SUBUR PUSPA. AM PETRIK MENANG HATRIK

SOLO VAGANZA #3, #2

Sempat Nglangkrak 2 Tahunan, Anis Merah Petrik Menang Hatrik di Penampilan Perdana. Apa Rahasianya?

Sempat nglangkrak selama dua tahunan, anis merah Petrik milik Mr. Subur Puspo tampil mengejutkan di Solo Vaganza #3. Meski baru pertama kali diturunkan di event akbar, Petrik langsung menang hatrik dan sapu bersih semua gelar juara. Apa rahasianya?

Dikenal sebagai pemain dan spesialis anis merah, nama Subur Puspa barang kali sudah tidak asing lagi di kalangan kicaumania Solo dan sekitarnya. Amunisi-amunisi milik punggawa Red Zone Solo Raya ini telah meraih prestasi di berbagai even yang diikuti, baik skala lokal, regional, maupun nasional.

 

 

Burung yang sebelumnya bunyi tiba-tiba MACET dan memBISU? Berikan MONCER-1 selama beberapa hari, lihat perbedaannya dalam 5-7 hari, dijamin langsung JOSS kembali.

 

Di Solo Vaganza #3, Subur Puspa terpaksa menurunkan anis merah Petrik karena amunisi andalannya Jas Merah sedang dalam kondisi mabung. Bersaing dengan burung-burung mapan lainnya, Petrik tampil luar biasa di tiga kelas yang diikuti dan berhasil sapu bersih gelar juara alias hatrik.

Dihubungi burungnews.com, Subur Puspa mengungkapkan kalau Petrik ini merupakan burung lama, tapi baru tampil pertama kali di event akbar. “Ini burung lama tapi baru, maksudnya baru tampil pertama kali di lomba. Ini sudah dua tahunlah di tempatku, burung dari Malang, dapatnya dari Om Andre,” ujarnya.

 

 

ANIS MERAH PETRIK DICAS PAKAI DUA BETINA

 

Sempat nglangkrak selama dua tahun, Subur Puspa mulai mengotak atik Petrik karena Jas Merah sedang mabung. “Aku mulai ngotak-atik Petrik ini gara-gara Jas Merah mabung kira kira dua mingguan yang lalu. Jadi ceritanya sebelum main di Solo Vaganza, Petrik pernah dibawa ke latberan, casnya pakai dua betina, Alhamdulillah kok ya, dia itu mau jalan, cocok. Kalau orang kuno dulu, pakai cas betina kan nggak haram. Yang penting bisa nampil di lapangan,” terangnya.

Meski mengaku masih uji coba, Subur mengungkapkan apabila salah satu faktor yang harus diperhatikan adalah anis merah betina yang dipakai harus sudah birahi. Mengingat ini baru pertama kali diuji cobakan ke Petrik, Ia belum mengetahui apakah bisa menggunakan sembarangan betina atau tidak. Ia juga selalu memastikan apabila anis merah yang mulai onfire harus dipisahkan dari anis merah-anis merah lain.

 

BARU... TOPSONG PREMIUM, mengandung enzim alami serangga, burung lebih gacor, daya tahan lebih tinggi. Tersedia TOPSONG PREMIUM ANIS MERAHMURAI BATUHWAMEY (PREMIUM GOLD), LARK / BRANJANGANMINI PELETBEO.

Segera dapatkan di kios langganan Anda, buktikan perbedaannya.

 

Untuk menghindari dalam satu rumah ada dua anis merah, Ia menitipkan Petrik di tempat Bulus. “Kalau di rumah itu harusnya ada satu burung (anis merah–red) saja, kalau ada burung (anis merah-red) lain, ya harus diungsikan. Kalau burung jenis lain malah nggak pa pa, yang penting bukan anis merah. Betinanya juga harus dipisah di tempat lain. Rawatan harian juga seperti biasa, bedanya kalau ngecas aja kita pakai betina,” jelasnya.

Di tempat Bulus, pakan harian Petrik hanya diberi buah-buahan saja, non jangkrik. Untuk rawatan harian biasanya dijemur selama satu jam, mandi, diangin-anginkan, lalu dikerodong. Kalau mau lomba, jangkrik diberikan hari Kamis dan Minggu. Ketika mau main, Petrik diberi satu ekor jangkrik. Tiap mau naik diberi satu, naik pertama diberi satu, naik kedua diberi satu lagi, satu ekor jangkrik saja, tanpa kepala.

 

ANIS MERAH PETRIK

 

Untuk menambah stamina dan tenaga, Petrik biasanya diberi voer racikan sendiri yang dicampur dengan susu dan madu. Subur Puspa pun melarang Bulus untuk melihat langsung aksi Petrik dan harus sembunyi karena Bulus merupakan perawat hariannya.

Subur Puspa mengaku kalau penampilan terbaik Petrik ada di sesi terakhir yang mana cuaca sudah tidak terlalu panas, suhunya sudah turun. “Pas kelas pertama sama kedua kan cuacanya masih panas, burung kelihatan nggak nyaman. Pas kelas terakhir baru kelihatan enaknya, telernya menthok-menthok, paling mewah kerjanya,” ungkapnya.

 

TWISTER GOLD, salah satu pakan burung yang disebut paling cocok untuk murai batu, hwamey, anis merah, kacer oleh para kicaumania yang sudah mencoba dan kemudian terus memakainya, termasuk untuk jenis burung pemakan serangga lainnya. Tersedia juga TWISTER SEAWEED, ANTI STRES, MASTER, serta TWISTER TROTOLAN untuk meloloh pemakan serangga dan TWISTER BUBUR untuk meloloh pemakan bijian.

INGAT! Sekarang sudah tersedia kupon/voucher hadiah langsung tanpa diundi dalam kemasan semua varian TWISTER (burung berkicau, lovebird, perkutut, merpati) dan/atau NICE (anjing, kucing). Dapatkan ratusan hadiah menarik seperti kompor gas, kulkas, TV LCD, sepeda MOTOR, hingga MOBIL baru. Berlaku sampai 31 Desember 2021. (Kupon yang baru diterima setelah 31 Desember, tetap berlaku, hadiah bisa diurus lewat kios/agen tempat membeli pakan tersebut)

 

Subur mengakui kalau aksi borong juara yang dilakukan Petrik di Solo Vaganza ini tak lepas dari campur tangan Tuhan. “Kita sebagai pemain kan sudah berusaha bagaimana caranya agar burung kita maksimal kerjanya. Kalau menang itu kan rejeki, berkah dari Tuhan. Campur tangan Tuhan itu yang paling utama,” tandasnya.

Dengan onfire-nya Petrik, Subur Puspa mengaku siap untuk turun di even-even nasional lainnya sekaligus silaturahmi dengan pemain anis merah dari kota lain. “Kalau ketemu sesama pemain anis merah itu bisa enjoy, enak ngobrolnya. Rencana lanjut ke Balekambang Kumandang, Piala Raja, hingga d'Pongs Bird Festival Semarang,” pungkasnya.

 

 

Saat ini, fokus para kicaumania khususnya di blok tengah memang mengarah ke Balekambang Kumandang. Banyak kelas yang tiketnya sudah menipis bahkan habis dan masuk daftar tunggu.

Seperti namanya, lomba ini juga akan berlokasi di Taman Balekambang, tempat lomba paling bersejarah dan legendari tak hanya di kota Solo, tapi juga di tanah air. Panitia juga memastikan sudah sangat siap, terutama menyediakan hadiah yang benar-benar sesuai dengan janji sebagaimana tertera dalam brosur, baik untuk hadiah 36-G (persentase) maupun 60-G (hadiah utuh).

 

 

PERTAMA di Surabaya dan Jawa Timur, lomba menyediakan DUA UNIT MOBIL! Siapkan jagoan Anda, tiket 3,5 juta (36-G) dan 5 juta (24-G). Tunggu brosur lengkapnya.

 

Bagi Anda para pembaca burungnews.com, kabar gembira senantia disampaikan terus menerus. Saat ini, kesempatan semakin terbuka luas bisa meraih MOBIL, MOTOR, dan ratusan hadiah menarik lainnya, langsung tanpa diundi.

Beli terus TWISTER (burung berkicau, lovebird, merpati) dan/atau NICE (kucing, anjing). Perhatikan baik-baik saat membuka kemasan, siapa tahu Anda yang beruntung mendapatkan kuponnya. Kupon yang diterima setelah 31 Desember 2021 tetap berlaku.[asept]

 

DATA JUARA SOLO VAGANZA #3, KLIK DI SINI

AGENDA DAN BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

KATA KUNCI: solo vaganza #3 petrik subur puspa

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp