SEKDA SLEMAN BERKENAN HADIR KE GANTANGAN KRAJAN

DATA JUARA 17th ANNIV. GANTANGAN KRAJAN

Kritik, Pertanyaan, dan Penjelasan Panitia

Bagi Anda yang pernah ke sini, tentu mahfum bila Gantangan Krajan berada di tengah perkampungan. Namun, fasilitasnya cukup memanjakan. Ini juga gantangan pertama di Jogja yang kerap menggelar event besar dan berani tanpa pagar!

Ya, pembeda dengan banyak gantangan lain, di sini selain untuk gelaran rutin levet Latber-Latpres, juga ada event tahunan yang cukup akbar, dan digelar tanpa pagar. Peserta penuh-penuh dari awal sampai akhir, tapi suasana lomba tetap bisa dijaga kondusivitasnya.

“Maaf, di Jogja bisa dilihat, hanya kita yang berani menggelar event besar, dengan tiket sampai dengan 1,5 juta, tanpa pagar sama sekali. Lihat kan dari dari awal sampai akhir tetap kondusif, tidak ditemui komplain, memang ada beberapa teman yang bertanya, setelah kita jelasknya juga bisa paham,” urai Bayu kepada burungnews seusai lomba.

 

RINCIAN HADIAH TIAP KELAS DIPERLIHATKAN PADA CALON PENERIMA

 

Bayu pun menjelaskan kenapa mereka berani menyiapkan lomba besar tanpa pagar. “Kalau mau, ibarat mau pasang pagar rangkap berapa pun ya kita ada, tapi kita merasa itu memang tidak perlu,” tegas Bayu.

Satu hal berpijak yang membuat berani, menurut Bayu, karena sejak Gantangan Krajan beserta seluruh team juri, punya niat baik, bersih, ingin menggelar lomba ini benar-benar secara terbuka, sportif, fairplay. “Jadi gantangannya terbuka tanpa pagar, sistem penjurian atau ajuan juga terbuka, hingga penyerahan hadiah data pun kita open seopen-opennya, berapa tiket atau uang masuk, berapa bagian untuk panitia, dan berapa untuk para juara. Tidak ada dusta di antara kita pokoknya,” imbuhnya.

 

SEKDA SLEMAN BERKENAN HADIR KE GELARAN GANTANGAN KRAJAN

 

Sejumlah peserta yang bertanya, menurut Bayu, lebih karena belum paham dengan sistem baru yang diterapkan di Krajan. “Misalnya, kenapa bendera kecil (mentok) tidak genap dari 4 juri padahal menurutnya secara umum burung kerja sangat bagus, atau kenapa sudah dapat 4 bendera, kok tidak dapat koncer.”

Setelah ditelusuri, banyak yang belum paham bahwa pada sistem blok yang berlaku di Krajan, syarat dapat bendera mentok, di setiap rolling/blok burung harus tetap kerja dalam perfoma terbaiknya. “Misal salah satu juri atau lebih pas sedang di bloknya melihat gembos atau sering jeda dan dianggap terlalu lama, ya si juri itu tidak menemukan, tidak kasih bendera mentok, membuat dalam pertimbangan nominasi pun tidak ikut.”

 

BARU... TOPSONG PREMIUM, mengandung enzim alami serangga, burung lebih gacor, daya tahan lebih tinggi. Tersedia TOPSONG PREMIUM ANIS MERAHMURAI BATUHWAMEY (PREMIUM GOLD), LARK / BRANJANGANMINI PELETBEO.

Segera dapatkan di kios langganan Anda, buktikan perbedaannya.

 

Berikutnya, burung yang meraih 4 bendera kecil mentok, bukan berarti pasti masuk nominasi, apalagi diajukan koncer. “Dari 24 burung misalnya, boleh jadi yang dapat 4 bendera mentok bisa jadi 10-15 burung atau bahkan lebih. Dari jumlah itu, kan mesti diperas lagi, apalagi untuk kasus 24-G, kita hanya ambil 1-5 saja. Selain durasi, juri harus memilih mana yang lagu lebih bervariasi, lebih merdu dan panjang-panjang, volume lebih tembus. Intinya, kita dan para juri sejak awal sepakat mencari kualitas terbaik, bukan mencari-cari pelanggaran atau kesalahan burung.”

Nah pada pembagian hadiah, para juara juga akan diperlihatkan data jumlah peserta, jumlah uang pendaftaran, dikurangi jatah panitia 25%, dikurangi untuk tropi, sisanya sepenuhnya dibagi secara proporsional untuk para juara. Jadi tinggal dicocokkan, apakah jumlah uang di amplop sudah sama dengan data pada tabel yang dimiliki panitia.

 

BANG JACK. MB RADIKAL JADI BINTANG, RAIH DOUBLE WINNER

 

Sejumlah peserta, sebut saja Edy Cool, mengaku datang karena penasaran dengan sistem baru yang ditawarkan Krajan. “Kalau secara saya, pantuan hanya sekali rolling itu kurang, mestinya tetap ada pantauan bebas untuk membandingkan antara bintang antar blok. Itu salah satu yang terlihat jelas,” ujarnya.

Soal ini, Bayu mengaku sebagai salah satu yang akan diperbaiki. “Sebenarnya, dalam sistem resmi kita, ada pantauan bebas selama 2 menit. Hari ini sangat kasuistis kita hilangkan untuk mengejar waktu, apalagi tadi sempat kena break karena ada Pak Sekda rawuh. Namun meski tanpa pantau bebas “resmi”, ketika memilih bendera koncer dari blok masing-masing para juri otomatis juga melakukan banding-banding di antara burung yang sudah terpilih masuk nominasi.”

 

 

Bayu juga mengakui bila event kali ini ternyata memang terlalu banyak kelasnya. “Waktu jeda istirahat juri juga tidak ada, padahal dari awal sampai akhir, peserta secara umum penuh terus, juri kelelahan terus terang saja. Ini membuat perfoma para juri memang sedikit menurun. Ya, kenapa kelas jadi banyak begini yak arena antusiasme luar biasa. Semua pada minta dibuatkan kelasnya, teman-teman komunitas.”

Bayu pun berjanji padal aga berikutnya, setelah jumlah burung tiap kelas dibatasi, jumlah kelas/sesi pun akan dikurangi, tidak boleh terlalu banyak. “Pertama, terimakasih untuk semua dukungan dan kehadirannya. Kedua, mohon maaf bila masih ada yang merasa kurang nyaman dan berkenan. Pokoknya, jangan ragu kalau ada kritik dan masukan.”

Terakhir, Bayu menginformasikan, bila sistem yang digodok oleh Gantangan Krajan dan mulai diterapkan ini, akan didaftarkan hak kekayaan intelektualnya supaya sah dan legal jadi milik gantangan Krajan. “EO lain mau menggunakan, silakan saja, yang penting mesti ada ngomong dulu lah, minta ijin, jangan asal dari melihat, terus diambil atau ditiru begitu saja.” [busro, maltimbus]

 

GALERI FOTO:

DANANG MBOK SABAR. MB BAYI AJAIB CURI JUARA

 

FADIL. CH ARTOMORO MASIH EKSIS

 

KG. CENDET MERAPI BORONG JUARA

 

 

 

 

TAHRIR. BORONG JUARA MURAI BATU

 

VICKY POLDA SF. GARENG, GACO BARU LANGSUNG MEROKET

 

AGUS BAROKAH. SELALU MENDUKUNG DAM MERAMAIKAN LOMBA DI JOGJA

 

ANTONY YELLOW RIVER. CH YELLOW RIVER RUNNER UP

 

RED FANATIC SOLO. IKUT MERAMAIKAN ANNIV. KRAJAN

 

Burung yang sebelumnya bunyi tiba-tiba MACET dan memBISU? Berikan MONCER-1 selama beberapa hari, lihat perbedaannya dalam 5-7 hari, dijamin langsung JOSS kembali.

 

 

 

 

 

 

BROSUR SOLO FAIR BATTLE:

 

BROSUR JOGJA ISTIMEWA KE-20:

 

BROSUR PIALA ANDHANG PANGRENAN:

 

Burung yang sebelumnya bunyi tiba-tiba MACET dan memBISU? Berikan MONCER-1 selama beberapa hari, lihat perbedaannya dalam 5-7 hari, dijamin langsung JOSS kembali.

KATA KUNCI: anniversary gantangan krajan bayu krajan putra master jogja jack bf murai batu radikal puji pbi murai batu predator

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp