MR. TURMUDI (KANAN) DAN ANDI, DONGKRAK JUARA 1 CUCAK HIJAU VIP (Dok. Jagad Digital)

ANNIVERSARY KE-2 PUTRA PANJI TULUNGAGUNG, #3

Borong Juara, Ini Rawatan CH Dongkrak dan Tips Jaga Birahi Biar Stabil

Anniversary ke-2 Putra Panji Tulungagung (26/6) berlangsung meriah. Hampir semua kelas/jenis burung dijubeli peserta. Demikian juga di kelas cucak hijau yang pertarungannya berjalan seru dan ketat, aksi sejumlah jago benar-benar menyedot perhatian.

Salah satunya adalah Dongkrak milik Mr. Turmudi. Gaco yang dikawal bersama anaknya, Andi, berhasil menjadi kampiun di kelas VIP. Penampilan tetap stabil meski turun di beberapa sesi, terbukti masih bisa bertahan di posisi 2 di kelas G-20.

 

 

Apapun problem "bunyi" pada burung Anda, dari mulai MACET sampai hanya mau tampil angot-angotan, berikan MONCER-1, tunggu beberapa hari, langsung JOSS.

 

Kerja Dongkrak tak main-main, full hyper dengan isian utama gereja tarung, pelatuk sampit, dan suara kuntilanak.

Bagaimana Andi menyiapkan Dongkrak agar bisa tampil ciamik? Apakah memerlukan perawtan yang ajeg, intensif, dan panjang?

Dituturkan Andi, memang ada rawatan harian dan lomba  yang berbeda. “Kalau perawatan harian menu jangkrik pagi 3, sore 1, mandi 3 hari sekali. Jemur juga 3 hari sekali selama 30 menit,” paparnya.

 

Mr. BYLOD (KIRI) DAN MR. HENDRI (KANAN), WS KUASAI CH G-24 (Dok. Jagad Digital)

 

Untuk menjaga stamina, setiap hari mulai pagi sampai sore ditaruh di sangkar umbaran panjang 3 meter, lebar 1,5 meter. “Dalam sangkar umbaran kita biarkan saja, biar terbang sendiri, tidak perlu digepyoki agar terbang ke sana ke mari,” lanjutnya.

Persiapan lomba berbeda dengan rawatan harian. Menjelang lomba, pagi wajib mandi karamba, biar badannya segar dan bisa tampil stabil. “Sehabis mandi dijemur selama 10 menit, lalu diberi jangkrik 5, ulat hongkong 1. Menjelang naik gantangan lomba, tepatnya kurang 2 sesi, dikasih jangkrik 1 dan ulat hongkong.”

 

 

Sebagaimana cucak hijau lainnya, Dongkrak juga biasa mengalami masalah birahi berlebih atau OB. “Menjaga birahi pada cucak hijau memang jadi penting agar burung mau tampil apik dan stabil. Kalau sudah parah, misal ditandai dengan lidah melet-melet, ya gak bakalan mau tampil.” jelas Andi lagi.

Andi sudah punya resep untuk mengatasi bila Dongkrak mengalami OB. “Simpel sih kalau pada Dongkrak mengatasinya. Jangkrik harian diberikan 1 ekor saja, ditambah buah full papaya. Mandi biasanya 3 hari sekali, dibuat lebih sering bila perlu setiap hari, dan diumbar,” jawabnya.

 

NUGROHO DARI CAGO SF, MOGENS JUARA 1 CH EXC (Dok. Jagad Digital)

 

Dongkrak sudah punya bejibunb prestasi sebelunm dibawa ke Anniversary Putra Panji. Di gantangan Putra Panji sendiri sudah sering diturunkan, apakah itu setingkat Latber dan Latpres. Hasilnya, sering juara.

Pada laga yang lebih besar, seperti Piala Radja RGN bisa meraih juara 1 kelas utama, melawat jauh ke Piala Pradana di Klaten juara 3 kelas utama. “Minggu besok persiapan ke gantangan Sultan Malang,  selanjutnya 27 Juni 2021 ke Piala Jatim Raya bersama RGN Mojokerto,” tandasnya.

 

 

Dengan kualitas materi, perfoma yang stabil, dan deretan prestasi nan istimewa, wajar bila banyak yang kepincut ingin mendapatkan Dongkrak. Pernah ditawar sampai 80 juta rupiah, namun tidak dilepas.

“Bukan tidak boleh, tapi maaf arga belum cocok. Belum berjodoh kali ya. Kalau sudah cocok ya Insya Allah kita lepas. Pernah saat tanding di Sidoarjo, ada pantauan 100 juta, namun belum hoky, karena Dongkrak tidak jalan,” ujarnya terus terang.

 

DOLAR MILIK OYEX JR RATU CELL JUARA 2 CH KLS TAMBAHAN (Dok. Jagad Digital)

 

Bagi Anda para penggemar cucak hijau, ada juga informasi tips sederhana yang mungkin bermanfaat. Cucak hijau adalah burung pemakan buah, umumnya diberikan pisang kepok sebagai pakan utama. Perhatikan baik-baik, bila Anda membeli pisang di kios burung / pasar, sebagian besar sudah dikarbit agar cepat matang atau empuk.

Pada kadar tertentu, karbit yang merasuk sampai ke buah, bisa berakibat tidak baik pada kesehatan burung. Bukan sekadar menurunkan kondisi, bahkan juga bisa sampai pada kematian. Solusinya mudah, pisang yang baru dibeli jangan langsung diberikan kepada burung, tetap rendam dulu alam air bersih selama semalam.

 

BARU... TOPSONG PREMIUM, mengandung enzim alami serangga, burung lebih gacor, daya tahan lebih tinggi. Tersedia TOPSONG PREMIUM ANIS MERAHMURAI BATUHWAMEY (PREMIUM GOLD), LARK / BRANJANGANMINI PELETBEO.

Segera dapatkan di kios langganan Anda, buktikan perbedaannya.

 

Besuknya setelah air ditiriskan, buah pisang sudah aman diberikan kepada burung. Tips ini diberikan oleh Mbah Komo, pengelola bengkel cucak hijau dari Boyolali. Tips ini berawal dari pengalaman Mbah Komo sendiri. Burung yang dirawatnya bukan hanya pernah sakit, tapi juga mati karena keracunan karbit yang merasuk ke buah pisang.

Kembali ke Anniversary Putra Panji, sejumlah jago cucak hijau lain juga moncer di gelaran ini. Selain Dongkrak yang meraih juara 1 dan 2, juga ada sejumlah nama lainnya. Seperti WS milik Hendri dari Duta Blitar Vaganza yang menguasai kelas G-24,  ada pula nama Mogens milik Nugroho yang merebut juara 1 dan Dolar milik Oyek juara ke-2. [ferry]

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

DATA JUARA ANNIVERSARY KE-2 PUTRA PANJI – TULUNGAGUNG, KLIK DI SINI

 

 

KATA KUNCI: anniversary ke-2 putra panji tulungagung ch dongkrak

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp