PBI CABANG KAB. BLITAR LEPASLIARKAN BURUNG ENDEMIK

PELEPASLIARAN BURUNG PBI CAB. KAB. BLITAR

Pelestarian Sekarang Juga + VIDIO

Salah satu rangkaian even Proklamator Cup bersama PBI Cabang Kabupaten Blitar adalah pelepasliaran burung. Kegiatan ini telah terlaksana pada Kamis 2 juni 2022 di embung Gogoniti, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar. Ada pun untuk lomba burung digelar Minggu 5 Juni di RTH Kanigoro.

Kegiatan ini sengaja dibarengkan dengan kegiatan Hari Bumi Sedunia, Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia, dan hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diadakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kab. Blitar.

 

Apapun problem "bunyi" pada burung Anda, dari mulai MACET sampai hanya mau tampil angot-angotan, berikan MONCER-1, tunggu beberapa hari, langsung JOSS.

 

Kadis Lingkungan Hidup Kab. Blitar mengucapkan terimakasih atas bantuan PBI Blitar, berupa burung yang akan dilepasliarkan. “Ucapan terimakasih juga kami sampaikan pada pegiat lingkungan yang lain atas komitmennya, atas sumbangsihnya, atas baktinya terhadap negeri. Kalau mau dihargai itu sangat tinggi nilainya, perjuangannya, bagaimana lingkungan di Blitar ini menjadi lebih baik dari waktu ke waktu,” kata Achmad Cholik Kadis LH.

D. Ainu Rofiq, ST, MSi, ketua PBI Cab. Kab. Blitar sekaligus Ketua Panitia Proklamator Cup megatakan, bila PBI mendapat kehormatan untuk acara yang diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar. “Kita akan melepaskan burung-burung endemik, karena dirasakan semakin hari semakin berkurang populasinya.”

 

PBI CAB. KAB. BLITAR BERSAMA PANITIA DAN PESERTA HARI BUMI SEDUNIA

 

Jenis burung yang dilepaskan termasuk jenis pemakan atau predator hama. Sirpo pemakan lalat, kolibri membantu penyerbukan, akan banyak manfaatnya buat lingkungan kita, khususnya di daerah Gogoniti. Burung jenis ini terus berkurang populasinya karena banyak diburu masyarakat.

“Di Gogoniti sudah ada Perdes Perlindungan Satwa, Insya Allah dijaga dan aman,  kita dari PBI Cabang Blitar ikut membina di daerah Gogoniti ini,” terang Satya Nova Trilaksana, ST., alias Sinyo Speed, Ketua Pelaksana Proklamator Cup.

 

KETUA PBI CAB. KAB. BLITAR (KIRI), MEMPERSILAHKAN BUPATI BLITAR UNTUK MELEPASLIARKAN BURUNG

 

Selain itu PBI Cab. Kab. Blitar juga melepaskan burung-burung endemik besar seperti jalak suren dan kacer. “Yang endemic besar tidak kita lepas di sini (embung Gogoniti, red.) melainkan di habitatnya di hutan pinus Gogoniti,” imbuh Sinyo.  

Para penangkar binaan PBI Blitar juga ikut serta dalam rangkaian kegiatan ini. LKM BF milik Mr. Lukman dari Kesamben, Mr. Huda dari Sanankulon pemilik  Mojo BF, dan Mr. Candra Wijaya pemilik Bintang 87 BF dari Kesamben. Mr. Candra juga menjadi pendamping Desa Kemirigede, Tapakrejo, Tepas, dan Jugo.  

 

BERITA LAINNYA

KATA KUNCI: pelepasliaran burung pbi cab. kab. blitar

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp