ANIS KEMBANG MABUNG HARUS DIBERI PERLAKUAN KHUSUS SEBELUM DITERNAKKAN

ANIS KEMBANG MABUNG BISA DITERNAKKAN?

Kenapa Tidak!

Mungkin Anda pernah mengalami situasi seperti ini. Anis kembang yang sudah disiapkan untuk masuk kandang breeding, tiba-tiba mabung tanpa ada tanda-tanda sebelumnya. Jangan kawatir, dunia belum kiamat kok.

Masa mabung (moulting) adalah masa pergantian bulu yang selalu dialami oleh jenis burung apa saja termasuk anis kembang. Selama masa mabung, burung menyerap 25% protein yang ada di dalam tubuh burung.

 

 

DIBERI PAKAN BUAH PEPAYA AGAR PENCERNAANNYA LANCAR

 

Selama masa mabung, anis kembang juga memerlukan energi yang besar untuk memproduksi bulu baru. Sebab itu, burung harus mengkonsumsi lebih banyak makanan agar bisa mempertahankan pertumbuhan bulu baru.

Anis kembang jantan yang akan diternakkan, kadang tanpa diketahui mendadak mabung hingga ia akhirnya batal atau ditunda masuk kandang breeding. Meski demikian, bukan berarti ia gagal selamanya untuk tidak diternakkan.

Memang perlu ditangani khusus sampai bulu-bulunya tumbuh normal. Setelah bulu dan kondisi tubuh normal, baru anis kembang tadi siap diternakkan kembali. Setidaknya, hal ini dibenarkan Gus Bahruji, breeder anis kembang di Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang.

 

 

Berikut beberapa langkah penanganan anis kembang jantan yang mabung saat hendak kita ternakkan:

  • Burung diletakkan di tempat yang sepi dan jauh dari keramaian, terutama manusia.
  • Lebih banyak dalam kondisi dikerodong.
  • Mandikan cukup 1 kali seminggu.
  • Usai dimandikan, dijemur maksimal 30 menit.
  • Pemberian ekstra fooding (EF) diusahakan lebih banyak karena sangat diperlukan untuk pembentukan sel-sel baru dan untuk pertumbuhan bulu baru.
  • EF yang dimaksud adalah jangkrik tiap pagi dan sore masing-masing 4 ekor. Kroto tiap pagi 1 sendok makan, dan cacing 3 kali dalam seminggu masing-masing 2 ekor.
  • Setiap hari disediakan buah pepaya secukupnya. Fungsinya dapat melancarkan proses metabolisme dalam tubuh. Buah pepaya juga mengandung banyak vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh burung.
  • Umumnya, saat mabung lebih banyak diam dan mendengar, maka pada saat itulah saat yang tepat untuk mengisi variasi suara (memaster) sesuai dengan keinginan.

 

Setelah mabung selesai, AK jantan bisa diternakkan dengan betina pilihan yang notabene keturunan juara. Harus dipastikan, AK jantan benar-benar sudah pulih dan bulu-bulunya tumbuh kembali.

 

USAI MABUNG, PEJANTAN DIMASUKKAN KE DALAM KANDANG BREEDING

 

MEMBANGUN KANDANG BREEDING ANIS KEMBANG YANG IDEAL

 

Sebelum AK jantan yang baru rampung mabung dimasukkan kandang ternak, perlu menyiapkan kandang breeding yang ideal. Satu unit kandang breeding rata-rata berukuran panjang 1,70 cm, lebar 80 cm, dan tinggi 1,5 meter. Satu unit kandang juga bisa dibikin dengan ukuran panjang 90 cm, lebar 60 cm, dan tinggi 100 cm.

 

Berikut beberapa hal yang lebih detail mengenai kandang ternak untuk anis kembang:

  • Dinding kandang bagian belakang dan samping dibuat dari tembok.
  • Bagian depan dan atas kandang bisa berupa kawat kasa.
  • Alas kandang dibuat dari semen cor dengan kemiringan 20 derajat ke arah depan. Tujuannya, waktu penyiraman dalam kandang, semua kotoran hanyut ke arah depan kandang yang tak lain adalah media ternak cacing tanah.
  • Alas kandang juga bisa berupa tanah biasa.
  • Di alas kandang disiapkan bak mandi, dan di salah satu sudut kandang disiapkan tempat sarang.
  • Sebelum dimasukkan ke kandang breeding, induk betina yang masih berada di sangkarnya diperlakukan dengan ekstra fooding agar cepat birahi.
  • Takarannya bisa jangkrik 20 ekor per hari atau tiap pagi 10 ekor dan sore 10 ekor.
  • Calon induk jantan yang masih berada di sangkarnya cukup diberi jangkrik 7 ekor tiap jam 10 pagi. Perlakuan ini hanya berlangsung selama 1 minggu saja.
  • Untuk menjadikan lebih cepat birahi, juga bisa dengan memberikan asupan vitamin seperti Moncer-1 atau Super Breeding. Cara pemberian bisa dicampurkan dalam minuman, dioles pada pakan apakah itu jangkrik, kroto, atau voer, atau disuntikkan.

 

BETINA MENGERAMI TELUR DI KANDANG BREEDING

 

PAKAN CACING MENGIRINGI VOER

 

Andaikan perlakuan ekstra fooding sudah selesai demi menggenjot birahi calon induk jantan dan betina, maka kedua burung beda jenis itu langsung dimasukkan ke dalam kandang yang telah disiapkan.

  • Dalam waktu sekejap, sepasang anis kembang itu akan kawin, atau paling lambat 1 minggu sepasang burung itu akan kawin.
  • Selama proses penjodohan di dalam kandang, cacing tanah diberikan sebanyak 3 cepuk per hari yakni pagi 1 cepuk, siang 1 cepuk dan sore 1 cepuk.
  • Pakan voer diberikan sebanyak 1 cepuk dan selalu tersedia sepanjang waktu. Kalau habis, maka langsung ditambahkan.
  • Bak mandi dalam kandang harus selalu dibersihkan 2 kali setiap harinya.
  • Terhitung 2 minggu setelah sepasang anis kembang tadi dimasukkan dalam kandang breeding, induk betina akan bertelur antara 3 – 4 butir.
  • Telur-telur itu akan dieraminya selama 12 hari.
  • Setelah proses pengeraman, telur-telur tadi akan menetas menjadi anakan.
  • Biarkan anak-anak anis kembang itu dipelihara oleh induknya selama 6 – 7 hari.
  • Setelah 6 – 7 hari, anakan dimasukkan ke dalam kotak inkubator supaya selamat sampai dewasa.

 

Ada voer yang khusus didesain untuk breeding, baik indukan maupun kelak untuk meloloh anakan, yaitu TOPSONG for breeding. Tersedia dalam kemasan 1 kg, 10 kg, dan 25 kg. Peternak besar biasa membeli kemasan besar karena lebih efisien.

Dengan kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh burung breeding baik indukan maupun anakan, para peternak khususnya di Klaten merasakan produktivitas tetap terjaga kendati jangkrik dan kroto sedang sulit didapat, bahkan sesungguhnya bisa menggantikan sepenuhnya.

 

 

Pemberian EF jangkrik dan kroto juga harus dipastikan dalam kondisi segar, bersih, dan sehat. Dua jenis makanan ini selain agen nutrisi penting, bila tidak waspada juga bisa jadi agen penyakit yang mematikan.

Jangkrik yang baru dibeli, sebaiknya tidak langsung diberikan kepada burung, karena kita tidak pernah tahu di tempat asal bagaimana medianya, bagaimana pakannya. Boleh jadi media dan pakan yang diberikan kurang bersih dan sehat.

Kita bisa karantina dulu 2-3 hari, di media yang benar-benar terjaga kebersihannya. Berikan pakan sehat, misalnya sayuran yang bersih dari residu kimia, seperti wortel dan lainnya. Sekarang juga tersedia pakan jangkrik kemasan dengan kandungan nutrisi terstandar, juga bisa menetralkan kandungan berbahaya yang mungkin ada di jangkrik. Selain praktis, buat takarannya jadi selalu tepat, baik untuk breeding maupun buat nyeting burung lomba. Namanya Omega Vit.

KATA KUNCI: anis kembang topsong topsong for breeding moncer1 super breeding

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp