H. IRUL. SUMBANGKAN HADIAH UNTUK MASJID

GEBYAR KEMERDEKAAN RI BBC RONGGOLAWE KLATEN

MB Kresno Menangi Kelas Utama, CH Kobar dan Baracudha Berbagi Podium

Murai batu Kresno milik H. Irul keluar sebagai pemenang pertama di kelas utama Gebyar Kemerdekaan RI BBC Ronggolawe Klaten. Di kelas cucak hijau, Kobar (Mr. Teko) dan Baracudha (Acong) berbagi gelar juara setelah tampil apik di dua kelas yang diikuti.

Lomba burung berkicau Gebyar Kemerdekaan RI BBC Ronggolawe Klaten yang digelar pada Minggu, 30 Agustus 2020 di Gantangan BBC, Belang Wetan, Klaten Utara berjalan ramai dan kondusif. Tidak hanya didominasi oleh pemain lokal, even yang dimotori oleh Yessa Nugraha dan Iput Tipeng ini juga dihadiri oleh pemain luar kota seperti Jogja, Solo, Boyolali, dan Salatiga.

 

 

 

KOMUNITAS BRANJANGAN DI BBC RONGGOLAWE KLATEN

 

Diawali dengan kelas branjangan sebagai kelas pembuka, lomba berlangsung tertib nyaris tanpa teriak sama sekali. Didominasi oleh branjes Klaten, Solo, dan Jogja, laga kelas ini benar-benar dapat dinikmati baik oleh juri, peserta, maupun penonton di sekitar gantangan.

 

Yang di desa, di kota. Yang ikut lomba atau sekadar didengar suaranya di rumah. Dari generasi ke generasi sudah memakai TOPSONG.

 

Maguire, branjangan milik Andica San keluar sebagai bintang lapangan di kelas Branjangan Campuran setelah menduduki podium pertama dan kedua. Bongkar isian dengan gaya tarung ngeter ekstrim dan khas, Maguire seolah menunjukkan kualitasnya sebagai primadona di kelas branjangan saat ini.

 

ANDICA SAIN. BRANJANGAN MAGUIRE JUARA 1 DAN 2

 

Di kelas Branjangan Parva, Kadals milik Andi BSM Prambanan berhasil mencetak double winner setelah tampil ngedur dengan suara menonjol dibanding gaco-gaco lainnya. Meski materi lagu yang dibawakan terkesan sejalur, namun durasi kerja dan kejelasan suara yang ditunjukkan oleh branjangan jenis parva memang cukup menarik perhatian.

Memasuki kelas-kelas unggulan seperti murai batu dan cucak hijau, situasi mulai memanas dan penuh ketegangan. Yessa yang awalnya berharap lomba dapat berjalan tertib dan tanpa teriak terlihat sedikit kecewa. “Kalau kelas murai batu bisa tanpa teriak, rencana mau kukasih tambahan bonus. Berhubung malah teriak-teriak semua, yo wis bonusnya nggak jadi. Kedepan, kita akan evaluasi,” paparnya.

 

ANDI BSM PRAMBANAN. PARVA KADALS MENANG NYERI

 

Di sesi Murai Batu Merdeka, penampilan impresif ditunjukkan oleh Kresno milik H. Irul Putro Kresno SF. Tampil menonjol dengan membawakan lagu panjang-panjang dan variatif, murai batu yang menempati Gantangan 41 ini sukses mencuri perhatian dan undang decak kagum.

 

 

Kemenangan ini melanjutkan trend positif yang diraih oleh Kresno setelah beberapa waktu lalu menang di Pradana BC dan Joleno Express. “Selama pandemi ini, Kresno justru makin onfire. Di Pradana menang, di Joleno juga menang, terus di sini juga menang kelas utama. Rencana sih mau dibawa ke Piala Canting, tapi nanti lihat dulu dapat tiket apa nggak,” ungkapnya.

 

 

KRESNO PUTRO SF. MB KRESNO MENANGI KELAS UTAMA

 

Sebagai salah satu gaco lama Kresno Putro SF, ada cerita menarik yang diungkapkan oleh H. Irul kepada burungnews. “Kresno ini sebenarnya gaco lama. Jadi setelah yang ngawat meninggal, Kresno kupegang. Selama tak pegang sendiri, kalau juara hadiah tak kasih ke masjid,” tandasnya. Niat baik H. Irul ternyata berbuah manis dengan ketenangan dan kemenangan yang diraih oleh Kresno.

Kobar, cucak hijau milik Mr. Teko yang satu hari sebelumnya menang di kontes BnR Lembusuro Berbagi Amal kembali menunjukkan kualitasnya di even kali ini dengan menduduki podium pertama dan ketiga. Tampil dominan dan menonjol dengan membawakan lagu panjang-panjang dan variatif, Kobar berhasil membungkam perlawanan cucak hijau-cucak hijau hebat lainnya di kelas Merdeka.

 

 

MR. TEKO. CH KOBAR MENANG BERUNTUN DI BNR LEMBUSURO DAN BBC

 

Di kelas Cucak Hijau BBC, Kobar sebenarnya kembali tampil oke namun kalah hoki dibanding Baracudha dan Sapu Jagat. “Sesi kedua tadi sakjane maine yo apik, tapi benderane kan pecah. Kukira dapat juara 2, ternyata malah juara 3. Disyukuri sajalah bisa bawa pulang dua tropi. Ini juga menjadi bukti kalau Kobar memang burung berkualitas. Udah banyak sih yang ngejar, tapi belum cocok harganya,” terangnya.

 

Kestabilan dan konsistensi di jalur juara juga ditunjukkan oleh Baracudha andalan Acong Kartasura yang berhasil menduduki posisi pertama dan kedua. Tampil greget dengan gaya ngentrok jambul, cucak hijau yang minggu lalu menang di kelas utama di 2nd Anniversary Mustika PG ini kembali menunjukkan kinerja dan performa terbaiknya.

 

 

ACONG KARTASURA. CH BARACUDHA STABIL DI JALUR JUARA

 

“Baracudha ini sejak di Hitam Putih Cup 2 sudah banyak ditanyain orang. Mau dibeli tapi hargane belum cocok. Materi lagu dapat, gaya juga masuk, tiap main juga stabil dan konsisten. Ini malah wes dibooking buat main di Piala Canting. Moga-moga bisa masuk lagi soalnya lawane pasti lebih berat,” jelasnya.

Di kelas kenari, penampilan luar biasa juga ditunjukkan oleh Super Show milik Dika Pom Mini SF dengan meraih dua kali podium pertama alias double winner. Tampil spartan dengan durasi mumpuni dan buka tutup rapat, kenari kuning ini sukses menghipnotis juri dengan gayanya yang indah.

 

DIKA POM MINI SF. KENARI SUPER SHOW MENANG NYERI

 

Meski peta persaingan kelas kenari di Klaten saat ini memang cukup sengit, Dika mengaku puas dengan hasil yang diraih oleh Super Show di gelaran kali ini. “Kalau Super Show ini kan durasi dapat, ngedurnya juga dapat, postur dan gaya juga masuk. Tapi, kalau di Klaten ini pemenange kan tergantung main nang ndi, pakem penilaiane piye, kualitas manuke yo merata sih,” selorohnya.

 

 

Tidak hanya Super Show, kemenangan nyeri juga diraih oleh love bird Roro (Danang Barker) dan cendet Gankster (Big City). Di kelas anis merah, Nadya milik H. Sigit WMP berhasil menduduki podium pertama di kelas Anis Merah BBC setelah tampil apik dengan gaya teler mentok kiri kanan dan lagu panjang yang dibawakan.

 

PANITIA DAN JURI BBC RONGGOLAWE KLATEN

 

Di akhir lomba, Iput Tipeng mengucapkan terima kasih atas kehadiran peserta di Gebyar Kemerdekaan RI - BBC Ronggolawe Klaten. “Alhamdulillah, Gebyar Kemerdekaan RI bersama BBC Ronggolawe Klaten berjalan lancar dan sukses. Saya mewakili panitia dan juri mohon maaf apabila ada kekurangan. Pokok e guyup rukun paseduluran. Suwun lur,” pungkasnya. [asept]

 

Hari ini belum pakai TWISTER? Segera merapat di kios-kios / agen terdekat, bila belum ada mintalah untuk menyediakan, biar Anda dan para kicau mania lainnya lebih mudah mendapatkannya. Coba dan buktikan kualitasnya, dan berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

KRESNO IN ACTION

 

H. SIGIT WMP. PANTAU LANGSUNG AKSI AM NADIA

 

IVORY TEAM. LB RAJA GELENG JUARA KELAS BEBAS AKSI

 

DATA JUARA GEBYAR KEMERDEKAAN RI BBC RONGGOLAWE, KLIK DI SINI

AGENDA DAN BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

KATA KUNCI: gebyar kemerdekaan ri bbc ronggolawe kresno kobar baracudha super show nadia

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp