AGUS VIRUS DAN IFAN BKSDA, DAFTARKAN CUCAK HIJAU DARI SEKARANG


TAHUN 2020 PENGIN TETAP BISA LOMBAKAN CUCAK HIJAU?

Yuk Merapat ke Tribute to Alm. Bapak Joko Bonita, Bisa Urus di Sini, Mudah dan Gratis

Merasa peduli dengan dunia hobi burung berkicau, termasuk masa depan cucak hijau yang terkesan simpang siur, Panitia Tribute to Alm. Bapak Joko Bonita pun mencoba membantu memberikan solusi.

Seperti diketahui, tahun 2020 mulai berlaku aturan baru. Burung-burung yang masuk dalam perlindungan, harus memilik ijin khusus agar tetap bisa dibawa ke arena lomba, termasuk di antaranya cucak hijau.

Untuk tahap awal, pihak BKSDA memang baru sebatas melakukan sosialisasi dan pembinaan, belum sampai pada penindakan. Para kicaumania diberikan waktu sampai dengan bulan Juni 2020.

 

CONTOH SERTIFIKAT UNTUK BURUNG YANG SUDAH DIDAFTARKAN

 

“Setelah bulan Juni, institusi lain juga bisa melakukan penindakan bila mengetahui ada pelanggaran, termasuk melakukan penyitaan bila masih menjumpai cucak hijau yang belum didaftarkan,” ujar Ifan dari kantor BKSDA Solo.

Agus Virus, salah satu panitia menceritakan, dirinya sudah datang ke kantor BKSDA untuk meminta petunjuk dan informasi seputar cucak hijau. Selama ini di kalangan kicaumania, informasi seutar cucak hijau masih simang siur.

 

 

Sebagian malah hoak, sehingga cukup meresahkan pelaku lomba khususnya pemilik cucak hijau dan beberaa jenis burung dilindungi lainnya yang masih sering dilombakan. “Jadi kami merasa terpanggil agar bisa membantu kicaumania secara umum. Ini kan juga termasuk salah satu pesan atau amanah dari mendiang  Pak Joko.”

Sebenarnya, pihak Panitia Tribute to Alm. Joko Bontia mengundang pihak BKSDA bisa datang langsung, sehingga bisa melakukan pengajuan pendaftaran di tempat. “Namun karena keterbatasan petugas, dan di saat yang sama sudah ada agenda di tempat lain, kami dititipi formulir. Syarat lainnya, foto kopi KTP, foto dokumentasi burung yang hendak didaftarkan, dan meterai 6.000 rupiah 2 lembar,” ujar Agus Virus memulai.

 

Sebagai obat, terbukti efektif. Sudah sering mampu mengatasi kondisi kritis, apalagi cuma sakit "biasa". Di saat perubahan musim dari kemarau menuju penghujan seperti sekarang, juga sangat baik untuk mencegah dan menjaga agar burung tetap sehat dan selalu dalam kondisi fit, siap tempur. Bisa diberikan secara rutin 2-3 hari sekali sesuai kebutuhan. LEMAN'S, satu-satunya obat burung dengan formula + vitamin.

Lemans bisa dibeli lewat bukalapak, tokopedia, atau hubungi 08113010789, 0822.4260.5493 (Jatim Tapalkuda), 0813.2880.0432 (Jogja dan sekitar), 0815.4846.9464 (Solo Raya dan sekitar), 0813.2799.2345 (Banyumas dan sekitar)

 

Nah, kalau Anda para cucak hijau mania mau dimudahkan, siapkan persyaratan dari sekarang, foto kopi KTP, mencetak foto dokumentasi burung, dan dua lembar meterai 6.000 rupiah. Besuk hari Minggu 5 Januari di Boyolali tinggal mengambil dan mengisi formulir.

Setelah itu, formulir yang sudah diisi dan dilampiri persyaratan, bisa dititipkan kembali ke panitia. “Iya, kami siap bantu menguruskan, asal besuk syarat sudah lengkap. Formulir yang sudah diisi dan lampiran syarat sudah lengkap, biar kami yang antar ke kantor BKSDA untuk diurus. Semuanya gratis tis.”

 

Yang di desa, di kota. Yang ikut lomba atau sekadar didengar suaranya di rumah. Dari generasi ke generasi sudah memakai    TOPSONG.

 

Kalau misalnya besuk ternyata belum siap, cucak hijau mania bisa membawa pulang formulir, mengisi dan melengkapi persyaratan, setelah lengkap silakan diantar ke kantor BKSDA setempat. Formulir bisa diperbanyak sendiri bila yang mau diaftarkan lebih dari satu, atau mau dibagikan ke rekan-rekan yang lain.

Anda bisa membawa persyaratan pendaftaran burung cucak hijau ke kantor BKSDA setempat secara perwakilan, misal dalam satu team atau komunitas ada banyak pemilik cucak hijau. Tidak harus datang sendiri-sendiri.

 

 

Atau kalau mau diisi dari sekarang juga bisa. Formulir yang termuat di sini bisa Anda cetak. Besuk Minggu di Boyolali tinggal menyerahkan saja kepada petugas dari panitia yang sudah ditunjuk.

 

Bila Anda tinggal di kawasan Solo Raya, bisa mengurus ke kantor BKSDA SKW I SURAKARTA dengan alamat sebagai berikut: Jl. Solo – Gawok, Krama, Waru, Kecamatan Baki, Kabuaten Sukoharjo, 57556. Telp. 0271.7892950. Kontak person BKSDA Ifan 0813.3943.9019 (aktif ada jam kerja), Kontak Person Panitia Agus Virus 0819.0808.1990

 

FORMULIR YANG PERLU DIISI

 

BEBERAPA BURUNG YANG DILINDUNGI (1) 

 

BEBERAPA BURUNG YANG DILINDUNGI (2)

 

KANTOR BKSDA SKW I SURAKARTA

 

BROSUR DAN JADWAL LOMBA TRIBUTE TO ALM. BAPAK JOKO BONITA, KLIK DI SINI

BROSUR DAN JADWAL LOMBA BGZ JAYA CUP WONOSOBO, KLIK DI SINI

BROSUR DAN JADWAL GALAMEDIA CU BANDUNG, KLIK DI SINI

BROSUR PIALA ANDHANG PANGRENAN, KLIK DI SINI

 

Jangan sampai ketinggalan sama yang lain. Segera dapatkan    TWISTER  di  kios-kios terdekat. Coba dan buktikan kualitasnya, dan berikan respon melalui hotline    08112663908.

 

 

KATA KUNCI: tribute to alm. bapak joko bonita cucak hijat tetap bisa dimainkan 2020 syarat pendaftaran cucak hijau agar bisa ikut lomba 2020 bksda

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp