DEDEK AKSI, DUKUNG KELAS BRANJANGAN, SIAP DENGAN JAGO RING

BRANJANGAN KEMBALI MARAK

Piala Kapolda Jateng Jadi Ajang Konsolidasi Menuju Piala Raja

Semangat dan gairah para branjes semakin bertambah setelah PBI memutuskan untuk kembali membuka kelas branjangan. Ada syarat pakai ring, tapi sudah banyak breeder yang sukses. Piala Kapolda Jawa Tengah jadi ajang konsolidasi menuju Piala Raja.

Masuknya kembali kelas branjangan adalah hasil keputusan dari Munas / Rakernas PBI yang digelar di Yogyakarta, 3 – 4 Mei 2018. Keputusan ini mendapat sambutan positif dari para branjes, sebutan untuk para penggemar branjangan.

“Kami sudah lama mengusulkan dan berjuang agar PBI mau membuka. Penggemar semakin banyak, yang sudah berhasil breeding juga cukup banyak. Bahkan hasil breeding juga sudah mulai bermunculan di lapangan. Jadi sudah layak kalau PBI mau menerima kembali kelas branjangan,” ujar Dede Aksi dari Kartasura, salah satu tokoh yang dituakan para branjes.

Apa pun jenis burung Anda, VIRAL menyediakan pakan yang cocok untuk mendukung menjadi juara.

 

 

Meski sempat meredup, dalam beberapa tahun belakangan ini komunitas branjangan semakin bergariah dan menunjukkan eksistensinya. Para EO yang membuka kelas ini dan sebelumnya melakukan koordinasi yang baik dengan komunitas, selalu dipenuhi peserta.

Rasa persaudaraan di antara para branjes memang luar luar biasa. Para branjes yang tinggal di kota tempat lomba digelar, atau yang terdekat, akan aktif mengundang branjes-branjes dari luar kota. Meskipun jauh, mereka mau datang mendukung. Biasanya juga ada tradisi makan kembul atau makan bersama-sama “mengepung” nasi dan lauk di atas daun pisang.

Yang patut jadi contoh, adanya kesepakatan untuk berlomba secara tertib dan fairplay. Jadi, tanpa dikomando panitia, tidak ada cerita para branjes saling tunggu sebelum menggantang. Tidak ada cerita pula branjes yang sudah bergabung dalam komunitas mendekati juri lantas membisikkan nomor gantangan. Pokoknya begitu gantang, langsung menepi, duduk manis sambil menikmati dan mengamati kicauan branjangan.

“Siapa pun yang menang, kami semua bangga dan senang. Burung siapa pun kalau memang tampil bagus, kita semua memang jadi ikut terhibur,” imbuh Dedek lagi.

 

KOMUNITAS BRANJANGAN JOGLOSEMAR, SIAP RAMAIKAN PIALA KAPOLDA JATENG DAN PIALA RAJA

 

Kini, keluarga para branjes dipastikan juga akan terus bertambah. Menurut Miko, salah satu branjes dari Jogja, setelah PBI mengumumkan hendak membuka lagi branjangan, sejumlah kicaumania kini juga siap bergabung dalam branjesmania. Salah satunya misalnya Achun-Ronald Owen yang langsung mentake over salah satu branjangan terbaik di Jogja.

Dedek salah satu yang sudah bersiap dan melakukan antisipasi, dengan menyiapkan beberapa jago yang sudah memakai ring yaitu ATM dan Presiden. “Di Piala Raja nanti bisa ketemu dan kumpul sesama penggemar branjangan itu rasanya sudah bahagia, menang kalah itu urusan belakang,” lanjutnya.

Menurut Yosi, bagian reservasi tiket Piala Raja, hingga sekarang pemesan kelas branjangan sudah terisi 40an pemeserta, alias di atas separuh. Even Piala Raja sendiri baru akan digelar pada 23 September yang akan datang di Taman Candi Prambanan.

Komunitas Branjangan Joglosemar memiliki anggota aktif lebih dari 100 orang di blok tengah, dengan sekitar 30an di antaranya aktif dan rajin menghadiri lomba. Selain even-even PBI, sejumlah gelaran juga membuka kelas branjangan yaitu KM Jateng Cup di Semarang  dan Sumber Pucung Cup Malang pada 8 Juli yang lalu, serta yang akan berlangsung adalah Piala Kapolda Jawa Tengah pada 22 Juli 2018.

Ketua panitia Piala Kapolda Jawa Tengah H. Hakim Sadewa mengaku sudah melakukan koordinasi dengan teman-teman komunitas branjangan. “Insya Allah, mereka bakal pada datang meramaikan, semoga saja semuanya tidak ada halangan.”

Para branjes dipastikan akan bisa menjadi contoh dan membuat kagum para kicaumania lainnya dalam hal ketertiban, kesantunan, serta semangat dalam menjaga persaudaraan dan fairplay yang sangat luar biasa.

(sebagian besar konten tulisan pernah dimuat di tabloid Agrobur edisi  935)

 

BROSUR PIALA KAPOLDA JAWA TENGAH, KLIK DI SINI

BROSUR PIALA RAJA JOGJA, KLIK DI SINI

KATA KUNCI: dedek aksi h hakim sadewa piala kapolda jawa tengah piala raja 2018 komunitas branjangan

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp