KRU ROYAL MERAPI DI ANNIV. BIC JAKARTA


ANNIVERSARY BIC JAKARTA

Hwamey Kyoto Kembali Menang, Simak Perawatannya

Kyoto, salah satu hwamey andalan Royal Merapi Klaten kembali memenangi salah satu kelas di Anniversary BIC Jakarta, Minggu 19 Mei 2019. Sebelumnya, Kyoto menang di Piala Gubernur Jawa Barat dan Owen Cup Jakarta.

Hal ini membuat Kyoto menjadi salah satu yang terbaik di tanah air. Ia pernah unggul di sejumlah even akbar nasional dan menyisihkan sejumlah jago top lainnya. Kyoto bukan satu-satunya jago milik Royal Merapi. Beberapa jago lain yang sudah kerap menang antara lain Hiroshima dan Miyazawa. Belum lama ini juga bergabung satu jago lagi dalam jajaran Royal Merapi Klaten, yang diberi nama Tokyo.

Derick, yang dipercaya mengurus burung-burung Royal Merapi mengungkapkan, bila rawatan jago-jago di Royal Merapi secara umum hariannya dengan stelan rendah. “Hanya diberi voer dan ekstra  fooding jangkrik satu-dua ekor saja. Baik untuk hwamey, anis merah, murai batu. Relatif sama, perbedaan-perbedaan pada detil karena menyesuaikan karakter masing-masing burung.”

 

 

Untuk di lapangan, hal yang penting adalah memperhatikan sekitar gantangan. Memastikan setelah burung digantang, tidak meliat betina bahkan mendengar suara betina. Sempritan suara betina sebisa mungkin dihindari.

Voer memakai Topsong, untuk hwamey juga menggunakan Topsong Hwamey, baik untuk harian maupun stelan lomba sama. Demikian pula untuk burung yang sedang mabung. “Kalau mabung tetap mandi tiap hari, tapi tidak dijemur. Cukup dianginkan setelah bulu kerong kembali kerodong full, masuk ruangan yang tenang.”

 

DERICK RM. SEHARI-HARI MENGURUS JAGOAN ROYAL MERAPI

 

Dari 3 kelas hwamey, dua kelas lainnya dimenangkan oleh koleganya dari Solo, yaitu O’Sullivan yang dikawal oleh Adhi Dumillah. Jago lainnya yang dikawal oleh Pur Narita Solo yaitu Destroyer milik Ekaliza dari Komunitas Hambi Semarang, merebut posisi ke-2 dan ke-3.

Sejumlah event berikut yang akan membuka kelas hwamey, di antaranya adalah Kapolres Cup Sragen 16 Juni, LBC Cup Jogja 23 Juni, Piala Pakualam Jogja 30 Juni, Boss Cup Semarang 30 Juni, Delata Cup 2 Reborn Sukoharjo 14 Juli 2019.

 

 

Royal Merapi juga menurunkan jagoan kenari. Jazz yang dikawal oleh Noor Brewok mampu menduduki peringkat 3 kelas Standar Umum Juki (utama). Nama Jazz juga cukup disegani di kalangan kenari mania. Kerap menang di berbagai even lintas EO.

JUARA DI ANNIVERSARY BIC JAKARTA, KLIK DI SINI

BROSUR PIALA PAKUALAM JOGJA,  KLIK DI SINI 

 

 

 

KATA KUNCI: hwame kyoto royal merapi klaten paul intan klaten topsong hwamey

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp