BANYAK KICAUMANIA INGIN BERFOTO BARENG BAMSOET

PIALA KETUA MPR RI

Bamsoet Ungkap Spesies Burung Indonesia yang Terancam Punah Terbesar di Dunia

Salah satu hal menarik yang diungkap Bamsoet ketika memberikan sambutan di Piala Ketua MPR RI, menyebutkan bila Indonesia memiliki ribuan spesies burung. Sayang, jumlah spesies yang terancam punah ternyata juga terbesar di dunia!

Dalam beberapa kesempatan perjumpaan dengan kicaumania, Ketua MPR RI Bamsoet selalu mengingatkan pentingnya empat pilar MPR RI atau kebangsaan. Terakhir, di gelaran Piala Ketua MPR RI pada 28 Agustus yang berlangsung di Lapangan Jantung Sehat, Komplek MPR/DPR/DPD RI.

Event yang benar-benar sangat meriah, tak hanya dihadiri para kicaumania dari seluruh penjuru tanah air, juga dari kalangan selebritis seperti selebritis pecinta burung Irfan Hakim hingga Gubernur DKI Anies Baswedan dan pimpinan lembaga lainnya.

 

SAMBUTAN BAMSOET. SOSIALISASI 4 PILAR MPR, EDUKASI PENTINGNYA PENANGKARAN KARENA BANYAK SPESIES TERANCAM PUNAH

 

Bamsoet menilai, kegiatan Lomba dan Pameran Burung Berkicau ini sebagai manifestasi nyata dari visi MPR sebagai rumah kebangsaan, rumah segenap anak bangsa dan seluruh elemen masyarakat, termasuk komunitas pecinta burung.

"Kegiatan lomba burung berkicau yang digelar untuk kedua kalinya. Acara ini dapat menjadi wadah penyaluran hobi yang telah lama menjadi bagian dari budaya masyarakat Indonesia sejak tahun 1970-an," kata Bamsoet.

Sebagaimana pada gelaran lomba burung lainnya, acara kali ini juga melibatkan peran serta banyak usaha mikro kecil menengah (UMKM), sehingga berdampak nyata dan langsung pada perekonomian rakyat.

 

Apapun problem "bunyi" pada burung Anda, dari mulai MACET sampai hanya mau tampil angot-angotan, berikan MONCER-1, tunggu beberapa hari, langsung JOSS.

 

"Belum lagi dari aspek edukasi kepada masyarakat, untuk lebih mencintai satwa khususnya burung, hingga terlibat aktif dalam kegiatan penangkaran atau pelestarian lingkungan secaa umum," kata Bamsoet.

Bamsoet menjelaskan, kegiatan penangkaran burung sangat penting. Meski Indonesia dikenal memiliki keanekaragaman hayati yang kaya dengan ribuan spesies burung, namun banyak spesies burung di antaranya terancam punah.

Tidak main-main, jumlah yang tercancam punah itu terbanyak di dunia. "Sekitar 177 spesies atau 12 persen dari keseluruhan burung terancam punah di dunia," ujarnya.

 

BAMSOET TINJAU STAND UMKM TERKAIT HOBI BURUNG

 

Kegiatan lomba burung berkicau kali ini di mata Bamsoet terasa lebih istimewa. Kicaumania yang mengikuti lomba ini sangat besar, dengan total 1.600 peserta. Mereka berasal dari komunitas pecinta burung berbagai wilayah, yakni Sumatera, Jakarta, Jabar, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.

"Kedua, karena lomba pada hari ini diselenggarakan sekaligus bersamaan dengan sosialisasi Empat Pilar MPR RI," ucapnya.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar itu kemudian menjelaskan bahwa Empat Pilar MPR RI yang dimaksud ialah Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Ia menilai agar nilai-nilai Pancasila terus relevan dalam segala situasi, maka Pancasila haruslah membumi, senantiasa hadir dalam ruang realita dan tidak menjadi konsep yang berada di 'awang-awang' belaka.

"Pancasila tidak boleh diucapkan tanpa pemaknaan yang tulus, hanya agar 'terlihat' nasionalis, empatis, dan populis di hadapan publik. Nilai-nilai Pancasila tidak boleh hanya diekspresikan sebatas klaim kehebatan dalam ritual pernyataan dan pidato, atau diajarkan sebatas hafalan sejumlah butir moralitas semata," terang Bamsoet.

 

 

Bamsoet, yang juga Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia itu menambahkan bahwa membumikan Pancasila harus dapat dimanifestasikan dan diimplementasikan melalui jalan keteladanan, khususnya oleh para pemimpin bangsa, para pemangku maupun penyelenggara pemerintahan.

"Setiap anak bangsa harus memahami bahwa ketika membicarakan Pancasila dengan sesanti Bhinneka Tunggal Ika, maka yang akan segera terbayang adalah kebesaran, keluasan, dan kemajemukan bangsa Indonesia, dalam satu bingkai keindonesiaan," tuturnya.

 

SUASANA LOMBA PIALA KETUA MPR RI. MERIAH DAN MENGHIBUR

 

Ia menegaskan bahwa kekayaanlah yang menyatukan Indonesia sebagai negara yang memiliki 17.504 pulau, 1.340 suku bangsa, dan 733 bahasa daerah yang berbeda, dengan adat istiadat serta agama maupun keyakinan yang berbeda-beda pula.

"Bukan perbedaan yang memisahkan," tandas Bamsoet.

Sementara, Ketua Paguyuban Kicaumania Indonesia, Wisnu Muhammad Daya mengatakan, gelaran ini juga menjadi ajang Kopdar Silaturahim Kicaumania se-Nusantara. Memang, pesertanya datang dari berbagai daerah baik Jawa dan luar Jawa.

 

 

"Event ini Insya'Allah akan digelar setahun sekali. Kalau bisa digelar lebih meriah lagi agar memberikan lebih banyak dampak ekonomi kepada masyarakat," kata Wisnu. Seperti lomba rutin tahunan lainnya, event ini juga sempat tertunda karena pandemi yang meluas.

Banyak pihak yang mendukung gelaran ini, dengan sasaran yang lebih segmented kepada para kicaumania. Seperti yang dilakukan oleh BRI Danareksa Sekuritas (BRIDS), dengan memanfaatkan untuk sialisasi program investasi. Dalam hal ini BRIDS memperkenalkan dunia trading saham terhadap para penghobi.

"BRIDS sengaja menyasar ke kalangan penghobi agar memahami dunia pasar modal. Sebab di kalangan penghobi ini terbilang masyarakat yang memahami akan pentingnya investasi yang aman," kata Asisten Vice Presiden BRIDS, Ferdi Ahmad Hanafi. [maltimbus, terimakasih Giri Prakosa]

 

BARU... TOPSONG PREMIUM, mengandung enzim alami serangga, burung lebih gacor, daya tahan lebih tinggi. Tersedia TOPSONG PREMIUM ANIS MERAHMURAI BATUHWAMEY (PREMIUM GOLD), LARK / BRANJANGANMINI PELETBEO.

Segera dapatkan di kios langganan Anda, buktikan perbedaannya.

KATA KUNCI: piala ketua mpr ri bamsoet empat pila kebangsaan empat pila mpr ri spesies burung indonesia spesies burung indonesia yang terancam punah terbesar di dunia

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp