SUPER N, SELALU ADA DI KOTAK PERALATAN KICAUMANIA

WASPADA & KENALI BAIK-BAIK

Produk yang Banyak Dipakai Kicaumania Ini Banyak yang Palsu

Di negara kita, memalsu atau membuat produk yang menyerupai produk asli yang banyak dipakai oleh masyarakat memang sering terjadi. Hal ini juga terjadi pada produk-produk untuk burung berkicau yang dikeluarkan oleh YBAS seperti Super N, Super N Kenari, dan X-Worm. Pemalsuan produk ini sebenarnya sudah lama terjadi, hanya saja belakangan ini semakin masif.

Hal ini disampaikan oleh owner YBAS H. Faqin Haikal atau sering dipanggil sebagai H. Faqin Superkicau kepada burungnews.com. “Kita tahu dari beragam sumber. Ada kalanya dari staf kita ketika memantau di pasar, terus ada juga laporan dari konsumen setia, misalnya tanya kok ada beda, atau ada komplain kok khasiatnya menurun. Ada juga dari kios atau agen yang konfirmasi ke kita, katanya ada penawaran dari distribur yang harganya lebih murah, ini benar produk yang asli atau tidak.”

 

 

Setelah diulik lebih lanjut, misalnya dengan meminta mengirimkan foto produk, ternyata itu produk yang tampak serupa tapi beda. “Alias palsu. Setelah kita lihat wujud fisiknya, meskipun dari foto, terlihat jelas kalau itu palsu. Dari gambar kemasannya juga sudah berbeda kalau kita melihat lebih jeli. Yang asli itu gambar lebih matang dan tajam, sementara yang palsu karena itu hasil nembak, tentu kualitas gambar di kemasan juga sudah menurun alias buram. Selain itu, untuk produk yang asli bagian bawah botol ada tulisan timbul YBAS. Itu cara mudah untuk membedakannya.”

Di luar karena ada pelaporan atau permintaan konfirmasi, H. Faqin juga mengaku kerap menjumpai sendiri di lapangan. “Saya dan beberapa kru kan secara periodik juga sering survei ke pasar. Melihat langsung bagaimana perkembangan produk kita, pengin tahu juga trend yang sekarang sedang banyak dicari, makanya kita selalu keliling dan berkomunikasi baik dengan agen maupun ke kios-kios secara langsung. Kalau ketemu yang seperti ini, kita mencoba melakukan edukasi kepada si pedagang.”

 

BEWOK DI KIOSNYA, JL PRAMBANAN - CANGKRINGAN. BANYAK YANG COCOK DENGAN SUPER N, WASPADA BARANG PALSU.

 

Om Faqin juga mengaku sudah melihat katalog produk yang ditawarkan oleh “distributor” dengan harga yang lebih murah. “Itu juga tidak masuk akal, masa harga yang diberikan bisa lebih murah dari harga dari produsen langsung. Masa sih ada distributor yang mau jual rugi. Yang ditawarkan di katalog itu bukan hanya dari produk dari kita, terdapat pula deretan produk-produk lain yang cukup laris. Tapi saya tidak tahu untuk produk lain, apakah harganya juga dibanting karena barang palsu atau tidak.”

Kepada para agen maupun di tingkat kios atau pengecer, om Faqin berharap untuk teliti sebelum mengambil barang yang ditawarkan dengan harga lebih murah dengan harapan bisa dapat untung lebih banyak. “Jangan mudah tergiur dengan harga yang lebih murah. Untuk memastikan, alangkah baiknya konfirmasi dulu ke kami apakah barang yang ditawarkan itu asli atau bukan. Kita kan punya data distribur kita. Kalau harganya jauh lebih murah dan distributornya tidak kita kenal, yang berarti itu palsu.”

 

Apapun problem "bunyi" pada burung Anda, dari mulai MACET sampai hanya mau tampil angot-angotan, berikan MONCER-1, tunggu beberapa hari, langsung JOSS.

 

Membeli barang-barang yang asli itu penting, untuk memastikan kualitas dan khasiat sebagaimana yang tertulis dalam kemasan. “Membuat produk yang bagus itu tidak mudah. Selain perlu riset yang panjang, juga butuh pembuktian terlebih dahulu melalui uji coba yang tak kalah panjang. Selama masa uji coba itu berbagai perbaikan juga terus dilakukan. Meniru produk yang bagus jelas tidak mudah, pasti beda kualitas, beda khasiat, juga rentan dengan efek samping yang sangat membahayakan burung.”

Bila masih ada keraguan, bisa menghubungi hotline 0812.3015.5030.

Kepada para pemalsu produk, om Faqin meminta agar segera menghentikan produksi dan distribusinya. “Ingat yang dirugikan bukan hanya kami selaku produsen, tapi juga banyak konsumen yang tertipu, karena mendapat produk yang kualitasnya tidak sesuai, juga berpotensi membahayakan burung peliharaannya.” [maltimbus]

 

 

KATA KUNCI: ybas h faqin haikal superkicau

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp