INDUKAN BAHOROK. TERUS PRODUKSI, PALING DICARI MURAI MANIA

PGJ BINTANG BARAT BF CILEGON

Anakan Bahorok Laris Manis

 

 

H. Nikmat memang belum lama main murai batu. Baru sekitar empat tahunan, setelah sebelumnya fokus di kacer. Namun, sekarang sudah sukses mengembangkan breeding dari gaco handal murai batu.

Sewaktu masih main kacer, sejumlah jago handal lahir dari tangan dingin kicaumania asal Cilegon ini. Sebut saja Paku Banten, salah satu orbitannya sebelum menjadi milik H. Hendy Carton.

Awal mula turun di kelas murai batu, sekitar empat tahun lalu, prestasinya hanya sebatas lomba lokalan atau lomba besar di wilayah Banten saja. Seiring dengan waktu, H. Nikmat pun terus belajar, hingga akhirnya mendapatkan jago yang lebih handal untuk turun di level yang lebih atas.

 

H. NIKMAT (KEDUA DARI KIRI). DI DEPAN KANDANG BAHOROK

 

Hanya menjadi pelomba saja, membuat H. Nikmat merasa kurang mantap. Dengan memanfaatkan lahan yang ada, H. Nikmat mengembangkan gaco-gaco handalnya di kandang-kandang ternak alias breeding hingga kesuksesan pun menghampirinya. Nama untuk breeder-nya adalah PGJ Bintang Barat BF.

Menggunakan materi (eks juara), anakannya pun dibanderol sama rata. Tidak ada yang dibeda-bedakan, yaitu 2,5 juta rupiah per ekor. Produksinya pun laris manis hingga pembelinya harus rela inden. Apalagi untuk anakan Bahorok, yang dengan harga di atas terhitung murah meriah.

Indukan Bahorok baru berada di kandang H. Nikmat sekitar 3,5 bulan. Saat ini sudah produksi dan menghasilkan anakan yang berkualitas. Ketika sudah netes, anakan langsung diborong oleh para penggemar murai batu di wilayah Cilegon dan Sekitarnya.

 

ANAKAN BAHOROK. SIAP PANEN, SUDAH FULL BOOKING

 

Banyak kolega-koleganya yang tidak kebagian waktu produksi pertamanya, kini mereka harus rela antri menunggu produksi berikutnya. Bisa dimaklumi, mengingat banderol yang ditawarkan memang masuk paket pahe, hanya 2,5 – 3 juta rupiah saja.

“Sementara saya menjualnya rata dengan yang lainnya. Biar ketahuan dulu kualitas anakannya di lapangan. Kalau sudah ketahuan mungkin ada perbedaan menjual anakan Bahorok dengan burung eks jawara,” terang H. Nikmat kepada burungnews.com di kandangnya.

PGJ Bintang Barat memang spesialis breeding murai batu trah yang menggunakan indukan mantan juara, dipasangkan dengan indukan unggulan lainnya. Indukan Bahorok juga mantan juara di arena lomba. Semua indukan benar-benar diseleksi dulu, tidak asal comot.

Karena pejantan menggunakan materi burung lapangan, dalam memilih pasangan betina pun harus mengimbangi dengan memiliki kualitas volume, tembakan yang kenceng, durasi panjang, dan speed rapet.

Hal inilah yang dibutuhkan kicaumania saat ini di lapangan. Persaingan semakin ketat mengingat banyak peternak-peternak baru yang bermunculan saat ini.

 

USIA 2 BULAN. SUDAH MAKAN SENDIRI, SIAP DIAMBIL PEMESAN

 

PGJ Bintang Barat BF sendiri akan menjaga kualitas anakan yang baik hingga disukai oleh banyak kalangan mania ocehan. Selain jawara yang masuk kandang ternak, H. Nikmat juga masih memiliki beberapa jagoan yang sampai saat ini jadi mainan ke lapangan. Bintang Barat dan Obama merupakan gacoan gandalnya yang kerap meraih prestasi di wilayah Banten.

Konsep kandang pun dibuat seperti pada habitat aslinya. Di depan kandang serta di dalam kandang diberi tanaman-tanaman penghijauan hingga ketika melihatnya pun sedap dipandang mata. Banyak sekali rekan-rekannya dari kalangan kicumania Cilegon, Serang, dan Rangkas Bitung, yang datang sekadar ngobrol serta melihat kandang ternaknya merasakan suasana cukup sejuk dan indah, hingga tidak pernah bosan untuk memandangnya. 

Peternak jaman sekarang, jenis apa pun, memang tidak sesulit jaman dahulu. Sekarang lebih mudah untuk belajar. Buku panduan mudah didapatkan, belajar langsung ke peternak yang sudah sukses juga tinggal pilih karena banyak pilihan.

 

ANAKAN YANG SUDAH DEWASA. SIAP DIUJI KE LAPANGAN

 

Demikian pula dengan pakan dan vitamin pendukung, banyak tersedia di pasaran. Salah satunya Topsong for Breeding, berupa pelet / voer dengan butiran yang sangat halus dengan kandungan nutrisi lengkap baik untuk kebutuhan indukan maupun anakan.

Voer curah yang banyak tersedia di pasaran memang memiliki kandungan nutrisi yang cukup, misalnya protein untuk pertumbuhan. Namun masih mengandung butiran jagung yang masih keras, kristal, dan cenderung tajam sehingga kurang aman khususnya untuk diberikan pada piyik.

Para peternak sebaiknya juga memberikan asinan baik untuk indukan maupun anakan. Dengan asinan, produktivitas bisa ditingkatkan, daya tetas dan kualitas telur menjadi lebih baik. Bagi anakan, asupan asinan bisa menghindarkan dari kemungkinan cacat seperti kaki pengkor. Anda bisa memanfaatkan Top Grit for breeding, asinan halus yang dilengkapi aneka vitamin, cocok dan disukai baik untuk indukan, anakan, bahkan juga buat burung lomba.

Vitamin juga banyak pilihan di pasaran. Salah satu yang dilaporkan oleh banyak breeder memberikan hasil baik adalah Teluro. Untuk indukan yang birahinya kurang, sebelumnya bisa diberikan dahulu Moncer1. Pemberian efektif misalnya dengan cara disuntikkan ke jangkrik.

 

ASINAN HALUS, COCOK & DISUKAI INDUKAN, ANAKAN, & BURUNG LOMBA. HOTLINE TOPSONG & TOPGRIT FOR BREEDING 0813.2941.0510

KATA KUNCI: pgj bintang barat bf cilegon h nikmat bahorok

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp