5 BESAR MB RING SILVER PBI DI PIALA RAJA


SIDIK WIJAKSANA, AMZT BANDUNG

10 Cara Mudah Membedakan Kelamin Anis Merah

Anis merah meriah lagi, bahan pun mulai banyak dicari. Tak lama lagi setelah musim hujan tiba, pasokan bahan akan kembali mengisi pasar. Bagaimana memastikan bila bahan itu jantan?

Anis merah yang mau tarung memang yang jantan. Maka yang dicari oleh para pelomba adalah yang jenis kelamin jantan. Masalahnya, jantan dan betina anis merah sulit dibedakan secara fisik. Bentuk dan rupa bisa dikatakan sama.

 

ANIS MERAH BETINA

 

Secara bahasa akademik disebutnya monomorfik. Artinya, secara fisik rupa dan bentuk jantan dan betina nyaris serupa, sehingga sulit dibedakan. Secara ilmiah, cara untuk membedakan secara pasti bahkan hanya dengan tes DNA.

Wajar bila para penggemar burung yang masih pemula, akan kesulitan dalam memilih anis merah yang akan dijadikan gacoan untuk lomba. Padahal untuk membeli yang sudah mau bunyi, apalagi sudah mau teler, yang berarti itu jantan, harga sudah menjulang tinggi.

 

 

Namun banyak cara dilakukan agar para aniser pemula bisa mendapatkan jaminan jantan untuk dijadikan sebagai gacoan lomba. Ada yang membeli burung yang sudah dijamin, dengan tanda ada ring, yang oleh si penjual disebut sudah pasti jantan.

Nah, Anda mau tahu bagaimana mereka yang memanen anis merah bisa menandai dan memastikan itu jantan, hingga berani memberi tanda dengan ring sebagai garansi itu jantan?

 

Yang di desa, di kota. Yang ikut lomba atau sekadar didengar suaranya di rumah. Dari generasi ke generasi sudah memakai TOPSONG.

 

Nah, meski secara fisik tampak sama, anis merah jantan dan betina sebenarnya bisa dibedakan dari sifat dan karakternya.

Salah satu di antaranya, yaitu anis merah jantan lebih gacor dengan durasi yang lebih panjang. Kicauannya juga lebih bervariasi dengan volume yang lebih tinggi daripada betina. Secara umum, daya tahan anis merah jantan juga lebih kuat dan terlihat lebih lincah gerakannya.

Inilah mengapa para aniser mencari anis merah yang berjenis kelamin jantan untuk dijadikan gacoan dalam lomba.

 

SIDIK WIJAKSANA AMZT BANDUNG

 

Sidik Wijaksana, salah satu aniser asal Bandung yang tergabung dalam AMZT (Anis Merah Zoothera Citrina) Bandung membagikan tips agar bisa membedakan jenis kelamin anis merah berdasarkan ciri fisiknya, antara lain:

  1. Kepala
    Secara fisik bentuk kepala anis merah jantan terlihat lebih lonjong, sedangkan bentuk kepala anis merah betina bentuk kepala terlihat bulat atau bundar.
  1. Paruh
    Bentuk paruh anis merah jantan lebih runcing, lancip dan tebal, sedangkan untuk paruh anis merah betina lebih tipis dan tumpul.

 

Untung cepat tertangani, kalau terlambat tentu ceritanya bisa lain. Menyesal selalu terjadi setelah kejadian.

 

  1. Hidung
    Anis merah jantan mempunyai bentuk hidung yang lebih besar dan panjang, sedangkan untuk anis merah betina mempunyai bentuk hidung yang lebih kecil dan dekat ke bagian mata.
  1. Leher
    Perbedaan leher antara anis merah jantan dengan betina terlihat cukup jelas. Bentuk leher anis merah jantan lebih panjang daripada anis merah betina.

 

 

  1. Sayap
    Anis merah jantan terlihat rapat dan mengepit saat bertengger atau berdiri, sedangkan untuk anis merah betina sayapnya rapat pada bagian tubuh.
  1. Bulu
    Warna bulu pada anis merah jantan terlihat lebih tajam daripada anis merah betina. Anis merah betina dengan sayap berwarna abu-abu dan warna tubuh oranye yang lebih memudar daripada anis merah jantan. Anis merah betina kadang mempunyai corak kuning pada bagian sayapnya.

 

Sambut kehadiran TEAM PROMO TWISTER di event-event terpilih, termasuk Khofifah Cup Surabaya dan Balekambang Kumandang Surakarta, 24 November. Dapatkan sampelnya, coba dan buktikan kualitasnya, berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

  1. Tubuh
    Anis merah jantan bentuk tubuhnya cenderung memanjang dan ramping, sedangkan untuk anis merah betina mempunyai bentuk tubuh yang terlihat bulat dan pendek.
  1. Supit Urang
    Pada anis merah jantan jika diraba pada bagian supit urang, akan terasa rapat dan runcing. Untuk anis merah betina, supit urangnya terasa lembek dengan jarak yang renggang. Inilah perbedaan yang paling mendasar.

 

MAXIMUM. Pakan Jangkrik yang praktis, membuat jangkrik lebih sehat dengan kandungan nutrisi terstandar. Lihat video tutorialnya.

 

  1. Kaki
    Pada anis merah jantan jari kaki dan kaki cenderung lebih panjang dan kuat dari pada anis merah betina. Anis merah betina bentuk kaki sedikit pendek demikian juga jari jari kakinya, lebih pendek dan terlihat lebih lemah daripada anis merah jantan.
  1. Tes DNA
    Cara membedakan jenis kelamin anis merah jantan dan betina yang paling fix dan sekarang banyak dilakukan karena lebih mudah, cepat, akurat, dan relatif murah adalah dengan tes DNA atau Deoxyribo Nucleic Acid. Caranya, mengambil sampel dari bulu dan darah anis merah dengan tingkat keakuratan sebesar 99 persen.

 

KATA KUNCI: sidik wijaksana amzt bandung tips anis merah

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp