RESPON DISKUSI PAKEM MURAI BATU

Kualitas Bagus Sedikit Nakal Dianggap Lebih Jozz!

 

 

Seperti namanya, lomba burung berkicau itu tentunya yang dinilai adalah bagaimana kicauannya. Artinya, mengarah bagaimana kemerduan kicauannya, berarti menilai materi lagu isian, enak ndak membawakannya.

Bagaimana volumenya, tembus dan lebih menonjol ketimbang musuh-musuhnya apa tidak. Apakah lagunya nyambung dengan lagu berikutnya atau patah patah. Saat berhenti atau menjelang jeda, halus ndak cara berhentinya.

Soal gaya, hanya pendukung saja. Kalau dua burung secara materi dan penampilan dianggap sama atau setara, barulah soal gaya jadi pertimbangan. Kalau kualitas, materi lagu isian, dan penampilan, sudah jauh meninggalkannya, gaya tidak bisa mengalahkannya.

Demikian kira-kira rangkuman diskusi pada respon terkit berita Pakem Murai Batu di burungnews.com, Kamis 6 Juli 2016. Pendapat di atas, di antaranya diungkapkan oleh para pemilik akun Ulung Mukkti, Hendro Kritianyanto, Niki Nemo, ShyMoon Za, Aby Aris dan lain-lainnya.

Menurut Niki Nemo, burung yang sedikit nakal, agresif, powerful, adalah tipe petarung sejati. Tentu, perlu juga didukung dengan isian yang joss.

Pemilik akun Ikhsan Isbol menegaskan, “Seharusnya yang dinilai sesuai dengan judul lomba burung berkicau,  bukan lomba gaya burung , apakah itu agaya agresif apalagi cuma mengandalkan duduk anteng.”

Hal yang sama disampaikan oleh pemilik akun Geps Njeiufhe. “Namanya juga lomba kicau, yang diutamakan kicauNya,  powerfull, isian keluar, volume tembus, ngedur dari awal sampe akhir,  Soal gaya…,  nomer terakhir,.. ha ha ha,” ujarnya sambil tertawa.

Soal kenyataan di lapangan, memang bisa berbeda dengan harapan para murai batumania. Seperti dilaporkan oleh pemilik akun Gempo Sinar Teratai.”Kalau di Mojokerto juri cari yang tancep bro,  soal lagu nomer  27.” (bersambung).

TERKAIT:

DISKUSI PAKEM PENILAIN MURAI BATU

AGENDA LOMBA BURUNG, LIHAT DI SINI

 

 

KATA KUNCI: respon diskusi pakem murai batu: kualitas bagus sedikit nakal dianggap lebih jozz gempo sinar teratai ikhsan isbol fb murai batu indonesia ulung mukkti hendro kritianyanto niki nemo shymoon za aby aris sedikit nakal agresif powerful

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp