HENDRA JPN-& KACER TAXI, TIGA BULAN TIAP PEKAN NONSTOP JUARA 1 (dok. Tobil BnR)


5th ANNIVERSARY BKM BANTUL: Jadwal Bagus, Amukan Kacer Taxi Berujung Hatrik + Vidio

Kegarangan kacer Taxi sudah banyak dikenal orang. Sejumlah event akbar lintas EO pun menjadi saksi bagaimana kalau sudah ngamuk, benar-benar sulit dibendung. BnR Award akhir tahun lalu, hingga Robert Pantau Peduli dan Piala Ngapak, jadi sebagian bukti nyata.

Minggu, 6 September 2020, Hendera Jepang kembali membawa Taxi untuk bertarung di Anniversary ke-5 BKM Bantul. “Ini event meski skalanya tidak besar-besar amat, gantangan juga di tengah kampung, tapi sangat menantang. Prestisnya juga lumayan terdongkrak. Di Jogja, kacer kan bagus-bagus, dan pada turun juga. Jadi kemarin pertarungannya seru, ketat, dan menegangkan. Serasa lomba nasional pokoknya,” jelas Hendra.

 

 

Taxi serasa sangat dimanjakan dengan jadwal lomba yang menurut Hendra sangat bagus dan ideal. “Di event-event lain biarpun sekalanya lebih besar, kelas kacer rata-rata hanya dua kelas, di sini 3 kelas. Terus kalau lihat jadwalnya, duhhh ini seharusnya jadi contoh buat EO lain. Jeda dari sesi ke sesi berikutnya untuk jenis yang sama itu jangan terlalu lama. Di sini ideal, antara 5-7 sesi saja. Kalau terlalu lama, apalagi kemudian sesi akhir main sudah malam, burung susah kalau diminta stabil manteng terus. Pasti ada sesi yang mainnya sudah kendor.”

Begitulah, dari 3 kelas yang dibuka panitia, Taxi benar-benar menggempur lawan tanpa lelah, dari awal gantang hingga juri menyelesaikan penilaian. Juara 1 pun semuanya disapu bersih alias diborong oleh Taxi tanpa menyisakan buat lawan-lawan lainnya.

 

 

“Ini hari yang sangat membanggakan. Sudah lama sekali tidak merasakan hatrik, hari ini kembali dapat. Jadwal yang baik harus diakui jadi salah satu alasannya. Saya kira pemain kacer lainnya, bahkan semua jenis burung, mendambakan jadwal yang ramah seperti ini.”

Menurut Hendra, sudah 3 bulan terakhir Taxi digas terus tiap minggu lomba, dan selalu pulang dengan juara 1. “Meski hanya sekali, sering juga nyeri, tapi tiap pekan selalu dapat juara 1. Ini sudah dalam 3 bulan terakhir loh. Sebagian lomba yang diikuti memang skala lokal. Di saat pandemi corona lomba besar juga masih jarang, mungkin baru sebulan terakhir mulai ada yang buka.”

 

KACER TAXI DI BKM, JADWAL BAGUS BIKIN STABIL TAMPIL DI 3 SESI (dok. Tobil BnR)

 

Sepekan sebelumnya, Taxi sudah dipanaskan di event lokal Kades Selokerto, Gombong. Dua gelar juara 1 dibawa pulang. Bila kita terawang muundur lagi, Taxi masih mampu merebut juara di event nasional Robert Pantau Peduli Covid-19 Magelang dan Piala Ngapak yang lokasinya digeser ke Gombong.

Kuatnya daya gempur Taxi, bisa jadi juga karena pola rawatan yang diterapkan padanya. “Setiap hari, selama seharian dimasukkan ke kandang umbaran, tapi di kandang yang teduh. Kalau asupan, mengandalkan jangkrik yang hariannya 5 + 5, tetapi kalau menjelang lomba naik menjadi 10 + 10. Kalau hari H, ditambah ulat 10, jangkrik semau di makan. Di lapangan, setiap kali sebelum gantang juga mesti mandi.”

 

Yang di desa, di kota. Yang ikut lomba atau sekadar didengar suaranya di rumah. Dari generasi ke generasi sudah memakai TOPSONG.

 

Hanya itu saja? Sambil berbisik Hendra pun menambahkan. “Masih ada sih asupan tambahan. Sebenarnya ya rahasia he he he. Saya kasih vitamin JPN.” Tentu saja, Hendra hanya bercanda saat menyebut “rahasia”.

Lha, itu produk yang ia jual kok. “Kalau Anda pakai vitamin ini, kok tidak ada efeknya, jaminan uang kembali 100 persen, he he he,”. Nah, yang terakhir dia serius, meskipun tetap disampaikan sambil senyum jenaka.

Dalam vidio aksi saat meraih juara 1 kelas utama BoB tiket 10 juta BnR Award (15/12/2019) yang diposting oleh Havindo, disebutkan pula bila Taxi juga sudah mengkonsumsi voer Twister. Vidio ini juga bisa Anda tonton di bawah artikel ini.

Twister adalah pakan yang setahun terakhir ini diperkenalkan kepada publik secara masif sebagai pakan burung berenergi. Kicaumania yang sudah menggunakannya menyebutkan kualitasnya memang bagus, dengan melihat dari kotorannya. Kecil-kecil menyerupai pelet, kering, dan jumlahnya lebih sedikit dibanding menggunakan pakan lainnya.

 

Apapun problem "bunyi" pada burung Anda, dari mulai MACET sampai hanya mau tampil angot-angotan, berikan MONCER-1, tunggu beberapa hari, langsung JOSS.

 

Penampilan Taxi dalam 3 sesi di BKM memang gila. Taxi memang bukan tipe burung anteng satu titik. Tapi kerjanya luar biasa garang, powernya benar-benar kerasa nendang sampai luar pagar. Lagu-lagu kecil dan kristal juga menggelontor menyengat kuping.

Buka mulutnya lebar, bulunya sampai kejer-kejer. Sesekali ditingkahi bunyi sambil jalan, lalu membalikkan badan, lantas berpindah ke pangkringan bawah, beberapa saat kemudian pindah lagi ke pangkringan atas. Begitu terus tanpa lelah dari awal sampai akhir, stabil di 3 sesi.

 

 

Kemenangan ini menjadi modal bagi Hendra JPN untuk kembali bersilaturahmi di event-event mendatang, seperti Tribut to Helmy Suyuti di Ajibarang, Banyumas (13/9), dan akan kembali ke ibu kota mengikuti BnR Satoe Cup (20/9). Di event yang akan kembali digelar di Cibubur, Hendra sudah mengantongi tiket utama 5 juta.

Bila Anda merasa penggambaran penampilan Taxi itu berlebihan, tonton saja vidio aksi di salah satu sesi di BKM yang diambil dan dipost oleh pewarta Media BnR Tobil Nanang Kusuma. Chanel Tobil cukup unik, karena selalu menampilan vidio aksi tanpa editing, jujur, apa adanya tanpa kosmetik pokoknya. Jendela vidio bisa Anda akses setelah selesai membaca artikel ini.

 

Hari gini belum pakai TWISTER? Segera merapat di kios-kios / agen terdekat, bila belum ada mintalah untuk menyediakan, biar Anda dan para kicau mania lainnya lebih mudah mendapatkannya. Coba dan buktikan kualitasnya, dan berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

Bicara soal vidio, Hendra juga mengingatkan kepada para wartawan hobi, youtuber, atau siapa pun yang pengin ambil vidio dan kemudian menyiarkan atau membagikan ke publik, sebaiknya konfirmasi dulu untuk memastikan kebenarannya.

“Jangan sampai seperti kemarin, bukan Taxi disebut Taxi. Bukannya saya pengin diistimewakan, untuk ambil vidio burung saya harus minta ijin. Hanya buat konfirmasi biar tidak salah nulis atau nyebut nama tapi terlanjur terpublish. Saya yakin kalau itu terjadi pada orang lain pun juga tidak bisa menerima.”

Nah, ulasan tentang vidio terkait lomba burung yang beberapa kali jadi bermasalah baik dengan EO atau pemilik burung, akan dibuat artikel tersendiri. [maltimbus]

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

VIDIO AKSI TAXI DI BKM BANTUL:

 

TONTON JUGA VIDIO AKSI TAXI SAAT JUARA DI BOB TIKET 10 JUTA BnR AWARD:

 

 

KATA KUNCI: 5th anniversary bkm bantul kacer taxi hendra jpn sangkar jpn vitamin jpn vidio aksi kacer taxi

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp