang kontes. Pemberian telur puyuh minimal seminggu sekali, ini agar burung juga mendapat asupan protein yang cukup untuk menambah stamina.

Asep sekarang punya 2 gaco baru, Messi dan Lizar. Perawatan keduanya pun dasarnya sebagaimana diuraikan di atas, nyaris sama dengan Prabu Siliwangi. “Pada bagian detil ada yang berbeda menyesuaikan dengan karakater burung. Nah, pemahaman karakter memang penting, dan itu hanya bisa kita dapatkan karena merawat dengan sepenuh hati.”

Asep adalah ketua komunitas kenari Lembang yang sekarang sudah beranggotakan 50-an lebih. Asep dan anggota komunitas masih eksis mengikuti lomba burung, khususnya di wilayah Lembang dan Bandung.

Anda punya masalah dengan burung yang kurang gacor, kurang rajin bunyi, atau malah macet bunyi padahal burung sedang tidak mabung? Cobalah dengan memberikan asupan Moncer1. Untuk tahap pertama bila baru pertama kali memakai, berikan tiap hari selama seminggu beberapa tetes, bisa dicampur dengan minuman.

Perhatikan terus reaksinya. Bila burung mulai mau belajar bunyi, kemudian mulai rajin dan normal, berikutnya diberikan saat hendak lomba saja, atau sesuai kebutuhan dan kondisi burung. 

 

KATA KUNCI: asep prabu siliwangi lembang buni asih bc kenari prabu siliwangi

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp