IPEY JBI, DI SEJUMLAH EVEN NASIONAL (dok. mediabnr & globalkicau)


IPEY JBI

Tumbuh, Jatuh, dan Bangkit Bersama BnR Garut

Usianya baru menginjak 26 tahun. Namun, kalau soal penjurian, sosok yang satu ini bisa dikatakan paling senior di BnR Garut. Selain itu, wajahnya juga sudah kerap menghiasi tim-tim juri BnR di berbagai kota. Mengawali sebagai pemain kenari, nama Ipey JBI kini lebih dikenal sebagai seorang juri.

Meski baru bergabung dengan BnR Garut sejak 6 tahun lalu, perjalanan Ipey di dunia perburungan memang sudah dimulai jauh sebelumnya. “Kalau awalnya di branjangan, terus pindah ke kenari, dan sekarang ditambah dengan murai batu,” jelas Ipey. Salah satu jagonya di kelas kenari yang bernama Liontin, sempat merebut dua kali juara 1 di even Piala Kapolda Jabar, bulan Agustus lalu.

 

BERMAIN KENARI & MURAI BATU DI SELA-SELA KESIBUKANNYA

 

Lalu, bagaimana awalnya bisa masuk ke dunia penjurian? “Awalnya diajak Wawan Kolor dan Dudi (alm.). Terus untuk pendidikannya, pertama diajari Adang Ajii dari Oriq dengan jadi juri di even-even independen. Sempat juga diklat pleci di Jogja, jadi bagian dari angkatan pertama PCMI. Nah habis itu, barulah masuk BnR untuk wilayah Garut,” tutur Ipey.

Selama berada di BnR Garut ini, Ipey pun semakin mendapat kepercayaan untuk masuk ke dalam jajaran tim juri. Tak hanya untuk lokal Garut saja, sosok Ipey pun sudah tak asing lagi di even-even BnR skala nasional. Yang terakhir, menjadi bagian dari tim juri BnR Award 2019. Dan sebelumnya, ia juga berhasil mendapat penghargaan sebagai juri terbaik di even Owen Cup III, yang digelar di Jakarta bulan April lalu.

 

Yang di desa, di kota. Yang ikut lomba atau sekadar didengar suaranya di rumah. Dari generasi ke generasi sudah memakai  TOPSONG.

 

Namun, perjalanan Ipey sebagai seorang juri tidaklah selalu mulus. Salah satu tantangan yang harus dihadapinya bersama BnR Garut adalah saat terjadinya “eksodus” juri pada awal tahun 2018—baik itu berhenti dari dunia penjurian, maupun pindah ke EO lain. BnR Garut pun sempat vakum selama beberapa waktu.

“Ya mau bagaimana, saat itu benar-benar tinggal sendirian. Juri tidak ada, lapangan tidak punya, dan kepengurusan pun baru habis masa periodenya. Selama itu, jadinya ya saya lebih banyak jadi juri untuk even-even di luar kota,”  lanjut ayah dari 1 anak  ini.

 

MENJADI JURI TERBAIK DI OWEN CUP III (dok. globalkicau)

 

Meskipun begitu, ini tidak membuatnya berkecil hati. Di sela-sela kesibukannya menjadi juri di luar kota, Ipey pun tetap berusaha untuk kembali membangkitkan BnR Garut.   Hal pertama yang coba diperbaiki Ipey saat itu, adalah soal kepengurusan.

Untuk mengawali kepengurusan yang baru ini, Ia mengajak H. Deni Murdani, atau yang lebih dikenal dengan nama Denz The Kill, untuk masuk ke BnR. “Alhamdulillah, waktu itu Bang Deni bersedia.  Sambil  membentuk kepengurusan, saya pun cari orang-orang baru buat dididik jadi juri BnR.”

 

Sebagai obat, terbukti efektif. Sudah sering mampu mengatasi kondisi kritis, apalagi cuma sakit "biasa". Di saat perubahan musim dari kemarau menuju penghujan seperti sekarang, juga sangat baik untuk mencegah dan menjaga agar burung tetap sehat dan selalu dalam kondisi fit, siap tempur. Bisa diberikan secara rutin 2-3 hari sekali sesuai kebutuhan. LEMAN'S, satu-satunya obat burung dengan formula + vitamin.

Lemans bisa dibeli lewat bukalapak, tokopedia, atau hubungi 08113010789, 0822.4260.5493 (Jatim Tapalkuda), 0813.2880.0432 (Jogja dan sekitar), 0815.4846.9464 (Solo Raya dan sekitar), 0813.2799.2345 (Banyumas dan sekitar)

 

1 Maret 2018, pasca terbentuknya kepengurusan dan tim juri yang baru pada bulan sebelumnya, BnR Garut pun menyelenggarakan lomba perdananya. Tak dinyana, nyaris 1.000 peserta berhasil memadati lapangan Eks Rumah Makan Copong Garut, yang kembali menjadi “rumah” bagi BnR Garut.

Dua tahun berjalan, di bawah kepemimpinan H. Deni Murdani, kepengurusan BnR Garut pun semakin solid. Lomba-lomba yang digelar tidak pernah sepi dari peserta. Untuk tahun 2019 ini saja, ditutup dengan dua gelaran besar, yaitu Road to BnR Award pada bulan November, dan Gebyar Akhir Tahun BnR pada bulan Desember.

 

IPEY JBI BERSAMA MR AB SINGLE FIGHTER

 

Menghadapi tahun 2020, sejumlah gelaran juga sudah masuk ke dalam agenda. Dua di antaranya adalah Anniversary Mr AB SF & Kolibri Ninja Garut yang akan digelar pada 26 Januari, serta Anniversary Ipey JBI yang direncanakan pada bulan berikutnya.

“Untuk Anniversary Ipey JBI yang pertama, alhamdulillah pesertanya meledak. Rencananya gelaran yang kedua ini juga akan dilangsungkan pada bulan Februari. Untuk tanggal pastinya, ditunggu saja,” pungkas Ipey. [asr]

 

BROSUR ANNIVERSARY MR AB SF & KNG GARUT,  KLIK DI SINI

 

 

IPEY JBI DI BnR AWARD 2019 (dok. mediabnr)

 

MENJADI BAGIAN DARI TIM JURI BnR AWARD 2019 (dok. mediabnr)

 

Jangan sampai ketinggalan sama yang lain. Segera dapatkan  TWISTER  di  kios-kios terdekat. Coba dan buktikan kualitasnya, dan berikan respon melalui hotline  08112663908.

 

KATA KUNCI: ipey jbi bnr garut mr ab sf anniversary mr ab sf & kng

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp