DAFFAA DAN LB MAS BOY, SUDAH MAHIR DENGAN BERAGAM KETANGKASAN

MUMPUNG LIBUR PANJANG

Yuk Melatih Ketangkasan Love Bird + Vidio

Mengasyiikkan dan menggemaskan. Burung yang satu ini tak hanya jinak atau nurut, juga mau diperintah untuk melakukan bergam permainan. Mulai memindahkan barang dari satu titik ke titik lainya, main “bola basket”, jungkir balik, dan banyak lainnya.

Selama ini sebagian besar love bird mania hanya melatih bagaimana supaya mau bunyi rajin dan panjang, selain volume mesti memadai tentu saja. Sebagian lainnya main postur atau kecantikan.

Padahal, love bird juga bisa dilatih supaya jinak dan mau menjalankan beragam permainan, atau sering disebut sebagai trick. Ada juga komunitas ini, meski lebih terbatas dan mungkin belum banyak diketahui oleh para pemain ngekek dan postur.

 

 

Sebagai obat, terbukti efektif. Sudah sering mampu mengatasi kondisi kritis, apalagi cuma sakit "biasa". Di saat perubahan musim dari kemarau menuju penghujan seperti sekarang, juga sangat baik untuk mencegah dan menjaga agar burung tetap sehat dan selalu dalam kondisi fit, siap tempur. Bisa diberikan secara rutin 2-3 hari sekali sesuai kebutuhan. LEMAN'S, satu-satunya obat burung dengan formula + vitamin.

Lemans bisa dibeli lewat bukalapak, tokopedia, atau hubungi 08113010789, 0822.4260.5493, 0857.3383.888 (Jatim Tapalkuda), 0813.2880.0432 (Jogja dan sekitar), 0815.4846.9464 (Solo Raya dan sekitar), 0813.2799.2345 (Banyumas dan sekitar)

 

 

Menariknya, melatih love bird jadi pintar dan tangkas, tak perlu yang mahal, juga tak perlu memilih jantan atau betina. Anda bisa memilih love bird “sayur” yang harganya paling murah. Hanya butuh ketelatenan, ajeg atau konsisten, dan rasa kasih sayang.

Itulah salah satu kelebihan kalau kita pengin melatih love bird buat trick, dibanding jenis burung yang lain yang harganya relatif lebih tinggi. Untuk saat ini, kita mudah mendapatkan bahannya dengan harga yang relatif terjangkau.

Sebelumnya, burungnews pernah menayangkan berita burung love bird yang jinak, bisa diajak untuk bermain di tempat terbuka, tetapi aslinya lebih buat lomba ngekek, hingga bisa dibuat lomba dengan sangkar tanpa jeruji.

BACA: Sebelumnya Diobral Tidak Ada yang Mau, Setelah Mau Bunyi di Tangan dan Sangkar Tanpa Jeruji, Jadi Viral

Kini, burungnews ingin menayangkan love bird yang pintar dan tangkas, bisa disuruh memindahkan barang dari satu titik ke titik yang lain, main “bola basket” hingga disuruh jungkir balik, muter, dan ketangkasan yang lain. Tentu, dilengkapi dengan vidio penampilannya.

 

LB MAS BOY, BISA DIAJAK MAIN BOLA BASKET

 

Burungnews pun melirik apa yang sudah dilakukan oleh Daffaa, salah satu pegiat di Jogja Freefly. Ia sudah berhasil melatih seekor love bird yang diberinya nama Mas Boy sehingga bisa melakukan banyak kemahiran.

“Selain bisa buat main free fly atau terbang bebas, juga bisa diajari untuk bermain, atau trick. Untuk saya pribadi, love bird Mas Boy hanya saya ajari main trick, tidak buat free fly,” jelasnya.

Karena kesibukan Daffaa, juga situasi yang masih masa pembatasan karena pandemi Corona, kami melakukan komunikasi melalui jejaring whatsapp. Vidio dan foto pun dikirimkan ke kami, plus penjelasan rincian cara melatih dan informasi lainnya.

 

WASPADA dengan produk yang logonya MIRIP, dibaca/dilafalkan dengan cara yang SAMA, tetapi BUKAN produk yang dikeluarkan TOPSONG. Lihat selengkapnya DI SINI.

 

Bila ingin melatih love bird (atau jenis burung lainnya) supaya jinak dan bisa diajari beragam ketangkasan, alangkah baiknya bila kita merawatnya dari umur baby.

“Akan lebih mudah karena dari kecil sudah terbiasa dengan keberadaan manusia. Bisa juga dari yang sudah besar, bila kesulitan mendapatkan burung yang usia baby atau umur masih muda, tapi ada efek samping untuk love bird yang sudah besar karena penyesuaian akan lebih lama,” ujar Daffa membuka penejelasan.

Jadi akan sangat ideal kalau kita merawat sejak masih diloloh, ketika kondisi burung masih bulu jarum. Menurut Daffaa, pada kondisi bulu jarum, imun yang diberikan dari induknya sudah terbentuk.

“Untuk yang tidak dari lolohan tidak ada batasan umur, tapi paling rekomendasi di atas umur 1 tahun.”

 

 

 

POLA DASAR LATIHAN

Pola makan yang diberikan untuk lolohan seperti biasa. Apabila sudah memasuki fase latihan, pola makan diberikan bersamaan dengan latihan.

Berbeda dengan love bird yang sudah dewasa, awal pengambilan dilakukan dengan penjinakan dulu.  Pola makan yang diberikan selama pelatihan, harus dibiasakan makan di tangan atau kata lain handfeed.

“Lakukan setiap hari selama +- 30 menit. Setelah terbiasa dengan handfeed, lakukan langkah berikutnya dengan mengenalkan alat-alat yang akan digunakan untuk trick,” imbuhnya.

Untuk fase pelatihan awal, wajib dilakukan oleh 1 orang yang sama. Apabila sudah lancar atau bisa dikatakan ‘ngancing trick’, fase latihan berikutnya bisa dilakukan oleh orang lain.

Untuk yang sudah terbiasa melatih seperti Daffaa, perlu waktu melatih sekitar satu pekan buat melatih burung yang diberi nama Mas Boy itu. Itu khusus latihan dengan alat, seperti memindahkan barang, main “bola basket”, dan semacamnya.  

 “Yang lama itu untuk trick tanpa alat, seperti dead trick, posisi lilin. Dalam vidio, ditunjukkan saat love bird membalikkan badan, jungkir balik, atau memutar di jari tangan.”

Dalam memerintahkan love bird untuk melakukan kemahiran tertentu, dilakukan dengan memberikan kode, bukan dengan memanggil nama. Karenanya, terserah saja bagi si pemilik apakah si burung mau dikasih nama atau tidak.

 

 

 

TRAH TIDAK PENGARUH

Untuk melatih love brid trick (juga jenis burung lainnya), tidak harus keturunan dari love bird yang sudah mahir trick. “Bisa keturunan love bird suara atau warna, tidak perlu yang trah mahal intinya. Ini hanya soal membiasakan dengan kegiatan sehari-hari saja,” tandas Daffaa.

Nah asyik kan. Tinggal datang ke peternak, pilih anakan dari indukan yang biasa-biasa saja, atau yang paling murah, beli yang masih usia loloh atau bulu jarum. Buat kita yang masih pemula, merawat dari usia loloh sepertinya akan lebih mudah.

Ini cocok buat mengisi waktu libur seperti saat ini. Kalau masih punya putra-putri kecil, bisa sekalian mengajak mereka bersama-sama, bila perlu beli lebih dari satu anakan, sehingga bisa “dikonteskan”, rawatan siapa yang nanti akan jadi love bird paling tangkas.

 

 

 

BISA DIPINDAH TANGANKAN

Love bird yang sudah jadi atau mahir trick, ternyata juga bisa dipindah tangankan dan masih akan tetap memiliki ketangkasan yang sudah diajarkan sebelumnya.

Tentu ada beberapa syarat. Hal ini lumrah, karena bahkan untuk love bird suara dan postur pun, bila mau pindah tangan juga perlu sejumlah penyesuaian awal.

Menurut Daffaa, bila akan dipindah tangankan, pemilik baru mesti melakukan penyesuaian dengan love bird tersebut minimal handfeed selama 1 hari. “Ini hanya syarat umum, karena karakter burung juga menentukan, faktanya bisa lebih cepat, bisa lebih lama.”

Intinya, calon pemilik baru tetap harus konsultasi soal pola perawatan lainnya, seperti pola makan dan kebiasaan lain yang dilakukan sebelumnya.

 

VIDIO KEMAHIRAN / KETANGKASAN MAS BOY MILIK DAFFAA:

 

Berapa harga love bird yang sudah mahir. Menuruf Daffa, beragam terganung jumlah kemahiran yang dimiliki. “Umumnya, kalau sudah punya 10 trick, dihargai mulai 1,5 juta sudah termasuk alat. Tapi itu juga tergantung pemiliknya, juga sejauh mana keingnan atau minat si calon pembeli. Kalau punya keunggulan lain seperti warna yang cantik, terus si calon pembeli terlihat kemlecer atau ngebet sekali, ya bisa lebih mahal lagi.”

Ohya, pernah juga sebuah vidio menyebutkan love bird dengan ketangkasan sebatas “jinak”, seperti bisa ditaruh di pundak, lengan, ujung meja, ujung monitor laptop, kasur, bantal, terus kalau disapa merespon dengan bunyi “cit”, konon ditawar 250 juta oleh salah satu lawyer terkenal di jakarta.

 

 

Kesimpulannya, kalau Anda punya love bird yang sudah mahir trick, tidak ada patokan atau standar harga yang baku, sebagaimana juga berlaku pada hobi secara umum. Anda bisa pasang harga yang mahal, apalagi bila didukung oleh kondisi burung yang sehat, warna bulu menawan dan cantik, secara umum burung punya tingkah yang lucu dan menggemaskan.

Apalagi bila beragam ketangkasan yang dimiliki itu unik, burung lain jarang yang bisa seperti itu. Terlebih kalau calon pembeli telanjur “jatuh cinta” pada burung milik Anda.

Buat yang ingin kenal lebih dekat dengan Daffa, bisa menghubungi di 857-2000-4903 (WA)  [maltimbus]

 

Hari ini belum pakai TWISTER? Segera merapat di kios-kios / agen terdekat, bila belum ada mintalah untuk menyediakan, biar Anda dan para kicau mania lainnya lebih mudah mendapatkannya. Coba dan buktikan kualitasnya, dan berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

KATA KUNCI: love bird trick melatih ketangkasan burung daffaa jogja love bird jinak tanpa jeruji bunyi di tangan

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp