MR PERUNG DAN KACER RESTU BUMI. ATASI CIAK BULU, SIAP GOYANG PRAHARA BUMI KARTINI


LAUNCHING RI DPC PATI, #1

Sang Juara Ternyata Pernah Ciak Ekor, Begini Cara Menyembuhkannya

Penampilan kacer Restu Bumi memang luar biasa. Mereka yang hanya melihat saat turun di Launching Radjawali Indonesia DPC Pati tentu tak mengira bila jagoan milik Mr. Angga – Savara BC ini pernah punya masalah serius, ciak ekor.

Restu Bumi sempat mengalami vakum beberapa saat untuk mengkondisikan penyakitnya ini. Berkat tangan dingin Mr. Perung yang mengasuhnya, Restu Bumi mulai menggeliat hingga benar-benar tampil maksimal dan mampu menyisihkan lawan-lawan beratnya.

Restu Bumi memiliki sejumlah keunggulan, seperti tonjolannya yang mewah. Gaya show-nya dengan ngobra tampak begitu eksotis, menjadi nilai tambah lainnya untuk memenangkan pertarungan.

 

Yang di desa, di kota. Yang ikut lomba atau sekadar didengar suaranya di rumah. Dari generasi ke generasi sudah memakai TOPSONG.

 

Bagaimana treatmen yang dilakukan oleh Mr. Perung hingga Restu Bumi yang ciak ekor bisa kembali seperti sedia kala? Berikut beberapa hal yang disampaikan melalui burungnews.com.

Hal pertama, bahwa perawatan pada burung sakit, termasuk ciak ekor, mesti dilakukan secara ajeg, rutin, tidak kenal menyerah. “Selama penyembuhan, Restu Bumi benar-benar tidak kita jemur, hanya dikeluarkan antara jam 6 – 7 pagi saja,” ujar Perung memulai.

Setelah itu masuk ke dalam kandang umbaran selama 30 menit. Di dalam umbaran pula Restu Bumi sekaligus juga mandi dengan keramba. Kemudian dikeluarkan, diangin-anginkan sampai kering.

 

Lemans bisa dibeli lewat bukalapak, tokopedia, atau hubungi 08113010789, 0822.4260.5493 (Jatim Tapalkuda), 0813.2880.0432 (Jogja dan sekitar), 0815.4846.9464 (Solo Raya dan sekitar), 0813.2799.2345 (Banyumas dan sekitar)

 

Sambil menunggu bulu kering, diberikan pakan jangkrik 5 pagi. Sore harinya kembali diberikan 5 ekor. Minumnya dikurangi kira-kira sepertiga kolak saja, lalu diberi beberapa tetes Leman’s. Ini adalah satu-satunya obat yang dilengkapi formula vitamin. Selain menyembuhkan burung sakit, menjaga dan mencegah untuk burung yang sehat, juga memulihkan kondisi burung senantiasa siap tarung di saat dibutuhkan.

Hal paling penting, selama bulu basah harus ditunggui hingga benar-benar kering. “Setelah saya perhatikan, ini kan ciak bulunya hanya saat bulu basah. Maka saat mandi hingga bulu kering wajib ditunggui. Begitu dia terlihat sudah mau ciak bulu, terus kita peringatkan, biasanya cukup dengan suara ‘hus’.”

Karena perilaku inilah, Perung mengaku hanya memandikan burung kalau benar-benar waktunya sedang senggang. “Karena proses mandi sampai bulu kering kan lumayan lama, bisa satu jam. Kalau pas sedang ada kesibukan lain, saya pilih tidak memandikannya.”

 

 

Sejak sekitar tiga bulan terakhir, bersamaan dengan masa terapi, Perung mulai mengganti asupan utamanya dengan Twister. "Perlahan efeknya mulai terlihat. Yang paling awal adalah kotorannya yang lebih kecil-kecil dan kering menyerupai bentuk pelet. Terus keesokannya, nafsu makannya juga lebih baik. Dari sini saya semakin mantap untuk menggunakan Twister, termasuk untuk burung-burung lain yang dalam perawatan saya."

Terapi ini sudah dilakukan selama 3 bulan rutin tanpa henti, hasilnya pun memuaskan. Tak hanya sembuh dari ciak bulu, Restu Bumi juga bisa merebut juara di kelas Brimob pada gelaran yang berlokasi di Lapangan Asrama Brimob Kota Pati, Minggu 8 Desember 2019.

Sebelumnya, Mr. Perung juga sudah pernah mencobanya di sejumlah event, meski sebagian besar sebatas latpres. “Pernah juga saya coba turun di lomba sampai 5 kali dalam sehari, ternyata juga kuat.”

Dengan melihat kesiapan burung, Mr. Perung pun akan kembali menurunkan di sejumlah event, mulai Akaratu Cup Klaten (15/12), Hitam Putih Cup Solo (22/12) dan gongnya adalah di penghujung tahun Prahara Bumi Kartini Pati (29/12). [maltimbus]

 

JUARA LAUNCHING RI DPC PATI, KLIK DI SINI

 

BROSUR AKARATU CUP KLATEN, KLIK DI SINI

BROSUR SRAGEN CUP 2, KLIK DI SINI

BROSUR HITAM PUTIH CUP SOLO, KLIK DI SINI

BROSUR PRAHARA BUMI KARTINI, KLIK DI SINI

 

Sambut kehadiran TEAM PROMO TWISTER di event-event terpilih, termasuk BnR Award 15 Desember. Dapatkan sampelnya, coba dan buktikan kualitasnya, berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

 

KATA KUNCI: ri dpc pati mr perung kacer restu bumi tips kacer leman s

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp