PANITIA PIALA PAKUALAM DITERIMA SRI PADUKA PAKUALAM DI KEPATIHAN

JELANG PIALA PAKUALAM

Ada Permintaan Khusus dari Sri Paduka Pakualam, Apa Itu?

Hari Rabu 7 Juni, rombongan panitia Piala Pakualam yang dipimpin Ketua PBI H. Bagya Rakhmadi, SH., MM., diterima Sri Paduka Pakualam di kantor Wakil Gubernur DIY, Kepatihan. Mereka melaporkan rencana dan perkembangan persiapannya, termasuk mengundang beliau untuk hadir dan membuka jalannya lomba.

“Berhubung waktu pelaksanaan sudah dekat, tentu kami harus sowan, meminta waktu untuk menghadap, dan melaporkan tentang persiapakan lomba, termasuk garis besar konsep lomba yang benar-benar harus selalu berbasis pengendalian dan pelestarian. Insya Allah, beliau juga berkenan hadir dan akan membuka event tersebut,” ujar H. Bagya kepada burungnews.com.

 

 

Dalam pesamuan tersebut, selain pesan-pesan normatif sebagaimana lazimnya, juga ada dawuh atau permintaan khusus dari Sri Paduka Pakualam. Beliau meminta supaya ada lomba khusus untuk pemula, kemudian kepada juaranya diberikan wild card untuk turun di Piala Raja. “Harapan beliau, biar pemula juga bisa ikut merasakan lomba di level nasional.”

Menurut H. Bagya, sebenarnya hal ini pernah dilakukan. Eventnya juga Piala Pakualam. “Juara murai batu Ring Silver kita kasih wild card untuk turun di Piala Raja. Tapi kemudian ada covid, terus Piala Rajanya sempat tertunda.”

 

Hati-hati, makin gencar beredar produk PALSU! Pastikan anda mendapatkan produk SUPER-N asli. Jangan ragu memastikan kepada kios/toko, minta ditunjukkan kardus yang ASLI adalah seperti di bawah ini. Perhatikan juga warna, bentuk, dan ciri BOTOL SUPER-N yang asli.

 

Untuk bisa memenuhi dawuh tersebut, H Bagya mengakui sudah berkoordinasi dengan panitia. “Kita upayakan permintaan beliau bisa diakomodir. Dari rundingan singkat, sudah diputuskan satu kelas Murai Batu Ring (umum) kita siapkan wild card untuk juaranya.”

H. Bagya juga kembali mengulangi, bila PBI sudah memulai gebrakan baru dalam hal penjurian, yang secara teknis berbeda dengan sebelumnya. “Menindaklanjuti hasil rapat di Bojonegoro, kami sudah menggelar uji coba penilaian dengan ajuan terbuka di Kediri dan Klaten. Setelah kita lihat dan pantau cukup berhasil, mulai 1 Juni secara resmi bisa diterapkan di seluruh event PBI untuk semua sekala lomba. Bisa sebagian, atau seluruh kelas, itu tergantung pada kesiapan penyelenggara.”

 

 

Salah satu yang akan menerapkan ajuan terbuka, adalah Piala Pakualam. Di dunia lomba burung, teknis ajuan terbuka bukan hal baru. SMM mempeloporinya sejak 3 tahun yang lalu, kemudian diadopsi oleh banyak EO atau gantangan lain, dengan beragam penyesuaian di sana-sini.

Bila di SMM dan banyak EO lain yang mengadopsi, lebih banyak menggunakan format 24-G dan (sebagian juga ada tambahan 36-G) dengan tanpa korlap, ajuan terbuka ala PBI sedikit berbeda.

 

BARU... TOPSONG PREMIUM, mengandung enzim alami serangga, burung lebih gacor, daya tahan lebih tinggi. Tersedia TOPSONG PREMIUM ANIS MERAHMURAI BATUHWAMEY (PREMIUM GOLD), LARK / BRANJANGANMINI PELETBEO.

Segera dapatkan di kios langganan Anda, buktikan perbedaannya.

 

Sesuai yang selama ini berlaku di PBI, juri tetap 6 orang, tapi mengkuti sistem blok dorong, antara juri tidak boleh komunikasi dan koordinasi, demikian pula dengan korlap dan IP. Fungsi korlap hanya memberikan perintah atau informasi yang bersifat pengumuman, seperti kapan penilaian dimulai, kapan harus bergeser ke blok berikut/rolling, kapan berakhir, dan semacamnya.

Tidak boleh ada komunikasi dan koordinasi dengan cara apa pun. Lembar penjurian juga tidak diberikan kepada Korlap sebagaimana biasanya, tapi diletakkan pada meja yang tersedia di belakang blok masing-masing. Tujuannya, menghindari kontak dengan Korlap atau petugas lainnya yang menerima lembar penilaian, yang memberikan ruang untuk komunikasi pada akhir lomba.

 

 

Setelah itu, juri harus mengambil keputusan sendiri-sendiri, mandiri, tidak bisa bertanya atau nyontek kepada lainnya, dengan cara menancapkan bendera mentok 38. Setelah semua juri menancapkan bendera mentok yang jumlahnya disesuaikan dengan jumlah peserta, kemudian akan “direkap”, dengan cara dihitung jumlah bendera mentok pada masing-masing burung. Dua grade teratas berhak mendapatkan koncer A dan B, bendera C tidak ada pada sistem ajuan terbuka.

“Sesuai namanya, ini sistem yang lebih transparan, Insya Allah akan lebih sesuai fakta lapangan, amanah, fair play. Sebenarnya beberapa prinsip dasar juga sudah lama dirumuskan oleh para sesepuh PBI, seperti larangan untuk komunikasi baik sesama juri maupun dengan petugas lain seperti Korlap atau IP. Ini sistem dan teknisnya kita sesuaikan, mengikuti tuntutan kicaumania jaman sekarang.”

 

Burung yang sebelumnya bunyi tiba-tiba MACET dan memBISU? Berikan MONCER-1 selama beberapa hari, lihat perbedaannya dalam 5-7 hari, dijamin langsung JOSS kembali.

 

Piala Pakualam akan digelar besuk Minggu 11 Juni di Lapangan Pemda Sleman. Event ini akan menggunakan dua lapangan. Sejak brosur dipublish, pesanan tiket langsung mengalir deras. Saat berita ini diturunkan, sejumlah kelas sudah ada yang habis, bahkan daftar tunggunya sudah panjang. Untuk mengetahui ketersediaan tiket terkini, silakan hubungi langsung Abah Yosi di 0817.0422.330.

Keteua Pelaksana H. Samsulhadi mengingatkan, lomba akan digelar tepat waktu. Peserta yang main di sesi awal harap menyesuaikan diri. Kupon sudah bisa diambil hari Sabtu sore di lokasi lomba, dibuka pula pembelian langsung selama persediaan masih ada. [maltimbus]

 

BROSUR DAN JADWAL TERBARU PIALA PAKUALAM:

UNTUK MELIHAT BROSUR-JADWAL LEBIH JELAS DAN TIDAK PECAH, KLIK LOGO FACE BOOK (KANAN ATAS)

 

BACA JUGA:

AJUAN TERBUKA ALA PBI, DETIL DAN VIDIO UJI COBA 

DATA PEMESAN TIKET PIALA PAKUALAM S.D 7 JUNI

 

KATA KUNCI: piala pakualam 2023 piala pakualam sri paduka pakualam h bagya rakhmadi sh mm wildcard pbi mulai terapkan ajuan terbuka

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp