EKO DI DEPAN KANDANG SEDERHANA


EKO VAS BF PURBALINGGA + VIDIO: Kendala pada Breeding Itu Sumber Ilmu yang Berharga

Sebagian besar breeder burung berkicau pernah mengalami kendala atau kesulitan, terutama saat awal memulai. Bagi Eko dari VAS BF Purbalingga, itu adalah lumrah alias wajar. Bahkan ia menyebut itu sebagai sumber belajar, cara mendapatkan ilmu yang berharga.

Pada beberapa jenis burung, ada yang kesulitan membedakan jantan dan betina, seperti cucak rawa dan jalak suren. Ada pemula calon breeder yang beli sudah jodohan, ternyata kelak diketahui itu bisa jantan semua atau betina semua.

 

 

Pada jenis lain, jantan dan betina secara fisik lebih mudah dibedakan. Murai batu misalnya. Namun, bukan berarti proses penjodohannya lantas menjadi mudah. Ada cukup banyak breeder yang di fase ini mengalami kesulitan.

Tampak sudah jodoh, namun setelah dimasukkan kandang besar, saling serang saat ditinggal. Tahu-tahu salah satunya sudah terluka bahkan mati.

 

 

Sudah bertelur, tapi tidak menetas, atau telurnya dibuang, atau setelah jadi piyik diserang induknya. Ada pula yang selama bertahun-tahun tidak ada produksi, padahal sudah bikin dan “mbunderi” sarang.

Kadang sudah sempat produksi, tetapi kemudian macet untuk waktu yang lama. Padahal burung tampak sehat, juga tidak sedang mengalami fase mabung.

 

ANAKAN VAS BF, UMUR 1 TAHUN

 

Sebagian dari kendala-kendala di atas juga pernah di alami oleh Eko di saat-saat awal membangun breedernya. “Bahkan sampai sekarang, beberapa indukan masih juga sering mengalami kendala. Saya kira selama kita masih menjadi breeder, akan terus ada kendala, bisa benar-benar kasus baru, bisa pula kasus yang pernah terjadi, hanya mengulang saja. Itulah tantangan kita sebagai breeder untuk terus mencari solusinya.”

Menurut Eko, salah satu kendala yang jamak terjadi atau sering dialami banyak breeder dan bisa dibilang paling sulit mencari solusinya adalah saat produksinya tidak lancar sampai yang benar-benar macet. “Padahal sedang tidak mabung, kondisi tampak sehat, tidak tampak stres juga. Tapi setelah menyelami masalah ini lumayan panjang, ya akhirnya sedikit tahu lah bagaimana mengatasinya.”

 

Buat indukan sangat cocok, menjaga tetap sehat sekaligus menjaga produktivitas stabil. Buat campuran lolohan, anakan lebih sehat, tidak mudah mati, dan cepat bongsor. LEMAN'S, satu-satunya obat burung dengan formula + vitamin.

Lemans bisa dibeli lewat bukalapak, tokopedia, atau hubungi 08113010789, 0822.4260.5493 (Jatim Tapalkuda), 0813.2880.0432 (Jogja dan sekitar), 0815.4846.9464 (Solo Raya dan sekitar), 0813.2799.2345 (Banyumas dan sekitar)

 

INDUKAN BERKUALITAS, TIAP BULAN HASILKAN 15 ANAKAN

Saat ini VAS BF yang berlokasi di Mewek, kota Purbalingga, memiliki 17 kandang. Pada kondisi normal, setiap bulan rata-rata bisa menghasilkan 15 anakan. Eko membandrolnya mulai 2,5 – 5 juta rupiah, tergantung induknya.

Yang dimaksud dengan kondisi normal, adalah saat sebagian besar induknya sedang tidak mabung. “Saat ini misalnya, banyak indukan sedang mengalami siklus mabung, tentu hasil anaknya juga menurun. Secara alamiah, induk yang sedang mabung juga istirahat produksi. Meski ada juga beberapa yang masih mau produksi kendati sedang mabung, tapi itu jarang sekali.”

 

EKO DAN ANAKAN YANG SEGERA DIKIRIM

 

Indukan sebanyak itu diperoleh Eko dari beragam sumber. Ada yang beli jago hasil mantau di lapangan, ada yang beli indukan bedol kandang, ada pula yang beli masih trotol.

“Yang beli cabut atau bedol kandang itu dari indukan yang sudah punya nama. Misalnya Marcopolo, itu adiknya Bajak Laut, anakan atau trah Sadewa – DDF BF.”

 

 

Ada calon induk yang awalnya dibeli dari trotol, Eko enggan menyebutkan asal breedernya. Yang jelas, setelah kini semuanya bisa produksi, anakannya juga bagus-bagus dan semuanya bisa terserap pasar.

Untuk lebih memahami bagaimana Eko mengembangkan VAS BF, setelah membaca selengkapnya artikel ini bisa melihat vidionya.

 

Pengalaman dari Suud, peternak murai sejak 2005. Buat meloloh, Twister tak perlu dicampur apa pun, piyik sehat cepat besar. Buat jago, kuat main sampai akhir penilaian, volume dan lagu bongkar. (baca SELENGKAPNYA)

Segera merapat di kios-kios / agen terdekat, bila belum ada mintalah untuk menyediakan, biar Anda dan para kicau mania lainnya lebih mudah mendapatkannya. Coba dan buktikan kualitasnya, dan berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

GABUNG APBN, ANAKAN MAKIN LARIS

Ketika ada organisasi khusus untuk para penangkar bernama APBN beberapa tahun lalu, Eko langsung memutuskan untuk bergabung. “Karena kita ini hidup bermasyarakat, perlu bergaul, perlu berjejaring. Dari situ kita bisa saling bertukar pengalaman, bisa ketemu sama yang lebih senior dan kaya pengalaman, secara langsung atau tidak langsung bisa jadi tempat belajar yang sangat baik.”

Apalagi, setelah APBN berkembang begitu pesat dengan jumlah anggotanya terus bertambah puluhan ribu breeder. “APBN itu juga sudah menjelma menjadi pasar yang begitu besar. Banyak sekali transaksi terjadi di antara sesama anggota APBN, biasanya untuk menambah atau memperbaiki materi. Saya pernah beli ke anggota lain, pun anakan dari saya juga sering yang beli sesama anggota.”

 

ANAKAN VAS BF, SUDAH MEMAKAI RING APBN

 

Ada juga semacam “insentif” yang benar-benar secara nyata dan langsung dirasakan oleh para peternak seperti dirinya. “Yang sangat jelas sudah saya rasakan, anakan jadi semakin laris, semakin banyak yang cari. Kalau mau, bisa saja bandrol dinaikkan. Tetapi kita tidak boleh memanfaatkan situasi seperti itu, karena kita mikirnya kan jangka panjang, dan kita juga berharap konsumen itu bisa langgeng untuk menambah persaudaraan.”

Meningkatnya permintaan anakan yang memakai ring APBN, seiring dengan semakin banyaknya lomba yang membuka kelas khusus Ring APBN dengan harga tiket terjangkau tetapi hadiahnya besar. Apalagi, sejak trotol juga sudah ada lombanya.

 

 

“Untuk lokalan eks karesidenan Banyumas, gelaran Piala Ngapak pada Agustus besuk juga telah memicu peningkatan permintaan. Banyak yang cari-cari jago-jago yang pakai ring APBN.”

Tanpa ragu, Eko pun merekomendasikan para penangkar atau calon penangkar untuk mengikuti langkahnya bergabung dengan APBN. Caranya juga mudah, bisa melalui Korwil APBN setempat, atau mendaftar melalui www.apbnendemik.com, atau akan dibantu dengan menghubungi koordinator nasional bapak Dody Naga di nomor 0813-9907-1971 . Bagi yang ingin kenal lebih dekat dengan Eko VAS BF Purbalingga, ini nomor kontaknya 0813-9111-9639. [maman, maltimbus]

 

BERIKUT VIDIO BREEDING VAS BF PURBALINGGA:

KATA KUNCI: vas bf purbalingga eko vas bf apbn breeding murai batu

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp