MR MACARIUS. PENGGAGAS DAN PENANGGUNG JAWAB OSP V

BANJIR PLECIMANIA DI OSP V PIALA GUSTI PRABU 3 DESEMBER

Bagikan Berkah untuk Masyarakat Terdampak

Ya, Ribuan plecimania bakal membanjiri gelaran tahunan One Stop Pleci V – Piala Gusti Prabu, Minggu, 3 Desember di kawasan Candi Banyunibo, Prambanan. 4.800 tiket dipastikan terserap, dan bakal ada permintaan tambahan kelas.

Penggambaran dengan istilah “banjir” memang tidak berlebihan. Pesertanya benar-benar memang banyak, bakal tumpah ruah hingga ke kampung-kampung sekitar lapangan.

Akan merasa terganggukah masyarakat? Tunggu... banjir yang satu ini dijamin bakal membawa berkah bagi masyarakat yang terdampak. Wajar bila mereka malah siap memberikan sambutan yang hangat untuk para plecimania yang datang dari seluruh penjuru negeri.

 

 

ASUPAN PATEN PARA JUARA, BERANI COBA?

 

“Kita sudah koordinasi sejak jauh hari. Kita ingin melibatkan masyarakat yang terdampak langung di sekitar gantangan. Para peserta kita arahkan bisa tinggal dan menginap di rumah-rumah penduduk, sekaligus untuk menyediakan konsumsi, baik selama menginap maupun di lapangan saat berlangsungnya lomba,” ujar Mr. Mac, penggagas dan penanggung jawab even OSP V yang kali ini bertajuk “Piala Gusti Prabukusumo”.

Brosur kemasan even ini pertama dirilis melalui media sosial pada 6 November jam 17.00. Hanya dalam waktu 4 hari, 10 November jam 17.00 pesanan ditutup setelah mencapai 3.400. Sementara ini, total tiket yang tersedia adalah 4.800.

 

 

“Memang tidak kita habiskan di pesanan. Sisanya sekitar 1.400 bakal kita jual langsung di lapangan pada hari-H. Itu pasti langsung habis, dan biasanya akan ada permintaan tambahan kelas, itu akan kita lihat situasinya memungkinkan apa tidak, terutama dalam hal waktu,” tandas Mr. Mac.

Bila mengaku pada kontes sebelumnya OSP IV di Pyramid jalan Parangtritis, peserta memang benar-benar membludak. Pyramid yang sesungguhnya sangat luas pun tak mampu menampung parkir, hingga meluber ke sepanjang jalan Parangtritis sekitar Pyramid, dan memacetkan lalu lintas.

 

PALING COCOK UNTUK BURUNG KECIL SEPERTI PLECI DLL

 

Pesertanya sungguh dari semua kalangan. Ada yang datang dari jauh, misalnya Surabaya di ujung timur hingga Serang di ujung barat pulau Jawa, mengaku menumpang bus umum. Banyak yang rama-ramai berombongan mencarter kendaraan, mulai minibus, bus mini seukuran ELF, bus kecil, hingga puluhan bus besar. Paling banyak tentu yang membawa kendaraan pribadi.

Hal yang sama juga akan terjadi pada even kali ini. “Itu sebabnya antisipasi sudah jauh hari kita lakukan, termasuk memilih lokasi yang lebih ke dalam, tidak persis di pinggir jalan. Ini sekaligus untuk memperkenalkan kawasan candi yang selama ini kurang mendapat perhatian wisatawan, sekaligus juga memberdayakan masyarakat sekitar.”

 

 

Urusan parkir, pengaturan lalu lintas, sampai pondokan peserta, akan dilakukan sepenuhnya oleh masyarakat, tapi terus menerus melakukan koordinasi dengan panitia. Dalam seminggu terakhir, juga sudah dilakukan beberapa kali simulasi. “Sekarang peserta sudah mulai datang, dan masyarakat benar-benar memberikan sambutan yang hangat dan menyenangkan.”

 

BROSUR OSP PIALA GUSTI PRABU, KLIK DI SINI

KATA KUNCI: one stop pleci osp v piala gusti prabu mr. macarius

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp