ANWAR WIRANTO DAN LB PETUALANG. BESERTA SEBAGIAN TROPI KEJUARAAN

ANWAR WIRANTO JEMBER

Dibeli Karena Paling Murah, LB Petualang Jadi Konslet Setelah Dicabut Paksa Bulunya

Love bird memang menjadi jenis burung yang paling ramai diminati kicaumania saat ini. Selain harganya terjangkau untuk ombyokan di pasar/kios burung, kicaumania juga banyak yang beternak. Dari kalangan bawah sampai atas, mampu memiliki burung paruh bengkok dengan berjuta warna ini. Salah satunya adalah Anwar Wiranto.

Meski masih terbilang baru terjun di dunia kicaumania, nama Anwar kini melejit lewat aksi love bird Petualang miliknya. Petualang yang saat ini sudah banyak dikenal kicaumania lewat kekekan panjang yang dibawakan dengan gaya sujud berkarakter konslet ini, ternyata berasal dari ombyokan yang Anwar beli di kios burung.

 

 

ANWAR WIRANTO PEMILIK LOVE BIRD PETUALANG

 

Berbekal keinginan untuk terjun di dunia kicaumania khususnya love bird, Anwar mencari calon gacoan di kios-kios burung yang menyediakan ombyokan. “Dulu saya memiliki modal tipis, jadi bisanya beli yang masih ombyokan yang harganya lebih murah, biar bisa ikut gantang,” tutur Anwar saat ditemui di kediamannya di daerah Perkebunan Renteng Jember.

Petualang dulunya Anwar pilih karena harganya paling murah. Di samping warnanya hijau standar dan masih berumur belia, Petualang saat itu mengalami banyak bulu sayap yang patah. Dengan semangat menggelora untuk bisa ikutan menggantang, Petualang yang masih 2 hari berada di tangannya langsung dibawa ke arena.

Tak disangka, Petualang yang saat itu ikut di kelas love bird paud berhasil menempati podium 2 dari 50 peserta. Petualang tampil perdana di arena BRC Rowotamtu garapan Mr. Tasor pada bulan Agustus dengan penjurian Radjawali Indonesia.

 

LOVE BIRD PETUALANG

 

Tampil receh dengan gaya kepak sayap, Petualang mampu mengumpulkan poin yang membuat Anwar terkejut. Sejak saat itu, Anwar sering membawa Petualang ke arena lomba, dan bisa dipastikan membawa pulang tropi dari setiap penampilannya.

Di usianya yang memasuki 5 bulan, Petualang pun memasuki masa ganti bulu. Proses ganti bulu ini tak sesuai dengan yang diharapkan Anwar. Bagaimana tidak? Sayap yang patah tidak mau copot, bahkan setelah bulu-bulu yang lainnya sukses berganti dengan bulu baru yang lebih rapi.

Apa yang dilakukan Anwar untuk Petualang yang sudah berprestasi di masa paudnya tergolong nekat. Dia mencabut paksa 6 helai sayap yang patah pada Petualang. Tanpa disangka, sejak bulu itu dicabut paksa, Petualang seharian ngekek panjang-panjang saat di rumah. Maka Anwar pun berinisiatif langsung membawa Petualang ke arena.

 

MIMPI INGIN PUNYA LOVE BIRD KONSLET? Jadikan kenyataan, cobalah berikan BIO KONSLET dari Ebod. Siapa tahu itu adalah rejeki dan hoki Anda.

 

Lagi-lagi, Petualang kembali menggemparkan arena BRC dengan raihan juara 1 di kelas love bird dewasa, dengan melepas kekekan berdurasi panjang. “Pas waktu itu saya juga kaget. Padahal baru saya cabut bulu sayapnya,” cerita Anwar kepada burungnews, sembari mempersilakan untuk meminum kopi yang sudah disiapkan di atas meja.

Sayangnya, tak berselang lama, Petualang mengalami puncak birahi sehingga mengalami mbebek yang membuatnya tak bisa tampil maksimal untuk beberapa hari ketika digantangkan. Segala macam cara Anwar lakukan untuk menurunkan birahi love bird kesayangannya ini. Seperti ngembun pagi, mandi rutin pagi, siang dan malam. Namun, semua itu tak mampu menurunkan birahi Petualang.

Akhirnya, Anwar yang memang suka membaca artikel burungnews, menemukan cara koloni untuk menstabilkan birahi love bird. Anwar pun membelikan love bird paud yang berjenis kelamin jantan untuk menjadi kolonian si Petualang. Cara ini pun menjadi puncak keberhasilan Petualang hingga saat ini.

 

TIM PENGGANTANG LOVE BIRD PETUALANG

 

Setelah 1 minggu di koloni, Petualang kembali diturunkan ke arena lomba. Rasa kaget kembali dirasakan Anwar, ketika Petualang tampil konslet kejer dengan gaya sujud berdurasi kurang lebih 40 detik. Yang saat itu diganjar juri dengan 3 bendera merah dalam sekali tarikan di arena BRC.

Tampil dengan gaya yang tidak seperti love bird pada umumnya, Petualang hampir tanpa henti melepas kekekan, yang hanya terputus saat ambil nafas dan diperkirakan hanya 2 detik saja. Raihan juara 1 pun kembali dibawa pulang Anwar lewat aksi atraktif Petualang.

“Tambah kaget juga sih saat itu. Gak nyangka kalo Petualang memiliki gaya seperti itu. Juri pun saat itu tidak mengira kalo Petualang bunyi karena ekornya berada di atas, sedangkan kepalanya di bawah. Suara juga jadi agak tipis setelah dikoloni,” ujar Anwar sambil tertawa mengingat gaya Petualang yang unik.

 

 

 

Dengan berjalannya waktu, banyak juri yang sudah mengerti dengan karakter ngekek Petualang. Prestasinya semakin hari semakin stabil. Nyaris setiap dibawa ke arena lomba, Petualang selalu memboyong tropi kejuaraan. Predikat sebagai love bird terbaik juga pernah disabet Petualang, saat tampil di kontes spesial BBC Bangsalsari Jember.

Untuk ke depannya, Anwar pun berencanan akan membawa Petualang melahap even-even luar kota. “Doakan saja Petualang menjadi salah satu love bird terbaik nasional,” harap Anwar yang sudah mengoleksi empat love bird untuk mengisi waktu ketika Petualang diistirahatkan.

KATA KUNCI: anwar wiranto petualang

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp