MR. D. AINU ROFIQ (KIRI) DAN SATYA NOVA T ALIAS SINYO SPEED

PROKLAMATOR CUP, BLITAR

Lomba 5 Juni, Pelepasliaran 31 Mei

Agenda pelepasliaran burung ke alam liar, semula akan diadakan 4 Juni 2022 atau H-1 sebelum lomba, dimajukan menjadi 31 Mei. Dibarengkan dengan Hari Bumi dan Cinta Puspa. Lomba tetap diadakan 5 Juni 2022 di RTH Kanigoro

Gegap gempitanya Proklamator Cup yang akan digelar oleh PBI Cab. Kab. Blitar pada 5 Juni 2022 di RTH (Ruang Terbuka Hijau Kanigoro) terus bergaung. Selain pameran dan lomba seni suara burung berkicau tingkat nasional, juga ada agenda yang tak kalah penting, yaitu pelepasliaran burung.

 

 

 

Awalnya, agenda pelepasliaran akan dilaksanakan sehari sebelumnya, atau hari Sabtu 4 Juni 2022 di area konservasi wisata hutan pinus Gogoniti, Kecamatan Kesamben Blitar. Kegiatan pelepasliaran dimajukan pada Selasa, 31 Mei 2022. 

Hal ini disampaikan oleh Mr. D. Ainu Rofiq, ST., Msi., selaku Ketua Panitia. “Untuk pelepasliaran, jadwal dimajukan. PBI Cab. Kab. Blitar mendapatkan undangan dari Dinas Lingkungan Hidup untuk pelaksanaan Hari Bumi dan Cinta Puspa, yang direncanakan hari Selasa 31 Mei 2022. Rangkaian kegiatan yang semula tanggal 4 Juni, dijadikan satu dengan kegiatan Hari Bumi  tanggal 31 Mei,” jelasnya.

 

ADU PRESTASI BURUNG HASIL TANGKARAN TIKET FREE BERHADIAH

 

Pada pelaksanaan Hari Bumi, akan diadakan serangkaian kegiatan penanaman pohon dan pelepasliaran burung. Semua elemen terkait akan hadir, seperti komunitas pecinta lingkungan, sekolah adiwiyata, dan lainnyaya.

Ainu Rofiq menandaskan kalau PBI Cabang Blitar diundang khusus oleh DLH. “Nanti PBI juga punya acara di situ juga, pelepasliaran burung. Jenis burung dilepaskan, jalak suren, ciblek, prenjak, decu, kacer, dan lainnya kira-kira ada 30 jenislah yang akan kita lepas. Tiap jenis yang dilepaskan, minimal ya sepasang, itu minimal. Kalau yang dilepas misal hanya jantan saja kan ya kasihan,” terangnya.  

 

RTH KANIGORO MULAI DIBUKA UNTUK UMUM

 

Lombanya sendiri akan tetap sesuai jadwal, 5 Juni. “Biasanya di PBI itu hari H -1 ada kewajiban untuk insitunya atau habitatnya, harus dilestarikan juga. Wujudnya, melepasliarkan burung. Khusus untuk event ini, waktu pelepasliaran kita geser maju.”

Tiket lomba dilaporkan sudah banyak yang menipis. Bagi rekan-rekan kicau mania silakan segera membeli tiket sebelum keburu habis. Di event ini ada sesuatu yang luar biasa, memfasilitasi penangkar lokal Blitar untuk bersaing memperlihatkan burung tangkarannya.

 

TWISTER GOLD, salah satu pakan burung yang disebut paling cocok untuk murai batu, hwamey, anis merah, kacer oleh para kicaumania yang sudah mencoba dan kemudian terus memakainya, termasuk untuk jenis burung pemakan serangga lainnya. Tersedia juga TWISTER SEAWEED, ANTI STRES, MASTER, serta TWISTER TROTOLAN untuk meloloh pemakan serangga dan TWISTER BUBUR untuk meloloh pemakan bijian.

 

Perlu digarisbawahi, burung tangkarannya. daa kelas free alias gratis untuk penangkar binaan PBI Cab. Kabupaten Blitar yang memakai ring silver PBI. Meki grati,s hadiah tetap istimewa, berupa tropi mewah ditambah uang pembinaan. Ada juga tambahan doorprise burung murai trotol 2 ekor, memakai ring silver PBI.

Ditambahkan pula oleh Ketua Pelaksana Mr. Satya Nova Trilaksana, ST., atau yang lebih akrab disapa Sinyo Speed, bila 4 Juni itu sebenar agenda PBI untuk melepasliarkan. “Berhubung kegiatan pemerintah daerah itu ada pelepasliaran di hari Bumi, kita dari PBI Cabang Kabupaten Blitar diminta untuk melepasliarkan berbarengan di tanggal 31 Mei 2022.”

 

RTH KANIGORO COCOK UNTUK LOMBA, SUASANA NYAMAN

 

Hutan pinus Gogoniti, tambah Sinyo Speed, selama ini juga suah menjadi lahan insitu PBI untuk melepasliarkan. “Di sini sudah ada Perdesnya untuk melindungi burung-burung liar agar tidak diganggu dan diburu,” jelasnya.

Dengan majunya jadwal menjadi 31 Mei, Sinyo Speed memperkirakan yang akan melaksanakan cukup dari pengurus PBI Cab. Blitar saja, bersama BKSDA Resort Karesidenan Kediri, yang akan dihadiri oleh Bupati, Propimda, Burung Indonesia. Menurut Sinyo, ada rencana ketua umum PBI dan Pengda Jatim juga akan hadir.  

 

SUASANA RTH KANIGORO, ASRI

 

Terkait lomba dan tiketing, Sinyo Speed mengatakan ketersediaan lomba tiket utama sudah menipis, demikian juga untuk tiket-tiket kelas yang lainnya. “Silakan teman sahabat sedulur yang akan hadir ke Blitar, bisa segera memesan tiketnya sekarang. Menunda nanti apalagi besuk, boleh jadi sudah habis.”  

Sinyo juga kembali menggarisbawahi soal adanya kelas khusus ring untuk penangkar binaan PBI Blitar yang digratiskan, namun tetap menyediakan hadiah uang pembinaan trop. “Terus sementara ini kita sediakan 2 trotol murai dengan ring silver PBI juga, boleh jadi akan bertambah lagi doorprisenya, kita tunggu saja kabarnya.”

 

Apapun problem "bunyi" pada burung Anda, dari mulai MACET sampai hanya mau tampil angot-angotan, berikan MONCER-1, tunggu beberapa hari, langsung JOSS.

 

Tambahan bonus juga akan diberikan di kelas Anis Merah, support dari owner Blitar Park. Banyak sekali support untuk event ini, baik dari Pemda seperti untuk  lokasi. Ruang Terbuka Hijau (RTH) ini baru saja dibuka, setelah ditutup lantaran adanya pandemi covid-19. 

“Bila semua ikut meramaikan, otomastis multi efeknya nanti di IKM (Industri Kecil Menengah) yang ada di Kabupaten Blitar. IKM ikut berkembang, besuk ada produk IKM Blitar yang dipasarkan di lokasi lomba,” terang Sinyo.  

Satu lagi kabar gembira, PBI Cab. Kab. Blitar rencana akan dibangunkan gantangan permanen beserta sekretariatannya di RTH ini, anggaran tahun depan. “Ke depannya kita tidak tahu pengurusnya nanti ganti siapa, yang penting kita sudah memberi pijakan dan yang terpenting kita sudah ikut mengenalkan wisata yang ada di Blitar,” pungkasnya. [ferry]

BROSUR DAN JADWAL PROKLAMATOR CUP, KLIK DI SINI

 

 

KATA KUNCI: proklamator cup blitar

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp