CETAK LOVE BIRD KONSLET DENGAN SISTIM UNTULAN.

TIPS CETAK LOVE BIRD KONSLET DI KONTES NEW GBC JOMBANG

Cetak Paud Konslet Berdurasi Maut

Lovebird konslet ternyata bisa direkayasa. Mungkin terdengar aneh, tapi ini nyata. Salah satunya Dana, gaco paud orbitan H Malik dari Jombang. Karakter gaco ini konslet yang ternyata bukan bawaan lahir, tapi hasil rekayasa. Caranya?

Akhir-akhir ini, banyak gaco love bird konslet yang sukses menghempaskan gaco fighter. Kenyataan ini membuat lovebird lovers berpikir keras untuk mencetak love bird konslet, tapi yang berdurasi panjang. Bukan konslet ngekek pendek-pendek terus tidur di lapangan.

 

 

DANA RAIH JUARA I DI KELAS BALIBU A.

 

Dana, gaco paud milik H. Malik dari Garda BC Jombang termasuk gaco paud konslet berdurasi maut. Setiap kali turun, gaco ini tidak pernah luput dari podium 1, 2 dan 3. Durasinya selalu keluar panjang sampai super dan tidak pernah ngekek pendek. "Paling pendek durasi masih," kata H. Malik.

Di Liga Kebokicak Minggu, 18 Maret lalu, Dana berhasil mencatat durasi super 2 dan meraih juara II dikalahkan Ratuku milik Rama Putra H Kalam yang juga berdurasi mewah. Tapi di arena New GBC Rabu tadi, 21 Maret, Dana kembali ngekek berdurasi panjang dan super. Prestasi emas pun berhasil diboyong.

 

SEMUA KELAS LOVE BIRD FULL.

 

Menurut H. Malik, karakter konslet bukan bawaan dari indukan. Tapi bisa dibikin dengan terapi perawatan khusus dan harus intens. "Memang tidak semua love bird bisa dicetak konslet, tapi untuk mencetak love bird konslet, bisa ditemukan dari pengamatan kebiasaan love bird setiap hari," katanya.

Pengamatan ini bisa dilakukan setelah penjemuran. "Setelah dijemur, biasanya love bird suka ngekek. Nah, kita cari love bird yang ngekek sambil memejamkan mata. Tapi juga harus cari yang durasi panjang. Kalau yang ngekek pendek-pendek, ikutkan saja di kelas baby dan jangan dipilih untuk gaco paud apalagi dewasa," ungkapnya.

 

SILVI RISMAYA JURI FAVORIT DI NEW GBC.

 

Pola perawatan khusus berikutnya punya andil besar untuk membuat love bird jadi konslet. Yakni, pakai untulan atau sistem koloni. Love bird yang punya durasi panjang dicarikan pasangan yang bisa akur. "Cari pasangan yang tidak suka menyakiti, tapi harus akur satu sama lain. Proses ini lumayan susah, karena tidak gampang menemukan pasangan yang bisa akur satu sama lain," jelasnya.

Kalau sudah menemukan pasangan yang pas, mulai dilatih di arena latber. Kelas yang murahan saja, sekedar untuk menjajaki tigkat keberhasilan dan jangan berharap juara. Nikmati setiap prosesnya dan jangan buru-buru bisa sukses. Untuk mencetak love bird konslet seperti Dana, H. Malik butuh waktu berbulan-bulan dan ganti-ganti gaco. "Begitu tidak bisa ngekek panjang di atas gantangan, langsung saya jual dan ganti yang baru, sampai saya temukan Dana," katanya.

 

SUDAH SAATNYA JAGOAN MAU TAMPIL MAKSI. Gunakan Moncer1 dari Super Kicau, asupan paten para juara. Bisa diberikan dengan beragam cara, bisa teteskan langsung pada paruh (bila burung terbiasa dipegang tangan), teteskan pada minuman, oles dan campur dengan makanan atau EF, atau suntikkan pada EF seperti jangkrik.

Untuk tahap awal, berikan setiap hari selama sepekan. Lihat dan perhatikan perubahan yang terjadi. Selanjutnya bisa diberikan mulai H-2 atau sesuai kebutuhan. HATI-HATI BARANG TIRUAN.

 

Untuk perawatan harian Dana, tidak ada yang istimewa. Milet dan jagung jadi ransum harian. Air minum diberi Moncer1 untuk menjaga stabilitas stamina. "Dana saya pisah dari untulannya sekitar satu sesi sebelum naik gantangan. Alhamdulillah hasilnya selalu bagus," cetusnya.

Di Kontes New GBC Rabu ini, Dana berhasil mengalahkan Bayi Procot, love bird warna biru orbitan Deni dari Arisan BC yang usianya terlihat sangat belia. Ngekeknya pun masih relatif pelan namun sudah tertata. Menempati gantangan nomor 01, Bayi Procot rajin ketawa dengan durasi masih dan paling panjang lanjut satu. Di posisi ketiga diraih Merdeka orbitan Bukhori dari Tebuireng yang juga penggemar kelas paud.

 

HASIL PERTARUNGAN SENGIT DI KELAS LB DEWASA A.

 

Pertarungan love bird sesungguhnya ada di kelas Dewasa A. Meskipun semua kelas love bird di New GBC kali ini relatif penuh, mulai kelas Baby, Balibu maupun dewasa, namun untuk kelas Dewasa, banyak gaco hebat yang merapat.

Rama Putra Haji Kalam menurunkan dua gaco terbaiknya, New Samba dan War Wer. Kedua gaco ini sukses mengeksekusi podium I dan II. New Samba tercatat ngekek berdurasi Sp 2, L2, Sp 1, Sp 1 dan Sp2. Sedangkan War Wer ngekek P2, M2, Medium, M1, P1. Podium III dikuasai Raka andalan Mifroul Akang Prabu yang terpantau ngekek Sp2 dan M1.

 

JAWARA KELAS CUCAK HIJAU A.

 

Kelas Cucak Hijau juga tak kalah sengit. Klepon andalan Wisnu dari KH82 SF bersaing ketat dengan Temon andalan hadi dari Jombang. Kedua gaco yang membekal vokal cililin, kapas tembak dan gereja tarung yang dibawakan dengan irama menggulung panjang, nyaris tak tertandingi.

Meskipun Klepon lebih dulu unggul di kelas A, tapi saat turun di kelas B ganti Temon yang mengambil alih podium puncak. Di kelas muray batu, Bagong orbitan Kukuh dari Temuwulan juga menyandang tropi emas. Bagong berhasil meredam kehebatan Guru Drona andalan Yoppy RBF dari JBC.

 

JAWARA KELAS CUCAK HIJAU B.

 

Di kelas Kenari, pandangan juri hampir sering tertuju ke Bali King, gaco andalan Ragil Verdian dari Duta Joko Samudro yang menempati nomor 01. Gaco ini bukan hanya durasinya yang panjang, tapi juga punya cengkok mewah yang membuat para juri geleng-geleng kepala.

"Ikuti terus gelaran New GBC. Bukan hanya hadiahnya yang wah, tapi juri-juri yang bertugas dijamin sudah punya jam terbang tinggi dan terbukti netral. Untuk gelaran berikutnya, kami harap para peserta mau mentaati peraturan di New GBC, tolong jangan gaduh, jangan teriak agar penilaian bisa maksimal. Alhamdulillah hari ini kuantitas dan kualitas teriakan kicaumania sudah relatif turun dibanding gelaran sebelumnya, sehingga penilaian bisa optimal," kata Giplo, Ketua New GBC.

 

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

BALI KING KENARI DURASI PANJANG CENGKOK MEWAH.

 

BAGONG MERAJAI KELAS MURAY BATU.

 

PESERTA RELATIF TERTIB.

 

 

KATA KUNCI: tips cetak love bird konslet new gbc jombang

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp