RAJA KENCANA LAGU SUDAH NGANCING, TAK KHAWATIR NGLENDER

TIPS & VIDEO KENARI ISIAN RAJA KENCANA

Burung Rumahan Bisa Juara Beragam Lapang



Nama Raja Kencana (RK), kenari isian milik Angga dari SKC Jogja Team, melesat cepat dalam 1,5 bulan terakhir. Ini memang jago baru milik Angga, yang dikenal sebagai pemilik dan pengorbit kenari handal.

Angga punya cerita menarik tentang asal mula mendapat kenari Raja Kencana (RK), juga bagaimana ia merawat dan menyetel hingga kenari yang awalnya hanya kenari “rumahan” ini, bisa menjadi kenari lapangan yang tangguh.

Angga mengaku mendapatkan jago ini secara tidak sengaja. Sekitar akhir bulan Juli 2016, Angga sowan ke salah satu kawannya. Niat awalnya hanya mencari kenari betina pesanan dari kolega luar pulau. Di situlah Angga mendengar ada suara dari kenari pejantan yang langsung membuatnya terpikat.

 

 


ANGGA SKD DI DUEL SPECIAL KOBOY BOYOLALI, RK JUARA 1 ISIAN

 

Salah satu yang membuat Angga terkagum-kagum adalah lagunya yang  full isian blackthroat dan sudah ngancing. Lantunan lagunya dibawakan dengan irama yang rapih & terdengar merdu. Sekali narik durasinya cukup panjang, sampai 40-an detik, volumenya juga keras. Postur ideal, karena dari jenis F2 YS, ditunjang warna bulu yang cerah dan menarik.

Tanpa pikir panjang, Angga pun mengaku kepincut dan menyampaikan keinginannya untuk meminang. Namun temannya mulanya juga menyebutkan ingin menyimpannya. Angga harus bersabar dan terus mengeluarkan jurus jitu merayu kawannya itu agar mau melepas. Butuh waktu sampai dua minggu, sampai akhirnya temannya luluh dan menyerahkan sang jago kepada Angga.

“Senang sekali dan bersyukur akhirnya dilepas juga ke saya, ibarat sudah jodoh, takkan lari ke mana juga,” ujar Angga.

 


DI PPK1 PARIKESIT, RK RANKING 2 PENYISIHAN DARI 56 PESERTA

 

Sewaktu deal dan dibawa pulang, kenari yang oleh Angga diberi nama Raja Kencana itu baru beres mabung. Bahkan sampai tulisan ini dibuat pun, bulu ekor belum penuh semua. Tapi, sudah bisa diajak “jalan-jalan” untuk dicoba berlaga di arena lomba.

Keesokan harinya, tepatnya 11 Agustus, burung yang di pemilik lama hanya burung rumahan atau buat pejantan saja, di loba di gantangan Sembego. Di Jogja dan sekitarnya, Sembego dikenal sebagai “gantangan neraka” untuk jenis burung kenari. Yang datang bukan hanya dari lokal Jogja dan sekitarnya, tapi juga banyak jago dari Klaten mencoba gaconya ke sini.

Hasilnys pun mengejutkan sekaligus membuat Angga bangga, langsung meraih juara 1 dan 1,  alias nyeri, alias  double winner. Angga pun terus melanjutkan uji cobanya.

 

 RAJA KENCANA, EF HARIANNYA JAGUNG DAN SAWI

 

Raja Kencana kembali meraih juara 1 di gantangan Pos Jakal Sengkan, juara 5 Papburi Solo, juara 6 Road to Parikesit Award (28/8), Juara 2 Caponiery, Juara 2 Kemudo BC, Juara 2 Sembego, lalu pada 11 September merebut juara 1 Duel Special PPK Kopoby Boyolali, kelas isian, dan di even Papburi Cilacap (18/9) meraih juara 2 kelas Semi Isian. 

Di Road to Parikesit Award yang peserta kelas isian sampai 56 ekor, Raja Kencana bahkan termasuk salah satu unggulan. Di babak penyisihan, nilainya ranking 2 di bawah RC-1 milik Rochmad dari Karanganom Klaten. Sayangnya, babak final digelar selepas magrib hingga sebagian burung, termasuk RK kurang tampil.


RAWATAN CAMPUR DENGAN KENARI STANDAR

Kebanyakan kenari isian dirawat terpisah, dijauhkan dari suara burung lain, terutama kenari  standar. Cukup repot memang. Ini hal yang membuat penggemar kenari isian menjadi terbatas.

Hal menarik terjadi pada Raja Kencana, yang oleh Angga dirawat bersama, di tempat yang sama, dengan kenari standar. Dijemurnya memang coba dipisah, tapi masih dalam satu lokasi rumah yang sama. Begitu juga saat istirahat.

 

ANGGA MERAWAT RK. SATU RUMAH DENGAN KENARI STANDAR

 

"Karena lagu burung sudah ngancing, usia juga sudah mapan, jadi saya tidak terlalu kawatir merawatnya, tetep seperti biasa saja. Pemilik kenari isian lain saya kira kawatir kalau berdekatan dengan kenari standar untuk waktu cukup lama," jelasnya.

Asupan pakan juga tidak aneh-aneh. Hampir semua kenari milik Angga, harian diberi bijian standar, plus jagung muda dan sayur sawi. 

Nah, bagi Anda yang mau ngobrol lebih dekat seputar kenari dengan Angga, silakan kontak di 0838.6751.9119, pin bbm 5c5186c


LIHAT & DENGAN VIDEO KENARI RAJA KENCANA, KLIK DI SINI


TERKAIT:
ROAD TO PARIKESIT AWARD KLATEN, KLIK DI SINI
DUEL PPK KOBOY BOYOLALI, KLIK DI SINI
SEPTEMBER CERIA PAPBURI CILACAP, KLIK DI SINI

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI



KATA KUNCI: kenari raja kencana angga skc raja kencana isian full bt

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp