PBI CABANG KAB. BLITAR LEPASLIARKAN BURUNG ENDEMIK

PELEPASLIARAN BURUNG PBI CAB. KAB. BLITAR

Pelestarian Sekarang Juga + VIDIO

Salah satu rangkaian even Proklamator Cup bersama PBI Cabang Kabupaten Blitar adalah pelepasliaran burung. Kegiatan ini telah terlaksana pada Kamis 2 juni 2022 di embung Gogoniti, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar. Ada pun untuk lomba burung digelar Minggu 5 Juni di RTH Kanigoro.

Kegiatan ini sengaja dibarengkan dengan kegiatan Hari Bumi Sedunia, Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia, dan hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diadakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kab. Blitar.

 

Apapun problem "bunyi" pada burung Anda, dari mulai MACET sampai hanya mau tampil angot-angotan, berikan MONCER-1, tunggu beberapa hari, langsung JOSS.

 

Kadis Lingkungan Hidup Kab. Blitar mengucapkan terimakasih atas bantuan PBI Blitar, berupa burung yang akan dilepasliarkan. “Ucapan terimakasih juga kami sampaikan pada pegiat lingkungan yang lain atas komitmennya, atas sumbangsihnya, atas baktinya terhadap negeri. Kalau mau dihargai itu sangat tinggi nilainya, perjuangannya, bagaimana lingkungan di Blitar ini menjadi lebih baik dari waktu ke waktu,” kata Achmad Cholik Kadis LH.

D. Ainu Rofiq, ST, MSi, ketua PBI Cab. Kab. Blitar sekaligus Ketua Panitia Proklamator Cup megatakan, bila PBI mendapat kehormatan untuk acara yang diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar. “Kita akan melepaskan burung-burung endemik, karena dirasakan semakin hari semakin berkurang populasinya.”

 

PBI CAB. KAB. BLITAR BERSAMA PANITIA DAN PESERTA HARI BUMI SEDUNIA

 

Jenis burung yang dilepaskan termasuk jenis pemakan atau predator hama. Sirpo pemakan lalat, kolibri membantu penyerbukan, akan banyak manfaatnya buat lingkungan kita, khususnya di daerah Gogoniti. Burung jenis ini terus berkurang populasinya karena banyak diburu masyarakat.

“Di Gogoniti sudah ada Perdes Perlindungan Satwa, Insya Allah dijaga dan aman,  kita dari PBI Cabang Blitar ikut membina di daerah Gogoniti ini,” terang Satya Nova Trilaksana, ST., alias Sinyo Speed, Ketua Pelaksana Proklamator Cup.

 

KETUA PBI CAB. KAB. BLITAR (KIRI), MEMPERSILAHKAN BUPATI BLITAR UNTUK MELEPASLIARKAN BURUNG

 

Selain itu PBI Cab. Kab. Blitar juga melepaskan burung-burung endemik besar seperti jalak suren dan kacer. “Yang endemic besar tidak kita lepas di sini (embung Gogoniti, red.) melainkan di habitatnya di hutan pinus Gogoniti,” imbuh Sinyo.  

Para penangkar binaan PBI Blitar juga ikut serta dalam rangkaian kegiatan ini. LKM BF milik Mr. Lukman dari Kesamben, Mr. Huda dari Sanankulon pemilik  Mojo BF, dan Mr. Candra Wijaya pemilik Bintang 87 BF dari Kesamben. Mr. Candra juga menjadi pendamping Desa Kemirigede, Tapakrejo, Tepas, dan Jugo.  

 

 

Mr. Candra, salah satu penangkar juga pegiat lingkungan di Gogoniti menyampaikan rasa bangga bisa ikut melestarikan burung. “Para penangkar tetap semangat untuk melestarikan burung-burung lokal, supaya ekosistem tetap terjaga, biar anak cucu kita bisa menikmati kicauan-kicauan burung-burung lokal Indonesia,” ungkapnya.

Keiatan ini juga diikuti lansung Bupati Blitar, Rini Syarifah. Beliau ikut serta melepasliarkan burung-burung sumbangan dari PBI. “Kita lepas burung mantenan, mudah-mudahan lestari. Bismillah hirohman nirrohiim,” ucapnya.

 

RINI SYARIFAH (BUPATI BLITAR), SIAP MELEPASLIARKAN BURUNG MANTENAN

 

Salain itu, Bupati juga melakukan penanaman pohon atau reboisasi secara simbolis. Dalam kesempatan ini, Rini menekankan pentingnya menjaga kelestarian hayati. “Kelangsungan ekosistem sungai, melestarikan satwa, dan tanaman endemik lokal, tanaman eksotis, dan tanaman langka, sebagai edukasi bagi generasi mendatang,” katanya.

Bupati Rini mengaku optimis, dengan dukungan dari berbagai elemen, Kabupaten Blitar dapat melakukan inovasi demi menuju masa depan yang lebih berkelanjutan, ketahanan iklim pulih, alam bersemi, ekonomi terjaga, bisa maju bersama-sama.

 

SEMOGA LESTARI

 

Dalam kesempatan ini, Mr. Babyt selaku pengurus PBI Blitar memberi uraian singkat tentang pelepasliaran burung yang dibarengan dengan kegiatan Dinas LH Kab. Blitar ini, termasuk ada penanaman pohon atau reboisasi.  

“Kacer dan jalak suren dilepaskan di hutan pinus Gogoniti, habitat aslinya. Di embung Gogoniti kita lepaskan burung lokal endemik yang membantu penyerbukan, seperti kolibri, pleci, burung-burung pemakan serangga, pemakan hama,” kata Mr. Babyt.

Apa yang dilakukan, imbuh Babyt, bukan hanya asal-asalan, asal burung, asal lepas. “Yang kita lepaskan itu sesuai habitat, kemudian bisa berguna dan bermanfaat untuk ekosistem dan lingkungan sekitarnya. Itu yang bisa saya gambarkan secara singkat tentang kegiatan ini.” [ferry]

BROSUR DAN JADWAL PROKLAMATOR CUP, KLIK DI SINI

 

TWISTER GOLD, salah satu pakan burung yang disebut paling cocok untuk murai batu, hwamey, anis merah, kacer oleh para kicaumania yang sudah mencoba dan kemudian terus memakainya, termasuk untuk jenis burung pemakan serangga lainnya. Tersedia juga TWISTER SEAWEED, ANTI STRES, MASTER, serta TWISTER TROTOLAN untuk meloloh pemakan serangga dan TWISTER BUBUR untuk meloloh pemakan bijian.

 

PBI CAB. KAB. BLITAR PENGGIAT LINGKUNGAN

 

PBI CAB. KAB. BLITAR IKUTI SEREMONIAL HARI BUMI SEDUNIA

 

 

VIEW GOGONITI EMBUNG

 

KETUA PBI CAB. KAB. BLITAR (KIRI), SINYO SPEED DAN CANDRA BINTANG 87 BF

 

BARU... TOPSONG PREMIUM, mengandung enzim alami serangga, burung lebih gacor, daya tahan lebih tinggi. Tersedia TOPSONG PREMIUM ANIS MERAHMURAI BATUHWAMEY (PREMIUM GOLD), LARK / BRANJANGANMINI PELETBEO.

Segera dapatkan di kios langganan Anda, buktikan perbedaannya.

 

REBOISASI SECARA SIMBOLIS OLEH BUPAI BLITAR

 

PARA PERAIH PENGHARGAAN UNTUK PENGGIAT LINGKUNGAN

 

 

 

BERITA LAINNYA

KATA KUNCI: pelepasliaran burung pbi cab. kab. blitar

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp