RP SF CILACAP


TIPS PERAWATAN SANDVICK + VIDIO: Kenari Debutan di RP SF Cilacap yang Syarat Prestasi

Kenari memang punya nilai lebih. Selain suaranya yang merdu dan bisa diisi dengan materi sesuai keinginan kita, juga bisa memiliki ragam warna yang cantik eksotik. Itulah salah satu alasan Ragil Pamungkas menjadi jatuh cinta pada kenari.

Ragil mengaku, pertama kali menyukai kenari karena melihat penampilannya yang sungguh menarik. Meski beberapa kali sempat murtad, atau berpindah memelihara burung lain, toh pada akhirnya tetap balik lagi memelihara kenari.

 

WASPADA dengan produk yang logonya MIRIP, dibaca/dilafalkan dengan cara yang SAMA, tetapi BUKAN produk yang dikeluarkan TOPSONG. Lihat selengkapnya DI SINI.

 

Ragil pun lantas menjelaskan lebih jauh. “Ditunjang oleh kaki yang mulus dan tinggi semampai, duhh betapa tampak cantik burung kenari. Nah, kaki kenari ini butuh dirawat agar tetap cantik karena dengan bertambahnya usia, akan muncul sisik kaki yang semakin tebal. Kalau tidak dirawat, ini tentu akan mengurangi kecantikan.”

Begitulah Ragil, benar-benar cinta mati pada kenari. Ia pun mempelajari dengan seksama bagaimana cara memelihara dan merawatnya. “Karena kalau sudah telanjur beli burung yang begitu cantik, tapi merawat sekadarnya saja, apalagi sampai salah perlakuan, kan sayang. Bukan hanya mengurangi atau bahkan kehilangan kecantikannya, bahkan juga bisa sakit dan mati.”

 

 

Misalnya urusan kaki. Tampak sepele, tapi kalau tidak diperhatikan juga akan mengurangi penampilan. “Biar tetap cantik, kita bisa melakukan sesuatu untuk memperlambat penuaan sisik kaki. Sebulan sekali kaki bisa diolesi dengan minyak tawon,” jelas Ibnu, mekanik kenari di RP SF.

Demikian pula dengan Anda para kicaumania, yang ingin memelihara kenari, sebaiknya memang perlu memahami dulu cara perawatannya. Seperti itu pulalah yang sebelumnya dilakukan oleh RP SF. “Kita banyak belajar dan bertanya pada yang senior, selain dalam perjalanannya juga mendalami dari pengalaman langsung saat memelihara dan merawat,” imbuh Ragil.

 

Sebagai obat, terbukti efektif. Sudah sering mampu mengatasi kondisi kritis, apalagi cuma sakit "biasa". Di saat perubahan musim dari kemarau menuju penghujan seperti sekarang, juga sangat baik untuk mencegah dan menjaga agar burung tetap sehat dan selalu dalam kondisi fit, siap tempur. Bisa diberikan secara rutin 2-3 hari sekali sesuai kebutuhan. LEMAN'S, satu-satunya obat burung dengan formula + vitamin.

Lemans bisa dibeli lewat bukalapak, tokopedia, atau hubungi 08113010789, 0822.4260.5493 (Jatim Tapalkuda), 0813.2880.0432 (Jogja dan sekitar), 0815.4846.9464 (Solo Raya dan sekitar), 0813.2799.2345 (Banyumas dan sekitar)

 

Ragil mendeklarasikan RP SF pada tahun 2017 yang lalu. Saat ini RP SF sedang merintis untuk bisa berkembang bersama burung kenari. Belum lama, RP SF melakukan take over kenari Sandvick dari Nanda Ce’eng Klaten. Ini adalah burung yang sebelumnya sudah mengoleksi segudang prestasi.

Om Ragil memaharnya senilai 4 juta rupiah. Sandvick masih muda, baru dua kali mabungan. Bagaimana dengan perawatannya agar performanya tetap terjaga dan bisa jadi andalan RP SF?

 

Hari ini belum pakai TWISTER? Segera merapat di kios-kios / agen terdekat, bila belum ada mintalah untuk menyediakan, biar Anda dan para kicau mania lainnya lebih mudah mendapatkannya. Coba dan buktikan kualitasnya, dan berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

Untuk perawatan Sandvick, sudah dimulai sejak jam 5 pagi, dengan diembunkan supaya dapat udara segar dan untuk pernafasan lebih bagus. Setelahnya diangin-anginkan sampai jam 7.30. Burung kemudian dimandikan dengan cara dikasih cepuk di dalam sangkar.

Pada saat yang sama, sangkar juga dibersihkan, dianginkan sebentar, lalu kembali dikerodong sampai sore hari. Sekitar jam 15, burung dikeluarkan untuk diangin anginkan. Biarkan sampai burung bunyi sebentar lalu d kerodong kembali.

 

 

Untuk pakan RP SF menggunakan biji-bijian seperti pada umumnya burung kenari, diselang-seling dengan sayur pok cai, mentimun, jagung, dan lainnya. ”Mentimun sendiri berfungsi untuk menurunkan birahi pada kenari,” imbuh Ibnu. Jika kenari terlalu birahi, Ibnu menggunakan pola umbaran selama 1 minggu full.

Sedangkan untuk perawatan lomba, H - 3 Sandvick full krodong dan ditempatkan sendiri atau terpisah dari burung lainnya. Hari H sebelum berangkat lomba, dimandikan dengan cara disemprot, lalu jemur sebentar sekitar 15 menit, lalu dikrodong kembali. Setelah sampai lapangan, Sandvick dianginkan sebentar biar melihat situasi di arena lomba. [maman, maltimbus]

 

BERIKUT INI VIDIO PERAWATAN SANDVICJK:

 

Apapun problem "bunyi" pada burung Anda, dari mulai MACET sampai hanya mau tampil angot-angotan, berikan MONCER-1, tunggu beberapa hari, langsung JOSS.

KATA KUNCI: kenari sandvick rp sf cilacap ragil pamungkas tips kenari

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp