KOMO. SUKSES KAWAL CH SALEHO


KAMPUNG ULU CUP I MAGELANG, 3: CH Saleho, 14 Tahun Lomba Belum Juga Melempem, Ini Resepnya

Salah satu jago yang meraih prestasi menonjol di Kampung  Ulu Cup 1 Magelang adalah cucak hijau Saleho, meraih juara 1 dan 2. Saleho burung yang sudah tidak muda lagi, ikut lomba saja sudah lebih dari 13 tahun, tapi masih tetap bertaji. Simak resep lengkapnya.

Wajah Komo tampak sumringah, mengetahui sebagian besar koncer A menancap di bawah burung yang ia gantang. “Ini Saleho,” jawabnya sambil tersenyum lebar saat ditanya itu burung yang mana.

 

 

CUCAK HIJAU SALEHO KONCER A

 

Pertanyaan burung yang mana ini wajarditujukan untuk Komo, mengingat ia sering membawa burung-burung cucak hijau yang beda-beda. Sementara Saleho, sejak pertama kali dilombakan memang hampir selalu didampingi Komo, kecuali sedang benar-benar herhalangan.

Pada partai berikutnya di kelas utama tiket 500 ribu, Saleho kembali meraih koncer, meskipun kalah poin sehingga harus puas menjadi juara ke-2. “Tadi sempat ada nyisirnya, coba kalau tidak, saya yakin bisa koncer mutlak,” tandas Komo lagi.

Panji Wiguna, salah satu youtuber yang cukup populer di kalangan kicaumania pun berkomentar. “Saleho memang bagus sekali itu burung kalau pas kerja.”

 

CUCAK HIJAU SALEHO

 

Kelas berikutnya, Saleho tidak diikutkan. “Sudah sore, kalau hari sudah mau gelap, biasanya tidak mau kerja. Sudah cukuplah ini, apalagi selama pandemi ini, setahunan, tidak pernah turun lomba. Ini perdana.”

Burung milik Topan dari Boyolali ini disebut sudah berumur sekitar 16 tahun. “Ikut lomba pertama kali di Boyolali Cup pertama tahun 2007,” terang Komo, yang dipercaya om Topan sejak dulu sampai sekarang.

 

TWISTER GOLD, salah satu pakan burung yang disebut paling cocok untuk murai batu, anis merah, kacer, hwamey oleh para kicaumania yang sudah mencoba dan kemudian terus memakainya termasuk untuk jenis burung pemakan serangga lainnya. Tersedia juga TWISTER SEAWEED, ANTI STRES, MASTER, serta TWISTER TROTOLAN untuk meloloh pemakan serangga dan TWISTER BUBUR untuk meloloh pemakan bijian.

INGAT! Sekarang sudah tersedia kupon / vocher hadiah langsung tanpa diundi dalam kemasan semua varian TWISTER. Dapatkan ratusan hadiah menarik seperti kompor gas, kulkas, TV LCD, sepeda motor, hingga mobil baru. Berlaku sampai 31 Desember 2021.

 

Dengan umur dan jam terbang yang cukup panjang, sudah tentu sejumlah trobel juga pernah dialami Saleho. “Pernah sakit sampai dua kali, kendala lain umunya lebih karena over birahi,” jelas Komo.

Komo tentu paham bagaimana harus menangani, baik ketika sakit, maupun ketika over birahi. “Kalau pas sakit, rawatan kita kasih lampu penghangat, untuk air minum kita air kelapa muda. Air kelapa maksudhnya untuk menyerap racun yang sudah masuk ke tubuh burung. Itu saja. Alhamdulillah, dengan treatmen itu, dua kali sakit, bisa sehat dan pulih kembali.”

 

BARU... TOPSONG PREMIUM, mengandung enzim alami serangga, burung lebih gacor, daya tahan lebih tinggi. Tersedia TOPSONG PREMIUM ANIS MERAHMURAI BATUHWAMEY (PREMIUM GOLD), LARK / BRANJANGANMINI PELETBEO.

Segera dapatkan di kios langganan Anda, buktikan perbedaannya.

 

Bagaimana bila birahinya yang over? “Untuk Saleho, kalau birahi over, dimandikan malam tiap hari.  Siang masukkan kandang umbaran, tidak dijemur,” jelasnya.

Bila burung cucak hijau over birahi, bulu akan tampak ngembung, bunyi crek crek crek. “Kalau sudah sangat over bahkan lidahnya sampai melet keluar paruh.”

 

Apapun problem "bunyi" pada burung Anda, dari mulai MACET sampai hanya mau tampil angot-angotan, berikan MONCER-1, tunggu beberapa hari, langsung JOSS.

 

Saat burungnews menyambangi tempat tinggal Komo, menyatu dengan aneka pakan burung termasuk pisang untuk burung seperti cucak hijau, dijumpai sejumlah obat dan vitamin,  seperti Super N, Super Ngurak, juga multivitamin Moncer-1.

Dalam hal cucak hijau, Komo memang pas bila disebut spesialis. Pengalaman puluhan tahun menangani cukup banyak cucak hijau membuatnya di luar kepala kalau menghadapi kendala.

 

BACA: Pisang yang Baru Dibeli Jangan Langsung Diberikan ke Burung, Simak Penjelasannya

 

Selain Saleho, sejumlah jago yang merasakan polesan tangan dingin Komo antara lain burung-burung milik Aditya Salatiga, seperti Mandala dan Pesona. Mandala secara mengejutkan pernah juara 1 di kelas utama Radja Cup Cibubur, sementara Pesona yang turun di Kampung Ulu meraih posisi ke-2 di bawah Saleho.

“Nah kalau Pesona beda lagi cara pendekatannya. Untuk menyetabilkan birahi, ketemunya setelah coba dijodohkan dulu dengan cucak hijau betina. Begitu sampai sekarang treatmennya, meskipun sudah ditangani sendiri di Salatiga sana.”

 

 

Saran dari Komo yang bersifat umum terkait cucak hijau adalah, supaya hati-hati dalam membeli pisang. “Perhatikan, pisang yang beli di warung atau pasar, biasanya matang karena karbit. Cirinya, kadang kulit masih hijau tapi daging sudah empuk. Palin aman, pisang yang baru dibeli jangan langsung diberikan ke burung, rendam dulu dengan air bersih selama semalam. Insya Allah aman.”

Di tempat tinggalnya, memang ada cukup banyak cucak hijau yang ditangani oleh Komo. Sudah beberapa waktu lamanya Komo memang membuka bengkel cucak hijau, khusus menangani burung-burung cucak hijau yang sedang trouble dan pemilik atau perawatnya sudah menyerah.

 

 

Pasiennya terus datang silih berganti, setiap ada yang selesai dan dikembalikan, datang lagi yang baru. “Awalnya ya punya teman-teman dari sekitar Boyolali, Solo Raya, Salatiga, sekarang dari kota-kota yang jauh banyak yang dikirim ke sini.”

Selain itu, Komo kini juga membuka penitipan bakalan murai batu untuk dimaster. Nah, bagi Anda yang merasa sudah kewalahan punya cucak hijau bagus tapi masih trobel terus, bisa meminta bantuan ke om Komo, atau yang mau menitipkan bakalan murai batu buat disekolahkan, baik mastering suara maupun rawatan dasar, juga bisa. Hubungi saja 0857.1578.9799.

Kampung Ulu Cup 1 by Robert Pantau digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Secara umum, jalannya lomba berlangsung lancar, cuaca juga cerah dan kondusif sampai selesai. Agung Qpit atas nama semua panitia dan team juri mengucapkan terimakasih atas dukungan dan partisipasi semua pihak hingga gelaran ini bisa sukses.

"Sampai ketemu pada gelaran BnR Magelang berikutnya. Kami mulai menyusun event-event prestis untuk memanjakan para kicaumania. Tunggu saja informasi berikutnya."

 

DATA JUARA KAMPUNG ULU CUP I MAGELANG, KLIK DI SINI

AGENDA DAN BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

VIDEO AKSI SALEHO DI KAMPUNG ULU CUP I

 

 

 

KATA KUNCI: kampung ulu cup i saleho topan bsb

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp