KABUL SEDANG BERAKSI


287 SF PARTY NGANTANG MALANG#3

LB Kabul Harus Melawan Dua Kebiasaan Yang Tidak Biasa

Kabul Love bird andalan Yunus dari YNS BF Kediri yang baru saja dilamar 200 juta, berhasil hatrik di even 287 SF Party di Ngantang, Malang, Minggu 28 April 2019. Padahal, gaco ini dipaksa tampil dengan setingan baru.

Dari Batam, Yunus pemilik kabul menghubungi Burungnews, kalau Kabul baru saja dilamar pemain dari Padang, Sumatera Barat dengan mahar fantastis, 200 juta Rupiah bro.  Namun mahar ini ditolak dengan halus oleh Yunus yang saat ini sedang layar ke Batam.

 

KABUL TIDAK PUNYA BULU EKOR

 

"Tadi malam saya ditelepon teman pemain dari Padang, seorang pengusaha kapal tongkang batubara, yang ingin meminang Kabul. Awalnya beliau buka mahar 150 juta, namun saya tolak hingga akhirnya buka penawaran sampai 200 juta. Tapi kembali saya tolak, karena Kabul saat ini masih kami jadikan maskot untuk YNS BF," kata Yunus yang beralamat di Desa Mrican, Mojoroto, Kediri.

Kabul adalah love bird hasil ternakan kandang YNS BF Kediri, dan prestasinya sudah ratusan kali juara I di berbagai even. Kelebihan Kabul adalah, ngekek nada minor dengan durasi di kisaran 40 - 60 detik, dengan jeda rapat.

 

 

"Buka tutupnya cepat. Berhenti ngekek sekitar 3 - 5 detikan langsung bocor lagi. Kadang kalau berhenti ngekek, cukup putar badan langsung nyambung lagi. Sekali jalan, poinnya bisa di atas 2000. Tapi tergantung juga pada poin yang ditetapkan EO dan pada durasi penilaian. Makin lama penilaian, makin banyak poin yang didapat," kata Panjul, salah satu joki Kabul saat turun di even 287 SF Party di Ngantang, Malang.

Di even ini, Kabul berhasil Hatrik, juara I di tiga kelas. Yakni kelas Love BIrd Reguler 287 SF, kelas Love Bird Reguler Squad Team dan BOB. Yang jadi lawannya juga bukan gaco biasa, tapi Safira andalan Mas ganteng dari Duta KCB Team dan Sinden milik Erik LBF dari Blitar yang reputasi dan prestasinya sudah kondang.

 

PERSONIL YNS BF KAWAL LOVE BRD KABUL

 

Padahal, menurut Panjul, Kabul turun di even ini harus meninggalkan dua kebiasaan utama yang justru jadi penentu penampilan Kabul. Yakni berlaga di kondisi cuaca panas dan melepas untulan dua sesi menjelang laga.

"Nah, di sini cuacanya sahdu dan udaranya relatif dingin. Biasanya kabul kerjanya kurang maksimal. Tapi nyatanya malah tetap top form. Kebiasaan kedua yang kami coba adalah, meninggalkan untulan di rumah," ungkap Panjul.

 

JUARA KELAS LOVE BIRD L1 A.

 

Soal cuaca memang berpengaruh, tapi melepas untulan dari rumah dan meninggalkannya di rumah, itu bisa jadi masalah besar. "Alhamdulillah, Kabul tetap kenceng. Begitu buka kerodong langsung bocor," kata Muslih yang turut mengawal Kabul.

Kabul adalah love bird warna biru cobalt dengan jenis kelamin jantan, umurnya sudah di atas satu tahun. Sedangkan untulannya, warna biru mangsi dan berjenis kelamin betina. Alasan kenapa si bety sampai ditinggal di rumah, menurut Angga, karena si bety suka mematuki bulu Kabul.

 

Burung mau tampil maksi dan stabil di segala cuaca, serta terjaga kesehatannya. Berikan LEMAN'S secara teratur, cukup 1 tetes untuk harian, bisa dicampur pada minuman, atau oleskan pada EF. Sudah banyak yang membuktikannya, jangan sampai ketinggalan...

 

"Lihat saja mas, bulu ekornya sampai habis dicabut untulanya. Untungnya, meski tanpa ekor Kabul tetap bisa bocor, meskipun durasinya relatif berkurang. BIasanya, kalau bulu ekor komplit, bisa tembus 1,5 menit di atas gantangan," kata Angga yang menemani Panjul dan Muslih di lapangan.

Soal perawatan harian, tidak ada yang istimewa dari Kabul. Setiap hari dimasukkan box dengan untulannya. Pakan pakai milet putih sangrai, atau milet putih yang digoreng tanpa minyak. Obat harian yang dipakai hanya LEMANS.

 

JUARA KELAS LOVE BIRD M2 A.

 

Karena untuk burung lomba, sering dibawa kemana-mana jadi rentan terkena penyakit seprti snot, flu dan lain-lain. "Lemans bagus untuk menjaga stamina burung dan terjaga dari penyakit. Love bird sangat mudah kena snot atau flu. Di lapangan, bisa saja ada gaco lain yang sedang sakit, dan itu bisa menular. Kalau burung kita tidak dibentengi dengan multivitamin, bisa saja tertular," kata Yunus.

Untuk ekstrafooding hanya pakai jagung, tidak pernah pakai kangkung. "Pakan tambahan hanya jagung, bisa jagung manis atau lokal. Kabul gak pernah pilih-pilih, begitu lihat jagung langsung dilahap," tambah Panjul.

 

MC 287 SF PARTY.

 

Di even 287 SF Party ini juga turun gaco-gaco hebat lain. Diantaranya adalah Kalong andalan H Latif dari NSR D2 Team, Marco andalan H Mahrub dan Ganden andalan Sendok dari Gasrok Team yang moncer di kelas Love Bird L1 524 SF.

Semantara di kelas Love bird M2 Mahkota A, podium teratas diraih Putri Ayu andalan Andink dari Duta KCB diikuti Nero andalan Mr Bin dari Kaisar Team dan Laker andalan Sendok dari Gasrok Team.

AGENDA & BROSUR LOMBA,  KLIK DI SINI

287 SF PARTY NGANTANG #1,  KLIK DI SINI

287 SF PARTY NGANTANG #2,  KLIK DI SINI

 

KATA KUNCI: 287 sf party ngantang malang#3 lb kabul

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp