RIFQI BERSAMA DIESEL MENUNJUKKAN PRESTASI KUATRIK DI ROAD TO ANNIVERSARY METRO BC.

MB Diesel Meraih Hatrik dan Kuatrik Berkat Tangan Dingin Perawat Cilik Berusia 12 Tahun

Diesel meraih kuatrik di even Rod to Anniversary Metro BC (09/08) berkat tangan dingin M Rifqi Ali Yusuf yang masih duduk di bangku SD. Ternyata ini lho rawatan harian Diesel yang mulai kembali tampil stabil di jalur juara?

Nama Diesel kembali bersinar dan kerap meraih prestasi apik, dalam satu bulan ini, puluhan piala juara 1, 2, dan 3 berhasil disabetnya. Penampilan mewah Diesel milik Agung MHD dari Mahadewa SF Sumenep ternyata digarap oleh perawat cilik bernama M Rifqi Ali Yusuf mulai dari rawatan harian sampai nyeting di lapangan.

 

 

RIFQI BERSAMA KRU MAHADEWA SAAT MERAIH KUATRIK JUARA PERTAMA.

 

M Rifqi Ali Yusuf merupakan anak dari Yusuf yang sudah diperkenalkan dunia perburungan sejak lahir. “Saat istri saya hamil hingga saat ini, Rifqi selalu saya ajak ke gantangan. Tapi khusus hari libur sekolah saja, kalau hari biasa selalu ikut pas jeda sekolah,” ujarnya kepada burungnews.

Karena kerap ikut ayahnya turun lomba, lama-kelamaan muncul jiwa fighternya untuk merawat burung. Bahkan sang ayah, pernah membelikannya burung mulai kacer, love bird, hingga cucak hijau untuk dirawat sendiri olehnya. “Terakhir, sekitar satu tahun yang lalu, Rifqi beli burung sendiri dari hasil tabungannya dan burung tersebut kerap meraih juara pada latber dan latpres,” tambah Yusuf.

 

DIESEL DIPERSIAPKAN UNTUK TURUN PADA EVEN SKALA NASIONAL SEPERTI PIALA RAJA.

 

Sejak mendapat mandat dari Agung Mahadewa, Akhirnya beberapa gaco milik Yusuf dan Rifqi akhirnya diungsikan ke rumah saudaranya. “Sejak dipercaya memegang beberapa gaco andalan Mahadewa mulai dari murai batu Pitersen, dan Diesel serta cucak hijau Selendang Emas. Dan saya harus konsen karena mendapat amanat,” ujar Yusuf.

Melihat ayahnya sibuk merawat banyak amunisi dari Mahadewa, Rifqi mencoba menawarkan diri untuk ikut merawat salah satunya. Akhirnya Yusuf menyodoran Diesel untuk dirawat Rifqi, mulai dari memberi pakan harian, memasukkan dalam tenggaran hingga penjemuran. “Diesel burung enak mas, tidak susah untuk merawatnya, setiap hari selesai lomba hidupnya di kandang tenggaran sampai hari Kamis atau Jumat pagi. Jadi Rifqi bisa dengan mudah untuk merawatnya,” jelas Yusuf yang juga kerap membawa Addul Adzim adik Rifqi saat turun lomba.

 

Yang di desa, di kota. Yang ikut lomba atau sekadar didengar suaranya di rumah. Dari generasi ke generasi sudah memakai TOPSONG.

 

Rifqi yang duduk dibangku sekolah dasar kelas 6, tidak terlalu susah mendapatkan panduan dari sang ayah dalam merawat Diesel. Setiap hari, Diesel yang hidup ditenggaran diberi asupan jangkrik 3 ekor pada pagi dan sore hari. “Sebelum berangkat sekolah, saya selalu menyempatkan diri untuk melihat kondisi Diesel dan memberinya pakan serta mengganti air minum. 3 ekor jangkrik wajib saya berikan pada pagi sebelum berangkat sekolah dan sore saat datang sekolah,” beber Rifqi.

Siswa kelas 6 MI Tarbiyatus Shibyan Surabaya, juga mengurus pakan cucak hijau Selendang Mas setelah selesai merawat Diesel. Bahkan, Rifqi juga mempunyai mainan lain yaitu burung dara. “Ada beberapa burung dara andhokan punya ayah yang saya rawat serta saya latih setiap harinya,” tambanya.

 

PENJEMURAN DAN PENGEMBUNAN DILAKUKAN SENDIRI RIFQI SEBELUM LOMBA.

 

“Sejak pandemi, saya kerap memegang Diesel serta ikut ayah menggantang untuk sekedar mencari setingan yang pas pada latberan. Saat dilapangan saya juga dipercaya ayah untuk menyiapkan Diesel dan tugas ayah hanya menggantang burung karena saya belum bisa menggantangkan,” kekehnya.

Sejak dipercaya ayahnya merawat Diesel, Rifqi merasa gembira karena burung ekor panjang yang mempunyai gaya sujud serta mengeluarkan tembakan dengan jeda rapat kerap meraih juara. “Untuk bisa mencari setingan yang pas, sesekali saya turunkan dalam latberan. Beberapa minggu terakhir setingan sudah mulai ketemu, untuk hari H saya memberinya 3 ekor jangkrik dan 3 ekor ulat hongkong sebelum turun lomba, lalu saya kerodong full, begitu seterusnya,” terang Rifqi.

 

MEMASUKKAN DAN MENGGELUARKAN DIESEL DARI TENGGARAN.

 

Sebelum turun di Road to Anniversary Metro BC di gantangan Puspa Agro yang meraih kuatrik juara pertama, Diesel juga meraih hatrik juara pertama di gantangan lain. Bahkan pernah satu hari turun pada 2 gantangan hasilnya selalu menjadi jawara pertama,” bangga Rifqi.

Rifqi mempunyai harapan, Diesel bisa bersinar tidak hanya pada even regional di Jawa Timur saja tapi bisa berprestasi pada even skala Nasional. “Saya pengen membawa Diesel meraih juara di Piala Raja atau di Khofifah Cup. Bila mampu juara, saya akan sangat senang sekali dan itu adalah prestasi yang diinginkan semua kicaumania,” tutupnya kepada burungnews.

 

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

 

PEMBERIAN PAKAN MENJADI RUTINITAS WAJIB HARIAN RIFQI SEBELUM DAN SESUDAH SEKOLAH

 

RIFQI JUGA MEMPUNYAI HOBI LAIN MEMELIHARA BURUNG DARA ANDHOKAN.

 

 

KATA KUNCI: rifqi bocah sf mahadewa sf diesel metro bc surabaya

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp