SAINS & LINGKUNGAN

JALAN-JALAN BARENG BURUNGNEWS : Monaco, Kota Mini yang Semua Penduduknya Milyarder

Rabu, 06 November 2019

Monaco hari ini, awal Nopember, mendung. Padahal, negara pantai ini harusnya panas. Karena sudah dekat garis subtropis. Banyak orang ke sini karena ingin mengejar sinar matahari. ...

JALAN-JALAN BARENG BURUNGNEWS : Penang, Kota Cantik Penuh Mural

Destinasi lain di Malaysia yang juga menarik untuk dikunjungi selain Malaka dan Kuala Lumpur adalah Penang. Negara bagian Malaysia paling barat berbatasan dengan Thailand selatan.


JALAN-JALAN BARENG BURUNGNEWS : Kuala Lumpur, Nikmati Wisata Kota dengan Bus Gratis

Dari Malaka, kota mungil yang eksotik, rombongan BurungNews bergerak menuju Kuala Lumpur. Dari hotel mana pun di Malaka tempat kita menginap, kita bisa menuju stasiun bus Central Malaka hanya dalam waktu sepuluh menitan saja. Bisa naik taksi, ...


JALAN-JALAN BARENG BURUNGNEWS: Malaka, Kota Mungil Nan Cantik

Salah satu kota kecil yang menarik dikunjungi bagi backpacker pemula adalah Melaka. Banyak bangunan tua bersejarah yang terawat sampai kini. Banyak juga mural di dinding bangunan, yang cantik dan kekinian.


PELEPASLIARAN BURUNG DI KLATEN: Dukuh Sekaran Proklamirkan Jadi Kampung Pelindung Burung, Ada Perfom Drama Anak-Anak

Kesadaran masyarakat untuk menjaga kelestarian alam, salah satunya burung, semakin meluas. Kali ini dari warga dukuh Sekaran, Desan Banaran, Kecamatan Delanggu, Klaten, yang sepakat untuk menjaga keberadaan burung di sekitar kampung mereka.


JALAN-JALAN BARENG BURUNGNEWS : Ikut Wisata Kanal, Keliling Amsterdam dalam Satu Jam

Sebagai kota pelabuhan tertua dan tersibuk dengan kunjungan tak kurang dari 13 juta per tahun, Amsterdam sebetulnya tak cukup kalau mau dijelajahi dalam satu dua hari. Kalau ada waktu lengang akan lebih memuaskan jika kita berdiam di kota ini ...


JALAN-JALAN BARENG BURUNGNEWS : Makanan Halal Bertebaran di Amsterdam

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk mencari makanan halal saat kita traveling ke Eropa. Apalagi jika tujuannya ke Belanda. Apalagi jika berada di kota Amsterdam, kota teramai dan pusat turisme Belanda. Restoran halal bertebaran di mana-mana.


JALAN-JALAN BERSAMA BURUNG NEWS : Di Amsterdam, Bahasa Inggris Nyaris Tak Berguna

Salah satu yang ditakutkan orang ketika pengen jalan-jalan ke luar negeri adalah soal bahasa. Nanti kalau nggak bisa bahasa Inggris gimana? Apa nggak akan tersesat dan terlantar? Begitu kira-kira pertanyaan yang muncul. Bikin ciut nyali.


JALAN-JALAN BERSAMA BURUNGNEWS : Mekrok Tiga Bulan, Tulips Jadi Andalan

Jika Paris dikenal sebagai kota yang Romantis, Italia sebagai kota Mode, semua dengan kesan yang positif, tidak demikian dengan Belanda. Orang justru lebih teringat dengan konteks yang negatif. Benarkah demikian?


JALAN-JALAN BERSAMA BURUNGNEWS : Den Haag, Serasa Masih di Indonesia Saja!

Selain menyusuri kota Amsterdam yang menjadi destinasi utama para wisatawan seluruh dunia, kita juga sebenarnya bisa plesiran sendiri ke ibukota negara Belanda: Den Haag.


JALAN-JALAN BERSAMA BURUNGNEWS : Belanda, Negeri Kincir Angin yang Bersahaja

Dunia burung adalah dunia hobi. Traveling juga dunia hobi. Bisa jadi, sebagian orang mempunyai hobi keduanya. Lomba burung dan jalan-jalan.



GARA-GARA ADA BURUNG BERTELUR: Lapangan Bola Ditutup Sebulan Lebih

Warga yang biasa memanfaatkan lapangan sepak bola di New Jersey, Amerika Serikat, harus rela mengalah dan mencari lapangan lain karena ada seekor burung dilindungi numpang bertelur di dekat gawang. Tidak bisa sembarangan memindahkan.


PERESMIAN KAMPUNG RAMAH BURUNG PERTAMA DI KEBUMEN: Kang Ebod Lepasliarkan 55 ekor Kacer dan Perkutut

Desa Sidogede Kecamatan Prembun, menjadi desa RAMAH BURUNG pertama di Kabupaten Kebumen, setelah menerbitkan Perdes No. 1 Tahun 2019 tentang Lingkungan Hidup. Peresmian ditandai dengan pelepasliaran 50 ekor kacer dan 5 ekor perkutut.


LOVE BIRD BEAUTY – RED LOVE BIRD: Hasil Mutasi, Modifikasi, Pengaruh Makanan, atau Penyakit?

Masih ingat dengan popularitas love bird yang sekujur tubuhnya atau sebagian berwarna merah? Beberapa tahun, warna ini dianggap unik dan banyak dicari. Harganya pun mahal. Kini mulai rame dan dicari lagi, mau tahu cara ternaknya?


TASYAKURAN DAN SARASEHAN AP2BK KLATEN: Burung di Alam Perlu Dilindungi, Kreativitas Bisa Meningkatkan Nilai Jual Burung Hasil Ternak

Asosiasi Penangkar dan Penghobi Burung Klaten (AP2BK) menggelar Tasyakuran dan Sarasehan atas terbitnya Permen 92 sebagai revisi atau pengganti Permen 20, yang mengeluarkan jalak suren, murai batu, dan cucak rawa dari daftar dilindungi.


DESA RAMAH BURUNG JATIMULYO, KULONPROGO: Pegiatnya Dulu Pemburu, Sekarang di Garis Depan Menjaga Alam

Anda yang berwisata di pegunungan Menoreh, melalui jalan lebar dan mulus di sekitar gua Kiskendo, Sungai Mudal, Kedung Pedut, dan sekitarnya, akan menjumpai banyak papan nama bertuliskan “Desa Ramah Burung”, atau “Kawasan Pelestarian Burung”.


AKTIVIS FLIGHT / YTI MEMPROTES MURAI BATU, CUCAK RAWA, & JALAK SUREN DIKELUARKAN DARI DAFTAR DILINDUNGI: Ini Penjelasan KLHK, Serta Tanggapan Wakil Penangkar dan Organisasi Penghobi

Senin 10 September, halaman depan KLHK di Manggala Wanabakti didatangi puluhan orang yang membawa spanduk dan poster. Mereka menuntut agar KLHK membatalkan rencana mengeluarkan murai batu, jalak suren, dan cucak rawa dari daftar dilindungi.


Dr. MADE SRI PRANA TENTANG PERMEN 2018: Penangkar & Penghobi Makin Resah dan Susah, Mungkin Hanya Oknum Pejabat/Petugas Tertentu yang Diuntungkan

Meski sudah tidak menjabat sebagai Ketua PBI lagi, nama Dr. Made Sri Prana sering dikait-kaitkan dengan keluarnya Permen 20/2018. Selain karena sikap resmi PBI yang menyatakan mendukung (meski dengan revisi), Made kebetulan pernah bekerja di LIPI.


SUGIYARTO KLATEN: Kalau Tak Ada Peternak, Jalak Suren Tinggal Nama Saja

Elemen peternak jalak paling mendominasi peserta aksi 148 di Klaten. Jumlahnya memang banyak, dan mereka secara langsung sudah merasakan dampak Permen 20/2018. Wajar bila saat ini mereka siap berteriak paling keras untuk menyuarakan penolakan.


AKSI DAMAI 148 SRAGEN : Kicaumania Tolak Permen 20/2018 dan Galang Bantuan Bagi Korban Gempa Bumi Lombok

Selain menyampaikan aspirasinya menolak Permen LHK No. 20/2018, massa Aksi Damai 148 di Sragen juga melakukan aksi menggalang bantuan untuk korban bencana gempa di Lombok.


AKSI DAMAI 148 BANDUNG: Kicaumania Tolak Permen 20/2018, BBKSDA Jabar Jamin Tak Akan Ada Razia

Ratusan kicaumania dari Bandung dan sekitarnya, melakukan Aksi Damai 148 yang menuntut dicabutnya Permen LHK No. 20/2018, di halaman depan gedung Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat, Jl. Gedebage Bandung, Selasa, 14 Agustus 2018.


MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp