JABLAY, SALAH SATU LOVE BIRD TERBAIK DI JAWA TIMUR.

VIKI BARBARA BC BANGKALAN

Miliki Salah Satu Love Bird Terbaik di Jawa Timur, Ini Rahasianya

 

 

 

Jablay merupakan salah satu love bird terbaik di Jawa Timur khususnya di Surabaya dan Madura. Ngekek berdurasi panjang menjadi ciri khas burung milik Viki dari Bangkalan. Bagaimana awal mula dan rawatannya, Viki berbagi melalui burungnews.

 

 

Prestasi Jablay pada tahun 2017 bak roket yang terbang tinggi. Berbagai piala dan penghargaan sering disematkan kepada burung berdurasi panjang yang mempunyai ciri khas menggigit sangkar (ruji). Even tertinggi yang pernah dijuarai adalah di kontes SCBC Cup II 2 Maret 2017, meriah juara 1 dan 2 pada kelas tertinggi Love Bird Sabtu A dan B.

“Jablay pernah dianugerahi sebagai love bird ngekek terpanjang hampir 3 menit di kontes Telaga Bahari, juga pernah menjadi juara 1 sampai 4 kali dalam satu hari di 3 gantangan berbeda,” buka Viki yang setia ditemani oleh sang keponakan Jefri.

 

VIKI DAN JEFRI, SUKSES HANTARKAN JABLAY SEBAGAI SALAH SATU LOVE BIRD TERBAIK DI JATIM.

 

Usia Jablay saat ini sekitar 7 tahun.  Sudah dipegang Viki sejak sekitar 2 tahun yang lalu dari saudaranya di Jakarta yaitu Saiful, yang tak lain ayah dari Jefri yang menjadi tandemnya saat ini. “Tidak ada perawatan spesial buat Jablay, cukup mandi di pagi hari dan dijemur dari pukul 08-09 pagi,” jelasnya.

Kesehariannya Jablay selalu dalam sangkar hitam bertebok putih yang di bawahnya dikasih bola, baik saat di rumah atau di gantangan tak pernah ke luar sangkar. Dalam satu minggu, Viki memberi kesempatan istirahat burung andalannya setiap Selasa, Rabu, dan Jumat.  Sisanya selalu bertarung dari gantangan satu ke gantangan lainnya.

 

JABLAY TIDAK PERNAH KELUAR SANGKAR, MANDI CUKUP DISEMPROT.

 

Makanan cukup millet polos tanpa campuran atau tambahan apa pun. Bahkan sayuran dan buah-buahan tidak pernah dikonsumsi oleh Jablay. “Kunci utama sebelum lomba, Jablay wajib dikerodong satu hari sebelum lomba,” tambah Viki.

Kunci sukses lain dari Jablay adalah dihindarkan dari love bird muda, baik itu sebelum atau sesudah lomba. Kalau berdekatan dengan paud birahinya akan keluar dan ngekeknya akan hilang. “Susahnya pas lomba, Jablay bersebelahan dengan paud, ya kita berdoa semoga birahinya tidak keluar,” bebernya.

Melihat penampilan Jablay yang stabil, Viki dan Jefri hanya inten menurunkannya pada kontes burung berkicau di seputaran Madura dan Surabaya. “Pengennya sih ikut lomba besar mas, tapi terkendala transportasi ya sementara turun pada even di Madura dan Surabaya saja. Sesungguhnya sangat ingin turun di Malang Tempoe Doloe, 3 Star Semarang, dan Piala Raja Jogja, ya semoga besuk ada jalan untuk sampai ke sana,” tutup Viki.

 

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

 

 

 

 

 

 

KATA KUNCI: viki barbara bc bangkalan jablay

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp