M SILAEN DI DEPAN KANDANG, & PIYIKAN YANG DIBANDROL 250 JUTA


MANGATAS SILAEN, DRM BF SIANTAR

Piyik Love Bird Dibandrol 250 Juta, Baca Tipsnya di Sini

Setelah sebelumnya menolak tawaran 300 juta untuk anakan PF-nya, DRM BF Siantar akhirnya memposting anakan yang masih bulu jarum. Bandrolnya pun menggiurkan, 250 juta! DRM BF juga berbagi tips mencetak anakan berkualitas, termasuk varian PF.

Jumat, 21 Desember 2018, akhirnya DRM BF Siantar “buka harga”. Bila sebelumnya hanya “show” salah satu hasil ternakannya, kali ini juga menyebutkan nominal rupiah. Artinya, kalau ada di antara Anda yang berminat, akan dijual. “Karena saya main bukan kaleng-kaleng, harga saya mahal. Bio PB/PF dan Bio Blue/PF, unsex, 2 ekor, 250 juta.”

Penasaran bagaimana bisa kreatif dan mencetak anakan berkualitas sehingga berani membuat bandrol yang istimewa? Pemilik nama asli Mangatas Silaen itu menyebutkan, syarat utama yang harus dimiliki peternak bila ingin mendapatkan hasil berkualitas, adalah ada rasa suka kemudian diikuti dengan jiwa kesabaran.

 

INILAH INDUKAN (KIRI) DARI SI BIRU CANTIK PF YANG SEMPAT DITAWAR 300 JUTA

 

Mangatas Silaen yang tinggal di kota Pemantang Siantar, Sumatera Utara, itu mengaku sudah tiga tahun terakhir ini menjadi peternak love bird, khususnya varian warna atau beatuy. “Saya memulainya sebagai hobi, karena sangat suka melihat warna love bird, lalu mengumpulkan burung-burung yang bagus,” ujar pengusaha alat berat dan kayu ini.

Kenapa kesabaran itu sangat perlu, menurut Silaen karena nantinya akan banyak tantangan dan kesulitan yang akan kita temui. Jadi, tidak boleh gampang menyerah. “Apalagi semua proses itu memang perlu waktu, tidak bisa instan.”

Kalau mau breeding, serius, dan ingin dapat anakan berkualitas, sejak dari indukannya juga mesti memilih yang punya kualitas. Tidak boleh asal. “Perlu digaris bawahi, kualitas itu tidak berarti harus beli yang harganya mahal. Kualitas juga tidak menunjuk pada jenis tertentu. Anda boleh memilih varian yang mungkin sudah tidak terlalu trend, tetapi kualitasnya bagus. Dari situ, Anda bisa kembangkan untuk menghasilkan anakan dengan mutasi yang bagus dan bisa jadi tren ke depannya.”

 

SNOT, adalah penyakit mata yang lazim menyerang love bird. Bisa menimbulkan kematian bila tidak cepat tertangani dengan baik. Sekarang tidak perlu kuatir, ada paduan LEMAN'S  dan SNOTGO, yang sudah terbukti ampuh menyembuhkan SNOT.

 

Bagaimana bisa mendapatkan burung kualitas, tetapi tidak mahal? “Tiap kita punya cara dan kreativitas sendiri-sendiri. Bagaimana tahu dan mengukur kualitas, ya harus mau belajar. Kita juga harus mau bergaul. Kita misalnya suka datang ke kontes, tidak sekadar nonton tetapi juga mau berkenalan dengan orang-orang di situ, lalu kita bisa bertanya banyak hal. Dari situlah ada pertemanan, persahabatan, lahirlah yang namanya jaringan. Sekarang proses itu jadi lebih mudah karena sudah ada media sosial yang bisa membantu kita dalam mengembangkan jaringan, bisa jadi  tempat bertanya, berguru, hingga menawarkan barang atau berjualan. Tetapi persahabatan dan jaringan yang bagus, tidak semata kenal di media sosial saja, sekaligus juga kenal secara langsung, pernah ketemu, sering berinteraksi, dan seterusnya.”

Dengan memanfaatkan jaringan itulah kita bisa mengenali dan membandingkan hasil breeding kita dengan yang lain, tanpa harus hadir ke kontes. Kalau ada yang bagus, kita bisa berguru dari mana asal-usulnya. Kalau tertarik, bisa mencoba meminang. Sebaliknya, kita bisa tunjukkan hasil anakan kita, misal buat ditanya apa variannya, apakah itu termasuk kategori bagus, cukup, atau mungkin baru jadi burung “sayur”.

 

INDUKAN IMPOR, BIO PF EW BETINA X BLUE BIO PF

 

Setelah cukup paham untuk membedakan burung biasa dan berkualitas, saatnya mulai memilih materi indukan yang baik. Mangatas Silaen juga tidak mau tanggung-tanggung dalam memilih indukan, karena benar-benar sangat mengedepankan kualitas.

“Dengan kualitas yang bagus, kita punya bargaining yang kuat, misalnya dalam memasang bandrol. Misal ada yang tanya, kok mahal, ya ada rupa ada harga. Karena kita punya pengetahuan dan keyakinan, burung milik kita memang unik, langka, sekaligus juga punya kualitas di atas rata-rata, apalagi juga termasuk jenis yang lagi ngetren. Kalau ada yang tertarik dan berani di harga silakan. Masih mau mikir-mikir, mau banding-banding dengan yang lain, juga silakan. Yang benar-benar serius dan paham, pada akhirnya juga akan kembali. Kenapa, karena punya kita memang tidak akan sama dengan punya yang lain.”

Tetapi, semua itu tidak datang begitu saja. Semua yang sudah diraih oleh DRM BF Siantar itu, juga sudah melalui perjuangan yang panjang. “Seperti saya katakan di atas, awalnya pasti ada proses belajar dulu. Kemudian mulai datang tantangan dan kesulitan setelah mulai jadi breeder beneran. Kalau baru belajar teori, sepertinya akan mudah-mudah saja, tapi begitu praktek akan banyak problem yang sering kali tidak sesuai dengan yang dipelajari secara teori. Tiap individu burung butuh pendekatan berbeda, kadang perlu perlakukan yang beda juga. Hal itu akan kita temukan ilmunya setelah berpraktek secara langsung.”

 

INDUKAN BIO PF BLUE X BIO PB EW VIO

 

Bila kita melihat anakan yang pekan lalu viral karena ditawar 300 juta oleh Yuli Exotic Solo, menurut Silaen itu adalah dari hasil silangan split x split. “Split pertama adalah dari silangan indukan import di silangkan dengan indukan yang sudah ada. Untuk mendapatkan split dari anakan sendiri itu, kan perlu waktu juga.”

Foto burung yang viral setelah diposting dan ditawar Yuli di atas, memang tidak untuk dijual. Silaen mengyiapkannya sebagai materi indukan baru. “Masih akan saya kembangkan lagi. Makanya kepada Yuli, kalau mau sabar saya tawari anakan pertamanya besuk.”

Silaen juga mengingatkan bagi yang pengin beli indukan split. “Tentu kita semua paham, split itu urusan kepercayaan, karena secara fisik kita tidak bisa membedakannya. Hanya si peternak yang tahu apakah indukannya benar-benar ada unsur jenis yang kita inginkan. Mungkin ada klaim itu split dari PB, Bio, atau PF. Mau beli split, harus yang benar-benar rekomended, dan kita bisa minta semcam jaminan bila itu adalah hasil ternak sendiri, bukan dari membeli lagi. Kalau paling yakin, ya cetak sendiri splitnya.”

 

INDUKAN KOLEKSI DRM BF LAINNYA

 

Menurut Silaen, anakan yang diposting pada 21 Desember, memang sudah merupakan bagian dari hasil pengembangan. “Utak-atiknya sudah cukup lama, sudah ketemu indukan yang mapan dan bisa menghasilkan anakan bagus, makanya itu kita berani menawarkan untuk melepas atau menjualnya. Kenapa bandrolnya  mungkin dianggap mahal, karena yang kita tawarkan benar-benar burung beatuy yang punya kualitas tinggi, bukan kaleng-kaleng seperti yang saya tulis dalam postingan itu.”

Bagi Anda yang pengin diskusi lebih lanjut dan dalam dengan pemilik DRM BF Siantar itu, bisa kontak ke 081265125538 (WA), 0812.8080.438, 0812.8080.439.

KATA KUNCI: drm bf siantar mangatas silaen yuli sriyanto yuli exotic pale fallow love bird beauty

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp