GINSENG JAWA, DIYAKINI BISA MENAMBAH PERFOMA LOVEBIRD


10 JENIS PAKAN LOVEBIRD YANG BIKIN GACOR DORR: Simak Bahan dan Cara Meraciknya

Pakan lovebird harian terbilang beragam. Banyak sekali opsi jenis makanan yang dapat digunakan untuk burung paruh bengkok, burung yang mempunyai pelbagai jenis warna. Simak sebagian darinya, serta petunjuk meraciknya.

Selain karena keindahan warnanya, di Indonesia sebagian besar penggemar lovebird lebih karena mencari suaranya yang khas. Burung lovebird yang selama ini dianggap bagus, adalah yang memiliki perpaduan durasi bunyi yang panjang, volume keras, rajin/gacor dengan jeda tidak terlalu lama, syukur-syukur juga disertai gaya yang menawan.

Banyak yang yakin bila unsur kebaikan burung lovebird juga bisa diturunkan dari induknya. Potensi keistimewaan lovebird bisa dioptimalkan dengan fasilitas perawatan serta makanan burung lovebird yang bisa ditemukan.

 

 

PHOENIX Makanan Love Bird Multivitamin. Berikan yang terbaik untuk love bird kesayangan Anda, menjadik burung selalu sehat dan rajin bunyi. Mudah diperoleh di kios-kios terdekat.

 

Memulai usaha ternak lovebird memang tidak hanya sekadar dar perawatan maupun perkembangbiakkan saja. BIla kita ingin menjadikannya sebagai burung kontes atau lomba, sejak dini tentu saja harus dipersiapkan.

Salah satu faktor yang cukup menentukan itu semua adalah pakan. Anda perlu meluangkan waktu untuk memberikan makanan yang bernutrisi dan tak sembarangan, supaya kondisi burung tetap fit dalam menghadirkan kekekannya.

Nah, penasaran dengan pakan lovebird juara, disini akan dibahas menu apa saja yang butuh diberikan supaya tetap dalam situasi prima dan rajin menghasilkan gacoran. Lengkap mulai bahan-bahan yang diperlukan hingga cara meraciknya.

 

 

  1. Biji Kenari

Dengan mengamati paruh burung yang dipunyai oleh lovebird, pastilah Anda paham bila burung ini pada habitat aslinya mempunyai menu makanan biji-bijan. Biji kenari menjadi di antara makanan kesayangan burung satu ini. Kandungan nutrisinya juga bagus.

Banyak kalangan penyuka burung yang mempercayai bahwa biji kenari mempunyai khasiat yang cukup bagus. Ia akan menghasilkan suara unggulan, terutama pada burung Lovebird.

 

  1. Milet

Anda yang telah malang melintang di dunia pemeliharaan burung, tentunya tak asing lagi dengan milet, baik yang merah ataupun putih. Sampai saat ini belum terdapat penelitian tentang menu makanan ini, namun tidak sedikit kalangan penyuka burung yang telah membuktikan menu milet dapat menambah daya tahan burung Lovebird.

Milet sendiri menjadi salah satu pakan lovebird, baik untuk rutin keseharian maupun untuk lomba. Lovebird umumnya memang sangat menyukai milet. Selain memiliki fungsi menambah daya tahan tubuh, milet ini juga bisa menolong burung lovebird supaya cepat gacor.

Untuk hasil dan khasiat terbaik, berikan milet untuk lovebird pada pagi dan senja hari.

 

  1. Jagung Manis

Jagung (manis) muda pun menjadi salah satu menu favorit untuk berbagai jenis burung, termasuk lovebird. Kandungan nutrisinya tinggi. Jagung manis mudah diperoleh di tukang sayur atau pun pasar.

Jagung mempunyai kandungan Asam Folat, Betakaroten, serta vitamin B dan C. Semuanya dapat menolong burung guna tetap fit dan mengawal kesehatan matanya.

Sebagian besar lovebird mania, juga kenari, memberikan jagung muda dengan kondisi mentah. Untuk mempermudah saat memakan dan supaya penyerapan lebih maksimal, ada baiknya bila jagung direbus dulu sebelum diberikan kepada burung.

 

 

  1. Oats

Tak melulu dikenal sebagai menu sehat untuk manusia, oats ternyata pun mempunyai khasiat dan manfaat yang baik untuk burung satu ini. Kandungan gizi laksana protein dan kalori yang tinggi di dalam oats dipercayai menjadikan burung lebih sehat dan aktif.

Untuk frekuensi pemberian menu makanan burung lovebird, Anda dapat memberikannya beberapa kali dalam seminggu. Bisa 3 kali sepekan, menilik oats bukan makanan pokok untuk burung lovebird. Ada baiknya memberikan pakan oats sejak burung masih anakan supaya terbiasa dan tak kendala nantinya sesudah burung dewasa.

 

  1. Gabah Beras Merah

Makanan burung lovebird selanjutnya ialah gabah beras merah. Gabah beras merah ini tidak sedikit kandungan karbohidratnya, sangat membantu proses perkembangan burung serta dapat menambah daya tahan burung

Gabah beras merah ini dapat diberikan dengan mencampurkannya dengan millet supaya rasanya lebih enak dan lovebird tidak bosan.

 

  1. Daun Ginseng Jawa

Dalam suatu perlombaan, lovebird yang sehat, dengan kicauannya yang paling gacor/rajin, durasi panjang-panjang, serta volume terdengar jelas, yang berpeluang jadi juara. Konsumsi ginseng jawa diopercayai bisa mendukunh itu semua, bahkan juga membantu memulihkan kondisi lovebird supaya kembalin fit.

 

 

  1. Menggunakan Ramuan JTJ

JTJ atau yang lebih dikenal dengan istilah Jamu Tetes Joss ditemukan oleh Pak Su Lek Di. Beliau ialah salah satu dari sekian master lovebird di Indonesia.

Berkat JTJ, burung lovebird yang sebelumnya tampak loyo, jadi lebih rajin bersuara ngekek. Durasi suara kekekan lovebird sesudah dikasih JTJ bisa bertambah lebih panjang.

Apakah ramuan ini diciptakan untuk seluruh jenis lovebird? Betul. Berikut teknik meracik ramuan JTJ.

 

Bahan-Bahan yang Perlu Disiapkan

  1. Jahe ukuran sekira 3 ibu jari kaki
  2. Pepaya mentah yang telah tua atau masih kemampo (setengah matang)
  3. Bawang putih secukupnya
  4. Kunyit seukuran ruas jari
  5. Madu secukupnya saja atau paling tidak 1 sendok makan

 

Cara Membuat JTJ atau Jamu Tetes Joss

  1. Parut papaya, sesudah selesai dapat langsung dipungut sarinya dengan menggunakan pertolongan kain. Ambil setengah gelas.
  2. Parut kunyit, jahe, serta bawang putih dan dipungut sarinya.
  3. Campurkan sari pepaya dan sari 3 bahan lainnya tadi, aduk-aduk sampai merata.
  4. Tambahkan madu guna memberi kesan manis dan dapat membuat lovebird jadi lebih bertenaga.

 

Cara Memberikan Ramuan JTJ sebelum Lomba

  1. Berikan ramuan JTJ pada lovebird dewasa kira-kira 2 jam sebelum digantang atau dilombakan.
  2. Kalau suhu sekitar lumayan rendah, dapat kasih JTJ antara 30 menit sampai 1 jam sebelum lomba.
  3. Berikan 2 kali semprotan air secara halus sebelum naik gantangan supaya suara yang keluar tetap merdu dan stabil.

 

Anda harus mempersiapkan jauh hari sebelum lomba, sebab efek ramuan ini baru terlihat sesuah satu pekan. Di hari-hari biasa atau sebelum lomba, dapat diselingi dengan makanan lovebird lain seperti milet putih, jagung, atau sayur kangkung.

Di hari biasa, pemberian JTJ cukup 3 tetes saja, dengan cara meneteskan langsung ke mulut/paruh (bila memungkinkan, atau burung biasa dipegang tangan). Akan lebih baik lagi bila pemberian JTJ dilaksanakan pada pagi hari, saat burung tengah diembunkan dengan semprotan air secara halus.

 

Hari gini belum pakai TWISTER? Segera merapat di kios-kios / agen terdekat, bila belum ada mintalah untuk menyediakan, biar Anda dan para kicau mania lainnya lebih mudah mendapatkannya. Coba dan buktikan kualitasnya, dan berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

  1. Racikan Pakan dari Bawang Putih Tunggal

Bawang putih tunggal punya keunggulan tersendiri, di atas bawang putih biasa/banyak siungnya. Jenis bawang putih ini diyakini dapat meningkatkan stamina burung. Manfaat lainnya, dapat meningkatkan ketahanan jasmani sehingga tidak gampang terserang oleh penyakit.

Lalu, bagaimana cara meraciknya?

 

Cara Membuat Racikan

  1. Siapkan sejumlah bawang putih
  2. Parut sampai habis
  3. Setelah selesai, kasih air yang nantinya difungsikan sebagai rendaman bawang putih
  4. Saring dan ambil sisa bawang putih sampai bersih
  5. Ambil air bawangnya, kemudian dibaur dengan milet
  6. Biarkan adonan tadi selama beberapa jam, supaya meresap
  7. Saring ulang dan buang airnya
  8. Jemur atau keringkan memakai oven jika ada

 

  1. Racikan dari Mengkudu

Bukan hanya berfungsi untuk manusia, mengkudu juga dapat difungsikan untuk menambah stamina burung lovebird. Pakan lovebird lomba ini juga dapat membuat ngekek burung jadi lebih panjang daripada sebelumnya.

Begini teknik meracik pakannya:

 

Bahan-Bahan yang Digunakan

  • Buah mengkudu yang telah matang dan saat ditekan telah terasa empuk
  • Air panas secukupnya
  • Milet yang telah disortir

 

Cara Membuat Pakan

  • Haluskan buah mengkudu memakai blender
  • Rebus ke dalam air panas
  • Saring air rebusan buah mengkudu supaya lebih bersih
  • Ambil airnya, lantas campur dengan milet yang telah disortir
  • Biarkan kira-kira sekitar 3-6 jam
  • Saring lagi dan buang airnya
  • Keringkan sarinya dengan teknik diangin-anginkan
  • Setelah jadi, masukkan ke dalam wadah tertutup, contohnya stoples

 

 

  1. Racikan Pakan dari Jahe

Kelebihan racikan ini salah satunya tidak memunculkan efek samping. Bila diaplikasikan dengan benar, ngekek si lovebird jadi lebih rajin dan lebih panjang dari sebelumnya. Pasti akan lebih baik lagi kalau dipadukan dengan ramuan lain supaya hasilnya jadi jauh lebih oke.

Bagaimana sih teknik meraciknya?

 

Cara Pembuatan

  • Siapkan seruas jahe, wadah, penyaring, air, dan milet secukupnya
  • Kupas jahe, lantas haluskan memakai blender
  • Rendam ke dalam air panas selama beberapa menit
  • Aduk secara merata
  • Ambil air hasil rendaman jahe tadi, kemudian disaring supaya bisa dipungut sarinya
  • Campurkan milet ke dalamnya dan tidak boleh lupa buang biji-biji yang terapung
  • Setelah diaduk-aduk sampai merata, diamkan selama 2-3 jam supaya meresap
  • Saring ulang dan buang airnya
  • Keringkan di bawah sinar matahari atau disangrai

 

Pemberian pakan lovebird ini sangat bagus saat di pagi hari. Tepatnya saat si burung baru saja diembunkan. Ketika badan telah segar, santap pun jadi lebih lahap. Terkait lomba, beberapa peserta tentu sudah mempelajari kiat-kiat supaya bisa menang.

Semoga bermanfaat. [kiriman dari Lina]

KATA KUNCI: tips love bird pakan love bird

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp