BRANJANGAN REPUBLIK INDONESIA BIRD FARM YOGYA

Breeding Branjangan Poligami Berkualitas, Harus Rela Inden

Nama Erwantoko atau yang akrab dipanggil Erwan Krapyak  sudah cukup familiar di kalangan kicau mania pada umumnya, apalagi para branjangan mania / branjes. Erwan adalah seorang breeder branjangan sejati.

Erwan memulai breeding sejak awal tahun 2014 ia breeding murai batu sebanyak 14 pasang sampai akhir tahun 2017. Setelah itu sekitar bulan April 2018 semua indukan murai batu dijual semua berganti ternak branjangan. “Sekitar bulan April 2018 indukan murai ada 14 pasang saya jual semua untuk membeli indukan branjangan, dapat tiga indukan branjangan javanica pada waktu itu.” terang Erwan.

 

 

MESIN TETAS TELUR DI BRI BF

 

Bulan Oktober 2018 dari ketiga indukan tersebut sudah ada yang mulai produksi “Senang sekali dalam waktu 6 bulan sudah ada yang produksi meskipun ada kendala anakan yang mati, ini yang menjadi saya semakin bersemangat untuk belajar memahami karakter indukan branjangan, saya belajar secara otodidak.” Imbuhnya.

Berapa Erwan membandrol anakan yang indukannya adalah burung-burung terpilih? “Untuk anakan kami jual dengan harga 8 juta, dan harus rela antri atau inden” imbuh Erwan.

 

INDUKAN DI BRI BF

 

Bukan berarti tidak pernah menemui kendala. “Ada indukan yang tak mau mengerami telur. Untunglah sekarang sudah ada solusi. Telur kita pindah di mesin penetas”. Mulai dari umur 1 hari sejak menetas Erwan dengan telaten meloloh anakan branjangan setiap 1 jam sekali.

Dengan nada merendah, Erwan mengaku belum apa-apa dibanding para breeder branjangan lainnya. "Saya masih harus banyak belajar dengan para senior. Apalagi saya yang baru memulai breeding kan belum lama. Semoga tetap bisa mengatasi kalau ada kendala-kendala baru."

 

 

Di BRI BF menerapkan sistem poligami dimana satu pejantan dikawinkan dengan beberapa induk betina. “ bisa dibilang irit biaya untuk membeli induk betina” ucap Erwan.

Di luar pejantan yang berasal dari burung-burung bagus, ternyata menurut Erwan gen betina lebih kuat dalam menurunkan karakter.

 

ERWAN PANEN ANAKAN UMUR 4 HARI

 

“Rawatan harian hingga setingan lomba itu penting. Tapi kalau bagaimana burung gampang tampil, terus kecerdasannya dalam mencerna suara dari master, suara dan cara bawa lagunya enak, itu faktor gen atau trah keturunan sangat penting. Yang paling kuat menurunkan itu dari gen betina.”

Mengetahui penjantan yang bagus bisa dari penampilan dan prestasinya di lapangan. Bagaimana kita bisa tahu bila induk betina kita itu bagus?

 

ERWAN DI DEPAN KANDANG TERNAK BRANJANGAN

 

Erwan mengaku butuh seleksi yang cukup lama. “Tidak cukup hanya mencermati tongkrongan atau fisiknya saja, atau produktivitasnya. Kita juga perlu menguji pada anakannya. Apakah anakannya pada bagus, gampang nampil, dan seterusnya. Itu sebabnya perlu waktu yang cukup lama.”

Indukan Jantan jumlahnya lebih sedikit,ada 9 pejantan dan 12 betina karena Erwan menerapkan sistem poligami. “Satu pejantan bisa buat ngawin 5 betina. Kalau sudah nelur, tugas mengerami dan bila memungkinkan juga meloloh, adalah betina dilihat dar karakter betinanya kalau betina yang sayang sama anak ya biarkan diloloh induk.”

 

 

Sekali nelur 3-4 butir. Menetas tidak selalu bareng berselisih rata-rata satu hari. “Piyik ada yang saya panen umur sehari lanjut loloh di luar, tapi juga ada yang saya biarkan diloloh indukannya sampai bisa makan sendiri. Tergantung juga karakternya nakal atau tidak. Karena diloloh indukan juga risiko, kalau birahi lagi, bisa ditelantarkan itu anaknya.”

Kandang penangkaran milik Erwan tampak sederhana, sebagian besar memanfaatkan kandang batery yang biasa dipakai untuk love bird. Ada juga beberapa kandang yang ukurannya lebih besar, sekitar 90 cm persegi.

 

ANAKAN UMUR 4 HARI

 

“Sebenarnya dengan kandang besar, induk menjadi lebih tenang. Tapi kan butuh ruang yang besar. Sementara ini kan ternaknya lebih banyak memanfaatkan ruangan yang sudah ada.”

Ada empat ruang utama yang dipakai untuk ternak branjangan 3 x 4 meter semua terisi penuh. Sembilan pejantan dan 12 betina. Bagi anda yang mau belajar ternak branjangan ataupun mau membeli anakan branjangan bisa lanhgsung ke alamat Krapyak Wetan RT 2 No. 32A Kel. Panggungharjo Sewon, Bantul Yogyakarta atau bisa menghubungi di nomor WA 085869177640 (Yusan) atau 08179432984 (Erwan). [MAMAN]

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

ANAKAN BRANJANGAN UMUR 1 BULAN

 

Hari gini belum pakai TWISTER? Segera merapat di kios-kios / agen terdekat, bila belum ada mintalah untuk menyediakan, biar Anda dan para kicau mania lainnya lebih mudah mendapatkannya. Coba dan buktikan kualitasnya, dan berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

ERWAN BERSAMA EDU FARMILY'S

 

ALAMAT DAN NO WA BRI BF

 

 

 

KATA KUNCI: branjangan republik indonesia bird farm yogya breeding branjangan

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp