H. AWAN SUKANDAR, GARUT. MASIH USIA PAUD, CASILLAS Jr. JUARA KELAS DEWASA TIKET 3,3 JUTA

INDONESIA INTERNATIONAL PET EXPO, #2

Kisah Unik H. Awan Sukandar, Pemula Asal Garut yang Bawa Pastol dan Bisa Juara 1 Kelas Superstar 3,3 Juta

“Ini masih paud,” ujar H. Awan dengan raut muka berkaca-kaca, usai para juri menancapkan koncer A di bawah jagoan bernama Casillas Jr. (Junior). Perasaan yang bisa dipahami, mengingat ini adalah pengalaman pertama lomba jauh.

Awan Sukandar, nama lengkapnya, berasal dari Garut, profesi sehari-hari adalah seorang Kepala Sekolah Dasar. Beliau berangkat ke Masterpiece Arena dengan mengusung visi- misi menggapai Ridlo Illaahi melalui silaturahmi & hobi tuk bahagiakan diri, anak-istri, dan para wargi.

Casillas Jr. yang baru saja meraih juara 1 kelas Superstar tiket 3,3 juta, disebutnya baru berumur 1,5 tahun, masih usia Pastol atau Paud.

 

IIPE JADI EVENT TAHUNAN. BANYAK MASUKAN UNTUK PERBAIKAN KE DEPAN

 

“Di Garut sudah lumayan sering juara, ya lomba-lomba kecil lokalan. Kita penasaran ingin lomba yang beneran dan cukup besar ke Jakarta, pengin tahu apa jago kita mampu bersaing di event besar nasional,” ujar H. Awan yang ditemani anaknya, Ganjar Al Haq, S. Pd.

Awan mengaku benar-benar pemula. “Jujur, pemula yang sebenar-benarnya. Masih awam, tak punya pengalaman merawat dan menyiapkan burung untuk lomba. Guru utamanya itu ya dari nonton you tube, lalu coba-coba sendiri, trial, eror, trial, eror… berulang sampai akhirnya bisa ketemu setingan yang pas.”

Casillas Jr., dirawat sejak dibeli masih trotol, usia 2 bulan. “Kami rawat sendiri dengan penuh cinta, juga sebisanya kami master sendiri. Ada lumayan banyak guru bernyanyinya, cungko, ciri-siri, kinoy, konin, lovebird, kenari, rambatan, doraemon, pleci, dan masih ada lainnya.”

 

Burung yang sebelumnya bunyi tiba-tiba MACET dan memBISU? Berikan MONCER-1 selama beberapa hari, lihat perbedaannya dalam 5-7 hari, dijamin langsung JOSS kembali.

 

Casillas Jr. dibeli dari breeder Panama BF, Asgar (asli Garut). Alasan membeli burung yang satu ini, karena ada trah juara dari bapaknya, Casillas. “Casillas, bapaknya, pernah moncer di Viking Arena Bandung. Saat itu, ada 3 anakan Casillas. Pas saya datang, tinggal satu saja, sisa pilihan orang lain, ya sudah itu yang dibeli.”

Selain Casillas Jr., H. Awan juga masih menyimpan satu jago lainnya, “Ada masih muda juga, saya kasih nama Saber. Itu kepanjangan dari Sabar Berikhtiar,” ujarnya sambil memberikan emoji tertawa dan tanda cinta di jejaring whatsapp.

Terkait kenangan Casillas Jr. di IIPE bersama Masterpiece Arena, ternyata ada kisah menarik. H. Awan memesan dua tiket, kelas Muda A 1,1 juta  dan kelas Superstar tiket 3,3 juta.

 

BARU... TOPSONG PREMIUM, mengandung enzim alami serangga, burung lebih gacor, daya tahan lebih tinggi. Tersedia TOPSONG PREMIUM ANIS MERAHMURAI BATUHWAMEY (PREMIUM GOLD), LARK / BRANJANGANMINI PELETBEO.

Segera dapatkan di kios langganan Anda, buktikan perbedaannya.

 

Di kelas Muda A yang main sesi pertama, H. Awan dan anaknya merasa Casillas tampil optimal, sangat baik, tetapi ternyata belum masuk. “Anak saya sempat mau banding atau komplain, tapi saya larang. Kami berpikir pakem yang diterapkan di sini, mungkin kurang cocok dengan karakter jago kami, Casillas Jr.”

Awan lantas menghubungi bagian tiketing, berpesan akan titip menjual kembali tiket kelas Superstar 3,3 juta. Itu sekitar jam 12 siang. H. Awan dan anaknya memutuskan ingin pulang, sebab awalnya merasa percuma mau menurunkan lagi di kelas berikut.

“Tidak yakin pula burung masih mau tampil maksimal, mengingat perbedaan cuaca cukup ekstrim. Di Garut sejuk, di BSD panas minta ampun.”

 

AWALNYA TIDAK YAKIN, TIKET MAU DIJUAL LAGI

 

Awan dan anaknya lantas kembali ke hotel dulu, untuk isoma. Datang lagi ke ICE BSD, menanyakan ke tiketing, ternyata belum ada yang minat beli tiket berikutnya, kelas Superstar. “Ya sudah, terpaksa burung kami turunkan lagi, dengan tetap berdoa semoga burung mau tampil optimal.”

Benar saja, Casillas Jr. tetap kerja optimal, ngotot, tajam,  & Sujud syukur...," Alhamdulillah atas berkat Rahmat Allooh SWT, yang maha kuasa dan didorongkan oleh keinginan luhur supaya berkehidupan yang sejahtera…. Hehe, Casillas Jr bisa juara 1 di kelas Superstar tiket 3, 3 JT... Barokallooh wamardlotillaah fiddunya walakhiroh,” imbuh H. Awan lagi.

Tentu, H. Awan dan anaknya mengambil pelajaran yang sangat berharga. Ketika turun di kelas Murai Batu Muda, yang lawannya nota bene sesama burung-burung muda, tampil baik belum bisa juara. Ketika diturunkan kembali di kelas umum, lawannya burung-burung dewasa dan mapan, dalam cuaca yang sangat panas, ternyata masih tetap mau tampil maksimal dan stabil.

 

 

Kita tahu hasil akhirnya, bisa mengalahkan burung-burung lain yang tentu sudah pada mapan dan sering juara. Harga tiketnya cukup tinggi, 3,3 juta, tidak mungkin menurunkan burung asal yang belum mapan penampilannya.

“Pelajarannya, harus tetap sabar, terus berikhtiar, tidak boleh mudah menyerah dan putus asa, berpikir positif, hindari prasangka buruk pada pihak lain. Sekarang rasa penasaran itu sudah terjawab, alhamdulillah waysukurilah, jago kami, Casillas Jr., ternyata mampu bersaing di level lomba akbar nasional. Makin semangat merawat, dan Insya Allah pada waktu yang tepat siap turun lomba lagi. Terimakasih kepada Masterpiece Arena, spesial thanks to H. Afif & H. Yusuf Panama (breeder Casillas Jr.), dan semua pihak, termasuk rekan-rekan kicaumania dan media atas doa dan dukungannya.”

 

 

Awan ingin menjadikannya prestasi ini sebagai “hadiah” bagi para kicaumania Garut. “Ini adalah kado terindah buat seluruh kicau mania Garut. Burung yang lahir dan besar di Garut, mulai mengorbit dari Garut, bisa juara di event nasional Ibu Kota. Prestasi yang harapannya membuat nama Garut semakin dikenal, disegani, kelak orang-orang kalau mau cari jago prospek, arahnya juga ke Garut.”

Pada kesempatan terpisah, Farid Malang Coumpaq menyampaikan bila event IIPE bakal jadi gelaran rutin sehingga berlanjut di tahun-tahun berikutnya. “Ini yang pertama, tahun depan ada lagi. Tentu ada beberapa hal yang mesti kita perbaiki. Terimakasih, kami sudah terima banyak masukan untuk menyempurnakan lomba berikutnya. Jadi, ayo kita dukungan dan ramaikan event tahunan IIPE bersama Masterpiece Arena.” [maltimbus]

 

DATA JUARA INDONESIA INTERNATIONAL PET EXPO, KLIK DI SINI

 

VIDIO KESERUAN EVENT IIPE FEAT MASTERPIECE ARENA:

 

BROSUR VIKING GOES TO LAMPUNG:

 

BROSUR SUARA AGUNG CUP:

 

Hati-hati, makin gencar beredar produk PALSU! Pastikan anda mendapatkan produk SUPER-N asli. Jangan ragu memastikan kepada kios/toko, minta ditunjukkan kardus yang ASLI adalah seperti di bawah ini. Perhatikan juga warna, bentuk, dan ciri BOTOL SUPER-N yang asli.

KATA KUNCI: indonesia international pet expo iipe masterpiece arena ice bsd farid malang coumpaq tory premium bird food h awan sukandar murai batu casillas jr

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp