VITREX BRANJANGAN, ASAL RAWATAN BAIK, SATU EKOR PUN BISA RAJIN BUNYI


TIPS BRANJANGAN UNTUK PEMULA

Benarkah Biar Branjangan Mau Rajin Bunyi Harus Pelihara Lebih dari Satu, Ini Faktanya

Hingga saat ini, banyak yang beranggapan branjangan itu burung yang sulit rawatannya. Kadang di satu titik gacor, pindah sedikit saja langsung membisu. Muncullah salah kaprah baru, kalau mau rajin bunyi harus ada temannya sesama branjangan, alias harus punya dua ekor atau lebih. Benarkah?

Burungnews pun mencoba mengkonfirmasi hal ini kepada Vitrex, salah satu “profesor” branjangan dari Prambanan, Yogyakarta. Banyak burung-burung papan atas di tanah air yang ketika bermasalah dan si empunya sudah angkat tangan, kemudian “dibengkelkan” ke tempat Vitrex, hingga akhirnya bisa “direparasi” dan kembali tampil seperti semula.

 

 

“Kalau mau jujur, Vitrex itu bukan hanya sebatas gurunya branjangan di Prambanan atau Yogyakarta saja, tapi bahkan se-Indonesia. Lihat saja, burung milik bos-bos dari berbagai daerah, saat mengalami kendala, akhirnya bengkelnya ya di tempat om Vitrek juga,” ujar Bewok, salah satu teman branjes yang membuka kios burung di jalan raya Prambanan – Cangkringan, Selomartani, Kalasan.

Bewok lalu membuat gambaran salah satu yang menurut dia sangat luar biasa. “Ada burung Parva yang dikenal liar dan takut orang, ketika dirawat Vitrex beberapa waktu, dia dekati dan tangannya masuk ke sangkar, ternyata burung itu mau naik ke tangannya Vitrex sambil tetap bunyi. Kita-kita para branjes pun dibuat terheran-heran. Tangannya benar-benar dingin.”

 

BEWOK BF DI KIOSNYA, BANYAK YANG COCOK PAKAI SUPER N, WASPADA BARANG PALSU

 

Rasanya tak salah bila burungnews kemudian menanyakan soal perawatan branjangan kepada Vitrex, yang secara kebetulan bertemu di kiosnya Bewok. Kepada burungnews, Vitrex mengaku sudah mulai mengutak-atik branjangan sejak tahun 2009, dengan cara membeli dari ombyokan.

“Dulu saya ternak kenari, ketika harga kenari jatuh, saya coba cari alternatif burung lain yang harga bahannya murah dan bisa jadi uang. Saya pilih branjangan, waktu itu harga ombyokan per ekor antara 15 hingga 25 ribu rupiah. Banyak yang bilang branjangan itu burung yang paling sulit, ini tantangan bagi saya. Kalau saya bisa pecahkan rahasianya, berarti bisa dijadikan duit.”

 

 

Dari ombyokan, Vitrex memilih burung yang rajin ngriwik. Ia pun tekun merawatnya, mencoba memahami karakternya. “Setelah burung mulai rajin bunyi, sudah ada yang mulai mendekati dan menawar, boleh 75 ribu tidak, dan seterusnya. Waktu itu saya sudah senang bukan kepalang. Jiwa saya semakin menyatu dengan branjangan.”

Menurut Vitrex, kunci dasarnya sebenarnya sama untuk semua burung, dan itu simpel. “Bagaimana kita merawat burung dengan sungguh-sungguh, dengan cinta kasih. Burung itu kan makhluk hidup, punya perasaan juga. Kalau kita merawat dengan benar, pasti dia tahu juga. Pendek kata, kalau kita sudah merawatnya dengan sungguh-sungguh dan cukup waktu, seakan kita sampai bisa berkomunikasi dengan si burung. Kita jadi tahu maunya burung, sebaliknya burung pun paham apa maunya kita.”

 

 

Masalahnya, tambah Vitrex, banyak kicaumania yang tidak sabar menjalani proses itu. Maunya serba cepat, beli sedikit mahal tidak apa-apa, tapi dirawat beberapa hari atau beberapa minggu langsung jos.

“Ya mana ada. Secara alamiah, apa pun yang kita lakukan, proses itu perlu. Kalau kita berproses dengan benar, ketika burung laku, saat kita memelihara burung baru lagi, waktu pengenalan dan adaptasinya akan lebih cepat. Kenapa, karena kita sudah punya bekal bagaimana cara memahami burung, dalam hal ini branjangan. Tiap individu memang akan butuh pendekatan dan treatmen yang bisa beda-beda, tapi kita akan lebih mudah dalam menyelaminya.”

 

Apapun problem "bunyi" pada burung Anda, dari mulai MACET sampai hanya mau tampil angot-angotan, berikan MONCER-1, tunggu beberapa hari, langsung JOSS.

 

Dari pengalaman dan jam terbang yang panjang pula, Vitrex berani bicara, bila memelihara dan merawat branjangan supaya mau bunyi, tidak hanya di rumah tetapi juga ketika dipindah-pindah termasuk di atas gantangan, tidak harus punya atau memelihara lebih dari seekor branjangan di rumah. “Anggapan supaya branjangan mau rajin bunyi harus memelihara minimal dua ekor, menurut pengalaman saya itu tidak sepenuhnya benar.”

“Kuncinya pada cara kita merawat. Pertama, ya kesungguhan, ketelatenan, dan keajegan. Kedua, kalau burung pengin sehat dan kemudian mau rajin bunyi, juga harus diberi asupan pakan yang gizinya bagus dan cukup. Banyak yang pengin punya burung mau tampil bagus, tapi kasih pakan secukupnya saja, ya mungkin satu dua ada yang (kebetulan) bisa, tapi kebanyakan akan gagal.”

 

TWISTER BUBUR, cocok untuk meloloh piyik/baby burung pemakan bijian termasuk branjangan. Para breeder burung ocehan juga banyak yang cocok menggunakan TWISTER TROTOLAN. Selepas masa loloh/trotol, banyak yang mengaku cocok menggunakan Twister GoldSeaweed, atau Anti Stress.

Beli dan terus berikan TWISTER yang cucuk untuk burungmu, untungnya dobel-dobel. Untuk piyik lebih sehat dan cepat besar serta tidak mudah mati, untuk yang sudah mulai remaja sampai dewasa lebih sehat dan lebih gacor dengan suara lebih keras dan bening. Dapatkan ratusan voucher/kupon hadiah langsung tanpa diundi, seperti kompor gas, kulkas, TV LCD, sepeda motor, hingga mobil baru. Berlaku untuk pembelian 1 Januari – 31 Desember 2021.

 

Salah satu pakan yang menurut Vitrex penting diberikan sejak awal memelihara adalah, kroto. “Kalau saya, kalau mau cepat ya kasih krotonya tiap hari, pokoknya tiap kasih pakan, kroto juga selalu disediakan. Semau dia makan saja. Jadi bukan hanya dicolok di waktu tertentu saja. Memang bagi sebagian orang itu sedikit ribet, dan makan biaya lebih tinggi. Saya kira itu bagian dari risiko kalau kita pengin merawat yang baik, menu pakan juga kita usahakan yang terbaik yang kita mampu.”

Hal lain, perhatian, kemudian menjaga kebersihan kandang dan lingkungan, juga penting. “Se sibuk-sibuknya kita, usahakan luangkan waktu yang cukup untuk membagikan perhatian kepada yang kita rawat. Kapan waktunya, bisa diatur masing-masinglah. Kalau sungguh-sungguh suka dengan peliharaan kita, pasti bisa membagi waktu dengan baik.” [maltimbus]

 

 

KATA KUNCI: vitrex bewok bf tips branjangan

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp