UMROH BACKPACKER PLUS TURKI


JALAN-JALAN BARENG BURUNGNEWS

Menembus Mekah Madinah dengan Umroh Backpacker

Kali ini BurungNews akan menceritakan pengalaman Perjalanan Umroh Backpacker . Kali ini tujuan umroh backpacker dimulai dari Kuala Lumpur, lanjut ke Istambul Turki, baru ke Madinah, dan Mekkah. Berangkat 8 Februari pulang 22 Februari. Biayanya habis Rp 26,7 juta.

Sedari awal, konsep yang diusung adalah model backpacker. Backpacker artinya mandiri. Menentukan sendiri, dalam semua hal. Kecuali, hal-hal yang memang harus mengikuti aturan.

 

 

Perjalanan semalam di Malaysia (ada yang dua malam), tiga hari di Turki (dua hari di Istambul, satu hari di Uludag), empat hari di Madinah dan lima hari di Mekkah, tidak ada yang bersifat tetap ittenerarynya. Alias bisa berubah setiap saat sesuai kesepakatan. Sama sekali tidak mengikuti cara travel umroh konvensional yang serba baku dan kaku. Bahkan sejak hari pertama, peserta yang datang dari 11 kota di Indonesia hanya janjian akan bertemu pertama kalinya saat di Kuala Lumpur sebagai meeting pointnya.

Dalam umroh backpacker ini justru peserta umroh yang menjadi penentunya, subjeknya. Mau nginep di hotel bintang 4 atau 5, mau makan prasmanan atau kotakan atau cari sendiri, semuanya bisa disepakati. Mau belanja di mana, atau awalnya di pasar mana tapi diubah ke pasar mana atau dihilangkan ganti dengan destinasi yang lebih menarik  semua bisa diputuskan saat tiba di negara yang dikunjungi. Mau jalan sendiri atau tetap bersama-sama group juga diberi kebebasan memilih. Yang penting ingat nama dan alamat hotelnya. Pokoknya peserta umroh punya kuasa penuh, bebas dan fleksibel.

 

 

Tak heran  ada yang datang ke Kuala Lumpur hanya bawa baju yang ada di badan saja, karena koper, tas, jaket, pakaian ihrom akan dibeli nanti pas di Madinah. Ada yang hanya bawa ransel di punggung saja yang isinya tiga kaos, dua celana, satu sarung, sikat gigi, dan pakaian ihrom pinjaman dari tetangganya yang pernah umroh. Ada pula yang datang dengan membawa koper segede gajah karena berisi banyak pakaian dan baju sebanyak hari dia akan melakukan perjalanan karena meyakini bahwa setiap baju yang dipakai saat beribadah di tanah suci akan jadi saksi nanti di yaumul akhir sehingga merasa perlu setiap hari harus berganti baju atas bawah. Makanya perbekalannya juga satu kopor full.

Kedua, saat berada di Madinah dan Mekkah pun tidak ada jadwal yang mengikat peserta umroh. Semua disesuaikan dengan kondisi fisik masing-masing. Yang kondisi badannya fit boleh umroh tiap hari, boleh ke Raudloh tiap hari, yang tidak terlalu fit boleh satu kali atau sesekali saja, yang penting sudah melakulan dengan hikmat dan khusyuk.

 

 

Boleh juga memilih hanya umroh satu kali pas datang hari pertama di mekah dan datang lagi pada hari terakhir saat melakukan thawaf wadha. Selebihnya diisi dengan ibadah-ibadah biasa lainnya. Ada pula yang percaya dengan ritual umroh badal dan melakukan umroh setiap hari. Ada yang sibuk mengejar bagaimana caranya bisa setiap hari salat tepat di depan Kabah dan mencium Hajar Aswad, ada pula yang lebih santai yang penting salat di masjidil Haram.

Ada yang tiap hari setiap lima waktu memilih salat di masjidil haram di barisan terdepan karena ingin mengejar pahala yang dilipatkan hingga 100.000 kali lipat. Ada yang salatnya biasa saja tapi sibuk sedekah kesana-kemari senyampang bisa. Ada yang fokus mengkhatamkan alQuran selama lima hari di Mekah. Ada yang khasus datang karena ingin membantu para marbot mengepel lantai masjid, jadi salat secukupnya saja, dan lebih banyak waktunya untuk ikut bersih-bersih masjid.

 

 

Pendek kata, setiap jamaah Umroh Backpacker dipersilakan memilih sendiri kegiatan ibadahnya sesuai passionnya, tanpa ada paksaan dari tour leader.

Memang ada beberapa kegiatan yang dilakukan bersama-sama dan itu pun atas kesepakatan para peserta. Misalnya, tadabur malam di Padang Arafah. Semua peserta urunan duit untuk sewa bus, pesen makanan nasi mandi dan bukhori, karpet dan soundsystemnya  lalu berangkat bersama menguasai Padang Arafah dan mengadakan kajian spiritual kehidupan.

 

TELO saja bisa sembuh, apalagi cuma sakit "biasa". Di saat perubahan musim dari kemarau menuju penghujan seperti sekarang, juga sangat baik untuk mencegah dan menjaga agar burung tetap sehat dan selalu dalam kondisi fit, siap tempur. Bisa diberikan secara rutin 2-3 hari sekali sesuai kebutuhan. LEMAN'S, satu-satunya obat burung dengan formula + vitamin.

Lemans bisa dibeli lewat bukalapak, tokopedia, atau hubungi 08113010789, 0822.4260.5493 (Jatim Tapalkuda), 0813.2880.0432 (Jogja dan sekitar), 0815.4846.9464 (Solo Raya dan sekitar), 0813.2799.2345 (Banyumas dan sekitar)

 

Ada pula pendakian Goa Hiro tengah malam di mana peserta yang merasa fit, diajak bersama-sama untuk melakukan pendakian mulai jam satu malam, mengadakan diskusi kehidupan di puncak gua Hiro, sambil menunggu azan Subuh berkumandang yang dilanjut dengan shalat berjamaah diteruskan dengan menunggu pemandangan fajar saat matahari mulai menampakkan sinar kemerahan di ufuk timur.

Di sore hari selepas Salat Ashar peserta diberi pilihan mau napak tulis tempat-tempat bersejarah yang pernah didiami Rasulullah dan Sahabatnya atau pergi ke pasar tradisional untuk belanja barang-barang yang mau dibagi ke keluarga atau tetangga sepulang dari tanah air. Sebagian yang ingin ketemu dan berdialog langsung dengan Habib juga diantar ke kediamannya setelah meminta ijin bersilaturahmi. Pendek kata setiap peserta boleh berkegiatan sesuai keinginannya dan dengan sendirinya akan mendapatkan kisah-kisah yang berbeda.

 

DI ATAS GUA HIRO

 

Sedari awalnya Umroh Backpacker ini memang didesain bukan saja agar peserta punya destinasi yang berbeda-beda sehingga satu orang dengan yang lainnya punya cerita dan kesan yang berbeda. Tapi, juga agar setiap orang mengambil hikmah dan makna-makna yang berbeda. Sehingga ibadah umroh bukan sekedar menjadi ritual ulangan yang kayak kaset yang diputar ulang yang nyaris tanpa makna baru, namun peserta bisa mempunya kenangan sendiri yang menancap dalam atas perjalanan ruhaninya dan mengambil makna terdalam dari setiap aktivitas yang dilakukannya. Setiap umroh akan selalu menemukan kesan, kisah, dan makna yang baru.

Dengan demikian akan selalu ada makna baru dari setiap perjalanan umroh yang dilakukan sehingga sepulang dari tanah suci bisa menjadi manusia baru yang punya perspektif baru dan bisa memberi manfaat baru bagi hidupnya dan lingkungannya.

 

DI DEPAN MASJID NABAWI MADINAH

 

Sampai jumpa di Umroh Backpacker tahun depan dengan destinasi Mekah, Madinah, Yordania, Palestina, Israel pada 1-16 Pebruari 2021 yang akan datang. Dan seperti umroh backpacker sebelum-sebelumnya, model umroh ini hanya menerima jamaah yang tidak mau diatur-atur. Alias mau mandiri dengan perjalanan spiritualnya. Saat berada di Mekah, Madinah, dan negara-negara lainnya.*Among Kurnia Ebo, jurnalis, traveler, pegiat Umroh Backpacker

AGENDA LOMBA, KLIK DI SINI

 

Aman, alami, bebas efek samping. Menjaga perfoma burung, mencegah burung ngedrop, membersihkan tenggorokan dan melegakan pernafasan... tampil ngedur dan dorrr!

 

ISTAMBUL TURKI

 

MENIKMATI SALJU DI TURKI

 

Yang di desa, di kota. Yang ikut lomba atau sekadar didengar suaranya di rumah. Dari generasi ke generasi sudah memakai TOPSONG.

 

MENJALIN KEBERSAMAAN

 

UMROH BACKPACKER PLUS MESIR

 

Jangan sampai ketinggalan sama yang lain. Segera dapatkan TWISTER di kios-kios terdekat. Coba dan buktikan kualitasnya, dan berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

KATA KUNCI: jalan-jalan bareng burungnews mekah madinah

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp