TREK SONOREJO, PANDANGAN BEBAS ARAH UTARA BISA 5 KM

FAKTA MENARIK TREK MERPATI BALAP SONOREJO, LOKASI LOMBA NASIONAL PUTARAN KE-3

Dari Trek Terluas dan Terberat hingga Mbah Marso yang Berjualan Sejak 1995

Sejumlah hal menarik terungkap dari lokasi balap merpati nasional PPMBSI Putaran ke-3 dengan tuan rumah Penglok Solo. Trek Sonorejo yang sudah ada sejak 1995, adalah trek terluas dan terberat se-Indonesia.

Hal ini antara lain diungkapkan oleh Yusuf Bisma, salah satu joki yang sehari-hari melatih pembalapnya di sini. Penuturan Yusuf terungkap dalam terbitan resmi PPMBSI yang diunggah di akun APPS-nya. Untuk bisa mengaksesnya, Anda mesti mengunduh melalui Play Store atau Google Play dari HP Anda. Tinggal ketik saja kata kunci PPMBSI.

Yusuf, joki senior team Topsong, juga menggeber jagoan milik Royal Merapi Klaten, tentu saja sudah merasakan semua trek balap merpati yang Ada Indonesia. “Dari semua yang ada, Sonorejo itu memang paling berat, karena jarak pandang kita memang paling luas nyaris tanpa penghalang.”

 

 

YUSUF BISMA, BACKGROUND TREK SONOREJO (DOK. APPS PPMBSI)

 

Yusuf lalu mencoba membuat gambaran. “Jarak arah utara yang bebas penghalan bisa mencapai 5 kilometer dari patek finish. Ke sisi utara dan selatan dari patek, masing-masing sekitar 1 kilometer, sementara ke selatan atau belakang patek, bisa sampai 2 kilometer.”

Beratnya tantangan di Sonorejo diungkapkan oleh Umar, salah satu peserta dari team Permata Jakarta saat melatih pada Kamis 14 Maret kemarin. “Luasnya oke, tapi arah angin berubah, beratnya minta ampun. Tadi angin sempat serong, burung saya juga mbalik terbangnya.”

Dengan kondisi itu, secara penguasaan medan jago-jago tuan rumah yang sehari-hari melatih di sini berpeluang bisa mengungguli lawan-lawan dari luar daerah. Akankah “teori” ini bisa berlaku, kita tunggu saja sampai lomba berakhir pada hari Minggu 17 Maret besuk.

 

 

Fakta menarik lain yang sudah dipublis laman resmi PPMBSi adalah keberadaan simbah Sukiyem alias Mbah Marso. Sosok tua tapi masih telrihat bugar dan ramah ini ternyata sudah berjaulan makanan dan minumuan untuk melayani para penghobi merpati balap sejak lapak ini dibuka, tahun 1995 atau sekitar 24 tahun yang lalu.

Mbah Marso tidak hanya berjualan pas ada lomba saja, tapi juga rutin melayani yang latihan mulai hari Selasa – Minggu. “Jadi sejak dulu mulai Selasa – Minggu sekitar jam 11 saya sudah buka, ada atau tidak ada yang merapat ke sini tetap buka, siap melayani dari yang sekadar duduk merokok, beragam minuman teh, kopi sampai air minum kemasan, makanan ringan, mie rebus atau goreng, juga kalau ada pas lomba kita siapkan nasi rames,” jelas simbah yang suaminya berjualan bakso keliling ini.

 

MBAH SUKIYEM/MARSO. BERJUALAN DARI HARI SELASA-MINGGU SEJAK 1995

 

Pada saat ada gelaran lomba besar di luar daerah, kalau yang biasa berlatih pada berangkat ke luar kota, juga memberi tahu simbah. “Mereka beri kabar, minggu depan kami mau ke luar kota, sini sepi. Jadi kalau pas itu, baru kami libur.”

Lomba Balap Merpati Tingkat Nasional Putaran ke-3 digelar mulai Jumat 15 Maret – Minggu 17 Maret. Putaran pertama di kelas di Lumajang, Putaran ke-2 di Klaten, Putaran ke-3 Solo, dua pekan lagi masuk putaran ke-4 di Kediri (29-30-31 Maret 2019).

Ikut terus udpate hasil lombanya di burungnews.com, atau bila ingin mendapatkan informasi seputar balap merpati secara lebih cepat, bisa mengakses langsung ke laman resmi PPMBSi dengan unduh/instal APPS-nya.

KLASEMEN SEMENTARA S.D PUTARAN KE-2 (SUMBER, APPS PPMBSI)

KATA KUNCI: ppmbsi lomba merpati balap nasional putaran ke-2 klaten bersinar trek sonorejo lomba merpati balap nasional putaran ke-3

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp