JITO BANDUNG. ATASI KACER MBALON


JITO BANDUNG, PEMILIK KACER PANSER

Kacer Mbalon atau Mbagong, Ini Sebab dan Solusinya

Salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh kacer mania saat lomba adalah mbalon atau mbagong. Sesungguhnya ini adalah situasi yang biasa atau wajar terjadi pada kacer.

Kacer dan perilaku mbagong ibarat dua sisi mata uang. Tantangannya adalah, bagaimana agar kacer tidak mbagong saat berada di gantangan, atau setidaknya saat juri sedang menilai.

 

KACER PANSER

 

Bagaimana pun, mbalon atau mbagong adalah nilai “mati” untuk kacer. Ada beberapa EO yang cukup “kejam” dalam memberikan hukuman, begitu ketahuan mbagong biar sekali atau sebentar, langsung diskualifikasi. Beberapa EO lain ada yang lebih longgar, tetapi bila tetap saja itu akan menjadi celah untuk mengurangi penilaian.

Oleh karena itu mengatasi kacer mbalon menjadi hal yang sangat penting bagi para penggemar kacer jika ingin jagoannya meraih juara dalam setiap lomba.

 

Kalau saja lebih awal tahu ada ..., tentu ceritanya bisa lain. Menyesal selalu terjadi setelah kejadian. Jangan sampai Anda punya penyesalan yang sama.  Formula obat + vitamin membuatnya efektif menjaga burung dari sakit sekaligus mendongkrak performa sehingga selalu dalam kondisi fit. Insyaallah, bebas mbalon untuk kacer.

 

Jadi, PR bagi para kacer mania adalah, kacer boleh mbagong selama itu di luar waktu penilaian. Pilihan yang relatif aman, misalnya bagaimana nyetel biar kacer mau mbagong dulu sebelum digantang.

Salah satu yang sering mengalami dan kemudian menemukan solusi, adalah Jito. Kicaumania asal Bandung ini adalah pemilik kacer Panser.

 

Yang di desa, di kota. Yang ikut lomba atau sekadar didengar suaranya di rumah. Dari generasi ke generasi sudah memakai TOPSONG.

 

Jito yang mulai menjadi penggemar kacer sejak setahun yang lalu, cukup paham jika Panser kacer miliknya juga pernah menjadi mbalon yang ditandai dengan beberapa ciri, di antaranya:

  1. Badannya menggembung seperti kuda laut.
  2. Mengeluarkan suara yang aneh.
  3. Diikuti dengan jalan atau loncat-loncat.
  4. Bulunya berbentuk seperti balon.

 

 

Beberapa hal yang bisa menjadi penyebab:

  1. Kondisi kacer yang kurang prima.

    Kondisi yang kurang fit merupakan salah satu penyebab kacer mbalon. Ketika lomba, faktor stamina yang kurang akan menyebabkan kacer menjadi mbalon saat diadu di gantangan.

    Kacer mbalon bisa menjadi petunjuk bila dia minder atau tidak kuat mental melawan burung-burung di sekitarnya. Kenapa, karena kondisinya yang tidak fit dan belum siap tanding.
  1. Menghadapi musuh yang lebih tangguh.

    Faktor yang membuat kacer mbagong atau mbalon adalah ketika menghadapi musuh yang lebih tangguh, lebih dewasa, volume dan tembakannya lebih dahsyat akan membuat jatuh mental kacer, sehingga menjadi mbalon.

 

MAXIMUM. Pakan Jangkrik yang praktis, membuat jangkrik lebih sehat dengan kandungan nutrisi terstandar. Lihat video tutorialnya.

 

  1. Over birahi.

    Salah satu penyebab kacer mbalon adalah kondisi kacer yang sedang over birahi. Dengan kondisi yang sedang over birahi membuat performa kacer menjadi kurang stabil sehingga menjadi mbalon.
  1. Mental yang rendah.

    Mental yang rendah banyak dialami oleh kacer yang masih muda. Apalagi jika berhadapan dengan kacer yang lebih tua dengan variasi lagu yang disertai dengan tembakan, sebagian besar akan membuat kacer menjadi mbalon.
  1. Pola perawatan yang kurang teratur.

    Perawatan yang tidak teratur mulai dari mandi, penjemuran, penggantian makanan dan minuman serta kebersihan kandang yang kurang bagus membuat kacer gampang terserang penyakit dan kurang stabil sehingga bisa juga membuat kacer menjadi mbagong.

 

Sambut kehadiran TEAM PROMO TWISTER di event-event terpilih, termasuk Khofifah Cup Surabaya dan Balekambang Kumandang Surakarta, 24 November. Dapatkan sampelnya, coba dan buktikan kualitasnya, berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

Untuk mengatasi permasalahan kacer mbagong ini Jito pun berusaha keras agar Panser kacer miliknya tidak mengalami mbagong ketika lomba, di antaranya:

  1. Pemberian extra fooding secara teratur.

    Extra fooding sangat penting bagi kacer terutama untuk meningkatkan stamina kacer. Jika kacer dalam kondisi stabil maka jangkrik diberikan dengan pola pagi 10 ekor kemudian sore 10 ekor jika akan lomba ditambah 5 ulat hongkong.

    Akan tetapi jika kondisinya untuk mengurangi birahi maka penggunaan extra fooding secukupnya saja misal penggunaan jangkrik hanya antara 2 sampai 5 ekor saja sesuai kebutuhan kacer.
  1. Perawatan kandang harus teratur.

    Untuk mencegah kacer menjadi mbalon kebersihan kandang harus dijaga tiap hari, tempat makan dan minum harus dibersihkan tiap hari, agar kesehatan kacer selalu terjaga.
  1. Kacer di trek dengan kacer lainnya sebelum gantang.

    Pada kondisi siap lomba yang harus diperhatikan adalah mengetahui mental kacer terlebih dahulu dengan cara di trek dengan kacer lainnya. Cara ini adalah cara yang paling efektif dilakukan sebelum lomba dimulai, karena akan membuat kacer menjadi stabil bunyi di gantangan tanpa mbalon lagi.

    Beberapa kacer mania ada yang memilih pola ini, sampai si kacer mbalon. Karena kalau sudah mbalon di bawah, diyakini di gantangan selama penilaian tidak akan mbalon lagi. [sundoro]

 

KATA KUNCI: jito bandung kacer panser tips kacer

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp