KANG EBOD APRESIASI TEROBOSAN APBN


PIALA GUNUNG JATI II CIREBON, #5

Terobosan Baru APBN, Luncurkan KTA Elektronik, Sertifikat Breeding, dan Apps kukiloLINK

Asosiasi Penangkar Burung Nusantara (APBN) sebagai salah satu partner pemerintah dalam menjaga kelestarian alam dan mencegah perburuan burung, semakin bersungguh-sungguh dalam mewadahi penangkar burung endemik Indonesia. Piala Gunung Jati II, juga menjadi ajang untuk meluncurkan Kartu Tanda Anggota (KTA), sertifikat breeding, dan kukiloLINK, disaksikan langsung Kaisar Ebod.

Apa yang dilakukan APBN di sela-sela gelaran bergengsi Piala Gunung Jati II pada Minggu 18 Agustus 2019, bisa dikatakan menjadi sejarah bagi kemajuan penangkar Indonesia. Kaisar Ebod selaku inisiator APBN pun mengapresiasi terobosan yang dilakukan oleh Koordinator Pusat APBN Ridho Pulungan, Dody Naga, dan rekan-rekan. Selain KTA, juga merilis kukiloLINK dan sertifikat penangkar.

Lahirnya APBN, dilatarbelakangi oleh adanya gejolak saat terbit Permen LHK nomor 20/2018. Secara resmi, terbentuknya ditandai dengan Deklarasi APBN Wilayah Bandung Raya di Valore Hotel Cimahi, 25 Agustus 2018 yang lalu. Perkembangan yang signifikan hingga tahun 2019 ini, sudah terbentuk 45 korwil (koordinasi wilayah) APBN yang tersebar di penjuru tanah air.

 

APBN KONSISTEN MENJAGA BURUNG ENDEMIK INDONESIA

 

Apa itu kukiloLINK?

kukiloLINK merupakan produk teknologi/aplikasi database penangkar yang dikeluarkan APBN, untuk kenyamanan dan keamanan anggota APBN. Aplikasi kukiloLINK bisa diunduh melalui Google Play.

Apa itu KTA APBN?

Kartu Tanda Anggota (KTA) APBN berupa kartu elektronik yang dapat digunakan untuk pembayaran elektronik seperti e-tol dan pembelian di supermarket. KTA APBN sendiri sudah terintregrasi dengan salah satu bank nasional (BNI).

 

Kenari bermasalah dengan kesehatan? Jangan kawatir, kini ada obat khusus yang diformulasikan untuk burung kecil seperti kenari, SUPER-N Kenari. Sudah banyak yang membuktikannya. Dapatkan di kios terdekat, atau hubungi nomor pada baner di bawah ini.

 

Bagaimana cara menjadi anggota APBN?

  • Wajib memiliki penangkaran burung endemik Indonesia yang sudah produksi, minimal 1 pasang.
  • Menghubungi korwil terdekat untuk mengisi formulir disertai fotokopi KTP dan 1 foto sangkar penangkaran.
  • Memesan ring di korwil terdekat.
  • Segera download aplikasi kukiloLINK agar mendapatkan nomor anggota nasional.
  • Ajukan nomor anggota ke korwil guna mendapatkan KTA dan sertifikat resmi dari APBN.
    Catat, nomor handphone yang didaftarkan di korwil dan aplikasi kukiloLINK harus nomor yang sama.

 

JAJARAN APBN LUNCURKAN KTA APBN ELEKTRONIK

 

Penangkar burung endemik Indonesia diharapkan menjadi bagian dari terobosan APBN ini. Salah satu tujuan dibentuknya APBN ini adalah memfasilitasi para peternak burung kicauan endemik lokal untuk menunjukkan eksistensinya di dunia perburungan dan menjadi bagian dari relawan penyelamat kelangsungan hidup burung endemik Indonesia.

Piala Gunung Jati II dan koordinator pusat APBN juga memfasilitasi penangkar dengan menggelar lomba kebugaran fisik murai batu body contest dan lomba trektek. Antusias peserta semakin ramai dan sekaligus menjadi ajang kopdar antar korwil APBN.

 

 

Pada lomba murai batu body contest kelas Ebod Breeding, Tiger Jr. Ring 012 milik Kuntoro Kuhn BF Pemalang (019.00002119) keluar sebagai yang terbaik. Tiger Jr. juga berhasil meraih juara 3 pada lomba Trektek. Adapun Yudistira Jr. milik Solihin, SAP Liehin BJR BF Desa Banjar Anyar Pemalang (019.00000.550) berhasil meraih juara 2 kelas APBN murai batu body contest.

“Bersyukur dapat berpartisipasi dan mudah-mudahan lewat ajang ini semakin memacu kami dalam mencetak anakan-anakan yang berkualitas. Saya juga berharap bagi penangkar lainnya bisa bergabung dengan keluarga besar APBN, tentu dengan tujuan demi kelangsungan hidup burung endemik Indonesia seperti murai batu, kacer, pleci, branjangan, dan lain-lainnya,” ucap Solihin dari korwil Pemalang. [Anton Kendor]

 

JUARA PIALA GUNUNG JATI II LAP A,  KLIK DI SINI

JUARA PIALA GUNUNG JATI II LAP B,  KLIK DI SINI

 

APLIKASI kukiloLINK BISA DIUNDUH DI GOOGLE PLAY

 

 

AJANG KOPDAR KELUARGA APBN. MAKIN SOLID DAN HARMONIS

 

KORWIL PEMALANG. TIGER JR & YUDISTIRA JR EKSIS

 

SUASANA LOMBA BODY KONTES & TREKTEK PIYIK MURAI BATU

KATA KUNCI: piala gunung jati 2 apbn kukilolink kta apbn

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp