RX KING JUARA 1 LOVE BIRD FIGHTER B


SALMA BC JOMBANG: Kontroversi Tangkringan, LB Jablay dan RX King Berbagi Podium

Sama-sama mengumbar durasi istimewa, Jablay dan RX King sama-sama meretas podium teratas di gelaran Salma BC Jombang. RX King yang memakai tangkringan "tidak normal" sempat dikomplain peserta.

Kelas Love Bird Fighter di gelaran Salma BC di Tambakberas Gang 2 Jombang masih mendominasi jumlah peserta. Bahkan di gelaran kali ini, Kamis 14 Januari 2021, jumlah pesertanya melebihi kelas cucak hijau yang biasanya nyaris penuh.

 

 

JUARA KELAS LOVE BIRD FIGHTER A

 

Ada dua gaco yang mampu menarik perhatian pemain karena sama-sama mampu melontarkan kekean dengan sebutan istimewa. Di kelas Love Bird Fighter A, durasi istimewa dicatat Jablay yang dikawal Deril dari Khilaf Jr.

Selain melepas kekean istimewa, gaco ini juga menghujani juri dengan durasi super, panjang, dan lainnya. Poinnya pun melejit meninggalkan rival dan mantap menyandang juara I. Podium dua direbut Cika milik Gembib dari MKG Dopel yang juga bocor namun durasinya kalah panjang.

 

 

Kontroversi terjadi di kelas Love Bird Fighter B. Di sesi ini, ada RX King yang tidak hanya bocor, tapi juga sempat terpantau negekek sengan sebutan istimewa 1. Yang menjadi kontroversi adalah, Angga sang pemilik dari KLI LA memakai lima tangkringan buat RX King.

Dari pantauan Burungnews di lapangan, RX King memang tipe burung nge-ring. Meski sudah memakai banyak tangkringan, beberapa kali gaco ini ngekek sambil nge-ring di ruji sangkar. "Seharusnya burung itu didiskualifikasi karena memakai tangkringan tidak sewajarnya," komplain beberapa pemain kepada juri.

 

JUARA KELAS LOVE BIRD M2 A.

 

Namun, dengan pertimbangan masih di ranah latber, tim juri punya pendapat lain. RX King tetap diberi koncer A karena meraih poin tertinggi. "Mohon maaf mas, ini kan latber, latihan untuk menemukan setingan yang pas. Jadi selama masih di ranah latber, kita masih memaklumi," jawab Dicky, Korlap Salma BC.

"Tapi kalau sudah masuk ke Latpres apalagi even, tentu akan didiskualifikasi. Di Latpres Salma BC, batasan tangkringan maksimal hanya tiga. Dua di atas dan satu di bawah. Dan untuk kasus tadi, acuan kami selama gaco masih ngekek di atas tangkringan, tentu akan kita sebut. Sama halnya dengan love bird yang memakai sangkar dibalut mika, itu juga tips trik yang bisa mengundang kontroversi," tambah Dicky yang akhirnya dimaklumi para pemain.

 

BRODEN JUARA 1 KELAS KENARI

 

Gaco yang menjadi lawan berat RX King di kelas Love Bird Fighter B adalah Sakura yang jadi andalan H Ainur dari Randu Alas SF. Gaco ini sebenarnya memiliki durasi lebih panjang dari RX King maupun Jablay.

Namun, gaco ini juga punya kebiasaan suka ngekek sambil nge-ring. Di salah satu kesempatan, Sakura sempat mendapat sebutan super 1, namun terpakasa diputus, karena selanjutnya ngekek sambil nge-ring. Poin yang diretas Sakura juga tidak terpaut jauh dari RX King. Di podium tiga, ada ATM milik Dian dari Ngaren yang juga tampil dominan. Gaco ini stabil ngekek di sebutan lanjut dan panjang.

 

 

Di kelas Love Bird M2 A, Sekar milik Unyil dari Liliana SF terlihat bocor dan memenuhi rekap juri dengan sebutan maksimal. Sekar meraih poin tertinggi dan merebut juara I setelah meninggakan Cimol milik Cahaya dari Sayur Lijjo SF dan Cahaya milik Ferry dari Geneng SF. Larang milik Intan yang biasanya mendominasi podium puncak, kali ini hanya mampu mengisi line up empat.

Di kelas Kenari, Broden menurunkan Santos yang bermotif warna panda mampu menyita perhatian juri dengan lagu panjang, cengkok menawan, dan volume suara grade A. Gaco ini dibeli Broden dengan harga miring, tapi setelah juara I, banyak pemain yang memburu. Hargapun langsung melambung.

 

JUARA KELAS CUCAK HIJAU A

 

"Cari kenari materi bagus banyak kok, yang susah itu menemukan setingan yang pas saat digantang hingga bisa juara," celetuk Broden saat menolak lamaran seorang pemain sambil tertawa.

Di kelas Cucak Hijau yang digelar dua sesi, Bejo andalan Qoiri dari BWI Jombang nyaris mendominasi. Di kelas A, gaco yang tampil full jamtrok ini mampu bertenger di pdoium puncak. Sayang, kehebatannya bisa diredam Surya yang jadi andalan baru Harmoko Teguh dari Setro BF Jombang. Surya meraih juara I dan Bejo juara II.

 

JUARA KELAS CUCAK HIJAU B

 

Di kelas Murai Batu, Kartun dan Pantera mengadu tembakan suara cililin saat tampil di kelas A. Kartun andalan Lek Kampret dari SMR Team yang tampil stabil ditetapkan sebagai juara I, mengalahkan Pantera andalan H Wisnu dari Pandawa 05.

"Alhamdulillah Latber Salma BC kali ini berjalan mulus dan kondusif. Terimakasih atas dukungan dan partisipasi teman-teman semua. Dan bila ada saran atau masukan, mohon disampaikan langsung kepada saya untuk dijadikan wacana dan evaluasi di setiap gelaran Salma BC. Kami ada karena anda," kata Rikko BS, Ketua Salma BC. (RAFF)

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

VitaMix METABOLIS, atau lebih dikenal sebagai Metabolis Putih, cara baru, mudah, dan cespleng menggacorkan burung. Mudah didapat di kios-kios burung. Buktikan.

 

JUARA KELAS MURAI BATU A

 

JUARA KELAS CENDET A

 

Hari gini belum pakai TWISTER? Segera merapat di kios-kios / agen terdekat, bila belum ada mintalah untuk menyediakan, biar Anda dan para kicau mania lainnya lebih mudah mendapatkannya. Coba dan buktikan kualitasnya, dan berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

 

 

KATA KUNCI: salma bc jombang lb jablay rx king

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp