KENARI JENDRAL SOLOK

H HERMAN JAKARTA

Kenari Jendral Solok, Laxsut dan Ravaneli Siap Menuju Ebod Joss Champion

Sebagai salah satu pengorbit kenari handal, H. Herman kini tengah mempersiapkan jagoannya menghadapi even besar di penghujung tahun. Yang menjadi targetnya adalah Ebod Joss Champion, yang akan digelar pada Minggu, 24 Desember di Taman Wuladika Cibubur.

Jendral Solok, Laxsut dan Ravaneli adalah tiga besutannya yang sering moncer di berbagai lomba lintas EO, terutama di wilayah III. Rata-rata ketiganya memiliki tipe yang sama, dengan gaya ngedur berdurasi panjang sambil jalan di tangkringan. Dengan dikawal Aconk, ketiga jagoan ini secara bergiliran sering berprestasi di arena lomba.

 

 

H HERMAN. BERHARAP JAGOANNYA BISA MEMBERIKAN KADO KEMENANGAN DI GELARAN PENGHUJUNG TAHUN

 

Kestabilan di lapangan, nampaknya tak lepas dari perawatan hariannya yang cukup jitu. Setiap pagi mulai pukul 6 pagi, burung dikeluarkan dari dalam rumah untuk menghirup udara segar. Setelah itu, ketiganya mandi sendiri, yang tentunya telah disediakan tempatnya berupa cepuk. Diangin-angin sebentar lalu dijemur kurang lebih 2 jam, mulai pukul 7 sampai pukul 9 pagi lalu dikerodong.

Pemberian makanan pun harus selektif. Dengan pakan pilihan racikan sendiri, yang terdiri dari biji sawi dan milet merah, serta diberikan tepat waktu. Sore harinya, tepat pukul 15.30 WIB, kerodong dibuka lalu diangin-angin kurang lebih 15 menit, agar burung tidak jenuh dan biar gacor. Bila burung bertenaga, Aconk pun menambahkan menu khusus. Dan tentunya asupan yang diberikan mengandung banyak protein hingga gizinya cukup tinggi.

 

 

Menjelang lomba, buah-buahan berupa apel dan telor puyuh disediakan di dalam sangkar. Pekcoy dan timun pun diberikan dengan cara selang seling harinya. Kemudian diusahakan seminggu dua kali burung diumbar. Dengan rawatan seperti ini, ketiga jagoan H. Herman yang dikawal Aconk di lapangan selalu moncer.

“Mudah-mudahan di even besar Ebod Joss Champion penghujung tahun ini, ketiganya bisa memberikan kado kemenangan,” ucap H. Herman.

KATA KUNCI: h. herman aconk jendral solok laxsut ravaneli aconk ebod joss champion

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp